Travel  

10 Oleh-Oleh Khas Makassar yang Wajib Anda Beli

10 Oleh-Oleh Khas Makassar yang Wajib Anda Beli

rekomendasi.co.id – Makassar adalah salah satu kota besar di Indonesia. Kota ini juga menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada berbagai tempat wisata maupun tempat nongkrong yang keren di Makassar. Jadi, apakah Anda berminat untuk berlibur di sini? Jika ya, catat semua daftar barang di Makassar yang bisa dibeli untuk oleh-oleh.

Ketika Anda berkunjung ke Makassar, mungkin Anda masih bingung hendak membeli makanan atau barang apa yang menjadi ciri khas kota ini. Tenang saja, Keluyuran akan memberikan rekomendasi mengenai oleh-oleh khas Makassar yang wajib Anda beli. Yuk, intip daftarnya di bawah ini!

1. Kain Tenun atau Sarung Bugis

Belum ke Makassar bila Anda tidak membeli oleh-oleh khas Makassar yang satu ini. Adalah kain tenun atau sarung khas Bugis yang biasa dijajakan di pasar-pasar tradisional yang ada di Makassar. Corak yang dimiliki oleh kain tenun dan sarung ini sangat unik, belum lagi warna-warni kain tersebut memang terlihat sangat menarik.

Untuk harganya sendiri bervariasi tergantung jenis kain yang Anda pilih. Anda bisa memperoleh kain tenun dan sarung Bugis ini dengan harga mulai dari 20 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

2. Minyak Tawon

Minyak satu ini memang bisa dibeli di apotek-apotek seluruh Indonesia. Namun, tetap saja minyak tawon yang berasal dari kota aslinya memiliki kualitas yang lebih baik. Makassar adalah kota yang menjadi penghasil minyak tawon.

Bahkan, minyak gosok untuk mengatasi bisul atau gatal ini bisa Anda jumpai di pusat oleh-oleh yang biasa menjual makanan kering. Uniknya, minyak tawon yang dijual di Makassar menawarkan ukuran kemasan yang sangat besar. Di samping itu, ada juga beberapa pilihan aroma untuk minyak gosok yang satu ini.

3. Kue Kurma

Apakah kue kurma terbuat dari buah kurma yang biasa banyak dijual saat bulan puasa? Tidak, kue ini tidak mengandung buah kurma sama sekali. Diberi nama begini karena bentuk kue ini nampak seperti kurma. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue ini antara lain adalah tepung terigu, mentega, telur, dan maizena.

Kemudian, kue ini dibalut dengan saus karamel sehingga sekilas warnanya nampak seperti buah kurma. Setelah dibalut karamel, taburkan potongan kacang di atasnya. Rasa dari kue kurma ini manis, tetapi lebih gurih karena adanya potongan kacang.

4. Otak-Otak Ikan

Sangat mudah untuk menemukan Otak-Otak Ikan Tengiri saat berada di Makassar. Anda bisa membeli oleh-oleh khas Makassar ini di para pedagang yang berjualan di sekitar Pantai Losari. Namun, Anda pun dapat memperoleh makanan ini di toko Otak-Otak Ibu Elly atau Otak-Otak Ibu Sanny. Kedua brand otak-otak ini adalah yang terkenal dan terbesar di Makassar.

Tips bila Anda ingin membeli otak-otak ikan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, Anda harus memastikan bahwa otak-otak dalam keadaan mentah. Sesampainya di tempat otak-otak harus segera dipanggang agar tidak rusak.

5. Kerupuk Jintan

* sumber: dapurummahat.blogspot.co.id

Makassar adalah pusatnya makanan ringan dengan rasa yang khas. Ketika Anda berkunjung ke Makassar, sempatkan diri untuk membeli kerupuk jintan. Sebenarnya kerupuk ini lebih mirip dengan kue kering. Namun, yang membuat makanan ini dinamakan kerupuk adalah teksturnya sangat renyah dan menyerupai kerupuk pada umumnya.

Di samping itu, ada tambahan jintan hitam di dalam adonan kerupuk ini sehingga rasanya sangat gurih dan sedap. Kerupuk jintan ini adalah makanan yang cocok dikonsumsi untuk ngemil.

6. Baruasa

Dilihat dari bentuknya, Baruasa memang terlihat seperti biskuit bayi. Namun, itu hanya penampilannya saja karena sebenarnya ini adalah kue kering yang bisa dikonsumsi oleh orang-orang dari berbagai usia. Baruasa sering dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh karena rasanya enak dan harganya pun juga terjangkau.

Kue ini terbuat dari tepung beras, telur, dan kelapa parut. Jadi, tentu saja aroma kue ini sangat harum karena menggunakan bahan dasar kelapa parut. Cara menikmati kue Baruasa yang nikmat adalah sambil minum teh manis hangat di sore hari.

7. Sirup DHT

Pernah dengar atau minum sirup Tjampolay dari Cirebon? Nah, rasa Sirup DHT ini kurang lebih mirip dengan sirup Tjampolay tersebut. Sirup DHT ini memiliki rasa pisang ambon yang tidak bisa Anda temukan di kota-kota besar. Jika Anda ingin mencari souvernir untuk diberikan kepada orang-orang terdekat di tempat Anda, maka Sirup DHT ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sirup ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Bahkan, perusahaannya sengaja tidak mengganti logo di kemasannya untuk menjaga tradisi dari sirup ini. Anda bisa meminum Sirup DHT langsung atau menjadikan sirup ini yang dituangkan di atas es palu butung atau yang lebih dikenal dengan nama es pisang hijau.

8. Kopi Toraja

Kurang lengkap rasanya jika ke Makassar tanpa membawa buah tangan yang khas satu ini. Anda tidak akan membeli pernak-pernik sebagai oleh-oleh karena Anda sudah memiliki Kopi Toraja yang nantinya bisa dijadikan oleh-oleh dan pastinya akan disukai oleh penerima oleh-oleh.

Perlu Anda ketahui bahwa cita rasa dari oleh-oleh khas Makassar ini sangat berbeda dengan kopi yang biasa Anda minum. Tak hanya itu saja, kopi ini juga tersedia dalam 3 jenis pilihan seperti Arabica, Robusta, dan Special Blend. Nah, tertarik untuk mencoba oleh-oleh dari Makassar yang kami rekomendasikan ini?

9. Kacang Sembunyi

error: Content is protected !!