Travel  

10 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Dikunjungi

rekomendasi.co.id – Luruihlah jalan PayakumbuahBabelok jalan Kayu JatiDima hati indak kan rusuahAyam den lapeh, ay ay… ayam den lapehAyam Den Lapeh- Elly Kasim

Pasti udah pada nggak asing lagi kan dengan lagu yang berasal dari Sumatra Barat itu? Apa sih yang kalian pikirkan, ketika ada seseorang yang bertanya atau berbicara tentang Sumatra Barat pada kalian? Pasti kebanyakan menjawab, Nasi Padang, Rendang dan Dendeng kan?

Kebanyakan hanya tau tentang makanan khas padang saja dan sedikit yang menjawab tempat-tempat wisata. Kalau pun ada, kebanyakan menjawab tempat wisata yang sama, yaitu Jam gadang. Sayang banget ya?

Padahal Padang punya banyak tempat wisata yang bagus-bagus dan Indah lho! Tempat-tempat wisata yang rugi banget kalau kalian nggak kunjungi saat berlibur ke Padang. Mau tau tempat wisata yang wajib kalian kunjungi kalau datang ke Padang? Yuk simak daftar 10 tempat wisata di Padang berikut ini.

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis atau dalam bahasa Padang disebut Pantai Aia Manih, merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi saat berlibur ke sana lho guys! Selain pantainya yang indah, di sana kalian dapat juga menikmati keindahan gunung padang sekaligus! Puas banget ya? Sekali dayung dua pulau terlampaui. Sekali jalan-jalan dua tempat dapat didatangi.

Pantai Air Manis ini pun memiliki legendanya sendiri lho! Apa kalian pernah mendengar kisah Malin Kundang? Nah, pantai ini merupakan pantai di mana Malin Kundang dikutuk menjadi batu oleh ibunya. Di sana kalian dapat menemukan sebuah batu yang menyerupai orang yang tengah bersujud, yang katanya itu merupakan jelmaan Malin Kundang yang di kutuk oleh ibunya.

Lokasi pantai ini berada di dekat teluk bayur. Tenang aja, nggak akan nyasar kok saat kalian ingin mengunjungi tempat ini, karena cukup banyak plang lalu lintas yang menjadi penunjuk jalan ke pantai ini.

Museum Adityawarman

Bagi yang suka wisata sejarah, kalian bisa datang ke Museum Adtiyawarman. Di sana kita dapat mengetahui sejarah Sumatra Padang, karena tempat wisata yang memiliki luas tanah 2,6 hektar ini layaknya Taman Mininya kota Padang lho!

Tempat ini pun merupakan tempat untuk menyimpan dan menjaga berbagai jenis benda bersejarah kota Padang. Jadi kalau kita mau tau kota Padang lebih dalam, nggak salah kalau kita datang ke tempat wisata satu ini.

Air terjun tingkat tiga

Air terjun tingkat tiga ini biasa disebut Air Terjun Tigo Tingkek oleh masyarakat Padang. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Padang ini memiliki tiga tingkatan. Tingginya dapat mencapai 1080 meter lho!

Masyarakat Cindakir biasa memanggil air terjun ini sebagai Lubuk Hitam karena memang tempat ini berlokasi di Desa Koto Lubuk Hitam Cindakir. Untuk mencapai lokasi wisata ini kalian harus menempuh perjalanan sejauh 22 km dari kota Padang yang bisa ditempuh menggunakan angkitan umum, mobil pribadi dan taksi.

Bagi pecinta tantangan pasti suka banget deh tempat wisata satu ini!. Pasalnya untuk mencapai air terjun tingkat pertama butuh perjuangan yang cukup kerja keras dan perjuangan guys, karena medannya yang licin dan agak terjal. Pasalnya untuk mencapai tingkatan yang pertama dari air terjun ini kita harus merangkak lho! oleh karena itu sangat disarankan untuk hati-hati ya guys.

Miniatur Makkah

Nggak ada salahnya lho kita mengunjungi tempat wisata satu ini lho! siapa tau kita bisa mengunjungi Makkah yang sebenarnya. Pembangunan tempat wisata ini dimulai pada tanggal 13 Desember 2000 dan selesai pada 8 September 2001.

Sebenarnya miniatur Makkah ini merupakan proyek pribadi untuk tempat asrama para haji yang sengaja dibuat oleh Haji Nurul Zakir dan keluarganya. Selain terdapat miniatur Makkah kita pun dapat melihat hewan khas dari arab sana lho guys! Yup, unta! Di tempat wisata tersebut memelihara unta. Selain unta terdapat binatang lainnya lho, seperti ikan besar Arapaima dan ular piton!

Jembatan Siti Nurbaya

Belum lengkap rasanya kalau berlibur ke Sumatera Barat tanpa mengunjungi tempat wisata di Padang yang satu ini. Jembatan yang namanya diambil dari salah satu karya fenomenal Marah Rusli ini sangat memukau lho guys!.

Pasalnya saat senja datang dan malam menyapa, jembatan ini dihiasi cahaya lampu-lampu dan hembusan angin pantai yang memberikan suasana romantis saat megunjungi tempat ini. Jadi jangan kaget kalau banyak pasangan yang datang menghabiskan waktunya di sana. Soalnya tempatnya pas banget buat berduaan dengan sang kekasih.

Lembah Anai

Air terjun Lembah Anai dapat kita nikmati saat melewati jalur Padang – Bukittinggi. Di sana mata kita akan dimanjakan oleh indahnya pemandangan air terjun yang jatuh dari tebing yang tinggi hanya beberapa jarak dari bahu jalan.

Sebenarnya Lembah Anai memiliki tujuh air terjun dan enam air terjun lainnya dapat kita nikmati jika kita melakukan trekking selama kurang lebih 2 jam di dalam cagar alam Lembah Anai. Tenang saja, lelah kalian akan terbayarkan kok oleh pemandangan yang menanti. Lagi pula selama menyusuri cagar alam, kalian akan ditemani oleh bentangan alam yang mengelilingi air terjun indah di sana.

error: Content is protected !!