Travel  

13 – 20 Candi, Museum, Pantai Terdekat di Kediri Jawa Timur dan Sekitarnya Yang Terindah

13 – 20 Candi, Museum, Pantai Terdekat di Kediri Jawa Timur dan Sekitarnya Yang Terindah

rekomendasi.co.id – Baca Halaman Sebelumnya: 31 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur Hits Terbaru 2022

13. Pantai Umbul Waru, yang dekat dari Kediri

Alamat: Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten BlitarKoordinat: KlikDisiniTarif: Gratis, Biaya Parkir Rp 5.000

Pantai terdekat dari kota kediri.

14. Pantai Peh Pulo

Alamat: Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten BlitarKoordinat: Klik Disini

15. Candi Surawana

Alamat: Desa Canggu, Kecamatan Pare.Koordinat: Klik DisiniTarif: GratisJam Operasional: 06.00 – 17.00 WIB

Candi Surawana yang terletak di desa Canggu ini berlokasi sekitar 25 km arah timur lautnya Kota Kediri. Candi Ini sebenarnya bernama Wishnubhawanapura yang di bangun pada abad ke 14 untuk memuliakan raja Bhre Wengker dibawah kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Objek wisata yang tidak memiliki tarif untuk masuk kedalamnya ini memiliki berbagai banyak macam kisah yang dijelaskan dalam bentuk candi, sebut saja Sri Tanjung, Arjunawiwaha, serta kisah Bubuksah dan gagak Aking.

Dengan melihat lingkungan sekitarnya sepertinya spot ini sudah mengalami pemugaran tetapi masih banyak kaki candi yang masih tersisa dan untuk kita jaga. Jadi berkunjunglah ke sini sebelum candinya habis dimakan usia.

16. Candi Tegowangi

Alamat: Candirejo, Tegowangi, Plemahan.Koordinat: Klik DisiniTarif: GratisTelepon: 0857-0741-3286

Seperti dengan namanya, Candi ini berada di desa Tegowangi sekita 4 km dari pusat kota Kediri. Seperti yang telah dijelaskan dalam kita Paraton bahwa spot tersebut adalah tempat pendermaan Bhre Matahun.

Bhe Matahun sendiri dijelaskan dalam kitab Negarakertagama meninggal pada 1388 m, maka bisa dipastikan bahwa Candi ini dibangun sekitra tahun 1400 pada saat kerajaan majapahit.

Melihat dari bentuk bangunan, candi ini berbentuk bujur sangkar dan menghadap kebarat. Pondasinya sendiri terbuat dari batu bata, sedangkan balur kaki serta sebagian tubuh yang tersisa terbuat dari andesit.

Jadi untuk yang penasaran tentang sejarah tentang candi ini, kalian bisa mengunjunginya kapanpun, karena tidak dipungut biaya satu persen pun untuk melihat spot yang sudah berumur berpuluh-puluh tahun tersebut.

17. Candi Setono Gedong

Alamat: Jl. Dhoho, Setono GedongKoordinat: Klik Disini

Candi Setono Gedong menawarkan ketenangan jiwa dan banyak dikunjungi karena tujuan tersebut. Tak hanya itu, tempat ini juga menjanjikan sensasi unik. Cocok untuk mengisi liburan sekolah atau akhir pekan kamu bersama teman maupun keluarga.

Daya tarik dari Candi Setono Gesong ini adalah susunan batu yang tertata sejajar membentuk undakan menuju situs, bentuk bangunannya semacam pendopo bergaya jawa atau joglo.

Kamu akan menemukan 2 pendopo ditempat ini. Di sebelah kanan ada pendopo ukuran besar, sedangkan pendopo yg kecil berada di kiri. Pondasi kedua pendoponya adalah batu-batu candi zaman Kerajaan Kediri dulu.

18. Museum Fotografi

Alamat: Jalan Kapten Piere Tendean No.60/160, NgronggoKoordinat: Klik DisiniTelepon: 0852-3577-9999

Untuk kalian yang hobi banget dengan fotografi, Museum Fotografi adalah destinasi wisata wajib yang tidak boleh dilewatkan. Kenapa? Karena disini, akan disuguhi karya-karya terbaik terkait tentang sejarah Kediri yang di visualisasikan lewat gambar.

Tidak hanya gambar saja, disini kalian juga dapat melihat koleksi kamera smartphone hingga kamera pocket dan DSLR dari zaman ke zaman. Sehingga membuat tempat ini menjadi sayang untuk tidak disinggahi.

19. Museum Airlangga

Alamat: Jalan Lingkar Maskumambang, Pojok, MojorotoKoordinat: Klik DisiniTarif: Rp 4.000 / orangJam Operasional: 08.00 – 14.00 WIBTelepon: 0354 773157

Nama museum yang di ambil dari nama Raja Airlangga ini merupakan museum peninggalan dari zaman kejayaan Mataram Hindu. Raja Airlangga sendiri dilahirkan di Bali pada 990 serta diduga meninggal pada tahun 1049 di Lereng Gunung Penanggunan.

Yang menarik di Museum Airlangga ini adalah ada arca yang berukuran sangat besar, diantaranya arca Ardhanari, Shiwa dan Wisnu.

Obyek tersebut juga mengoleksi Gentong Batu yang bentuk bulatnya bisa dikaitkan dengan padma, asal mula kehidupan serta sebagai wadah air suci.

20. Monumen Kediri Syu

Alamat: Jl. KH Wakhid Hasyim, Mojoroto.Koordinat: Klik Disini

Monumen Kediri Syu berada di sebuah bundaran kecil di Jl. Jaksa Agung Soeprapto, tepatnya di depan bekas rumah Dinas Residen Kediri. Spot tersebut berupa sebuah patung pria berukuran besar yang mengenakan seraga model tentara Jepang.

Monumen Kediri Syu adalah merupakan bentuk pemerintahan tertinggi di Jawa setingkat keresidenan, dan selama berlangsungnya Perang Pasifik.

Baca Halaman Selanjutnya: 21 – 26 Air Terjun di Kediri, Serta Wisata Alam Arung Jeram

error: Content is protected !!