Travel  

15 Tempat Ngabuburit Paling Favorit di Kota Surabaya

15 Tempat Ngabuburit Paling Favorit di Kota Surabaya

rekomendasi.co.id – Apakah Anda memiliki janji untuk berbuka puasa bersama dengan teman atau keluarga? Jika ya, apa yang akan Anda lakukan untuk mengisi waktu ngabuburit? Nah, jika memang Anda berencana untuk berbuka puasa di luar rumah, sebaiknya Anda tidak langsung pulang terlebih dahulu. Anda dapat mengajak teman atau keluarga untuk ngabuburit di suatu tempat yang asyik dan nyaman.

Nah, kali ini Keluyuran ingin mengajak Anda untuk mengenal tempat ngabuburit di Surabaya yang seru dan menarik. Kota pahlawan ini menawarkan beberapa pilihan tempat ngabuburit yang bersifat religi dan entertaining. Apa sajakah itu?

1. Masjid Sunan Ampel

Seperti yang sudah pernah kami katakan di awal tulisan, Surabaya memiliki beberapa rekomendasi tempat religi yang bisa dijadikan sebagai tempat ngabuburit. Salah satu tempat ngabuburit di Surabaya yang sarat akan suasana religi yang menentramkan adalah Masjid Sunan Ampel.

Masjid ini sangat bersejarah karena sudah ada sejak tahun 1421 dan didirikan oleh Sunan Ampel, yang merupakan salah seorang wali dalam Walisongo. Di sekitar masjid juga terdapat makam Sunan Ampel yang ramai dikunjungi peziarah, terutama saat bulan Ramadhan. Di sini, Anda bisa ngabuburit sambil berdzikir, mengenal sejarah masjid ini, dan berziarah ke makam Sunan Ampel.

2. Masjid Cheng Ho

Masjid yang satu ini memang sangat berbeda dengan masjid-masjid lainnya. Pasalnya, masjid yang terletak di Jalan Gading, Genteng, Surabaya, ini memiliki arsitektur bernuansa Tionghoa yang sangat kental. Masjid ini dibangun untuk menghormati Cheng Ho, seorang laksamana dari Cina yang memeluk agama Islam.

Cheng Ho datang ke Indonesia untuk berdagang serta menyebarkan agama Islam. Ketika memasuki masjid ini, terlihat jelas pintu masuknya yang tampak menyerupai pagoda. Jika Anda belum pernah berkunjung ke Masjid Cheng Ho, tak ada salahnya untuk merencanakan ngabuburit di masjid yang sangat unik ini.

3. Food Junction Grand Pakuwon

Sumber: hargatiket.net

Terletak di kawasan Tandes, Food Junction Grand Pakuwon menjadi salah satu tempat ngabuburit yang cukup populer di Surabaya beberapa tahun terakhir. Selain terdapat banyak tenant makanan, Food Junction juga menyediakan beberapa wahana permainan, seperti ferris wheel, bom bom car, bumper boat, sampai kereta kelinci.

Pemandangan danau buatan yang ada di lokasi ini juga cukup menarik. Sambil menunggu waktu buka puasa tiba, kamu bisa berjalan-jalan di Food Junction Grand Pakuwon ini. Bila tiba adzan maghrib berkumandang, tinggal pilih saja kedai makanan yang ingin kamu pesan.

4. Taman Prestasi Surabaya

Ngabuburitmu bakal makin seru jika kamu berkunjung ke Taman Prestasi Surabaya yang berlokasi di Jalan Ketabang Kali. Sebuah taman yang terletak di tepi sungai ini kini menjadi ikon pariwisata kota pahlawan. Bagaimana tidak, ada banyak spot menarik di taman ini.

Satu hal yang menjadi daya tarik taman ini adalah adanya Monumen Pesawat Tempur dengan jenis Bomber B-26 Intruder. Kamu pun bisa menyusuri sungai di taman ini dengan perahu air yang biaya karcisnya sangat terjangkau. Semakin malam, taman ini akan terlihat semakin cantik berkat adanya lampu warna-warni yang menghiasinya.

5. Pantai Ria Kenjeran

Meskipun Pantai Ria Kenjeran terletak di Surabaya, tetapi masih banyak Warga Surabaya yang belum pernah berkunjung ke sini. Nah, apabila Anda belum pernah mengunjungi Pantai Ria Kenjeran, jadikan tempat ini sebagai destinasi ngabuburit Anda bersama teman-teman.

Jika dahulu pantai ini dianggap kotor dan kumuh, kini pantai ini sudah dipugar sehingga menjadi lebih bersih dan cantik. Ngabuburit di Pantai Ria Kenjeran bisa diisi dengan aktivitas olahraga atau ngobrol santai. Jika waktu buka puasa tiba, jangan lupa untuk mencicipi es kelapa muda segar dan sepiring lontong kupang khas Surabaya yang banyak dijual di sini.

6. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam atau yang akrab disebut Monkasel ini berada di sebelah pusat perbelanjaan Plaza Surabaya, tempatnya di Jalan Embong Kaliasin, Genteng. Di sini, Anda bisa ngabuburit sambil merasakan sensasi masuk ke dalam kapal selam yang pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru dalam usaha membebaskan Irian Barat di zaman penjajahan Belanda. Monkasel ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan 21.00.

7. Taman Bungkul

Taman yang pernah meraih penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa ini berada di tengah Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Raya Darmo. Taman ini diberi nama sesuai dengan nama seorang tokoh yang berpengaruh besar dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, yakni Sunan Bungkul atau yang juga dikenal dengan nama Mbah Bungkul.

Makam Sunan Bungkul terletak di bagian belakang taman dan selalu ramai dikunjungi oleh peziarah, terutama di akhir pekan. Taman Bungkul adalah alternatif tempat nongkrong dan tempat ngabuburit di Surabaya yang cukup nyaman dan menenangkan.

Selain tidak dipungut biaya sepeser pun, taman ini juga sangat asri. Beberapa fasilitas umum yang terdapat pada Taman Bungkul antara lain adalah skateboard track, jogging track, BMX track, taman bermain anak, kolam air mancur, dan Wi-Fi gratis.

8. Kebun Bibit Wonorejo

* sumber: travelspromo.com

Surabaya memang memiliki sejumlah tempat ngabuburit yang menarik. Satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Kebun Bibit Wonorejo. Tempat ini merupakan taman yang luasnya sekitar 5,9 hektare. Berada di Kebun Bibit Wonorejo akan membuatmu kembali segar karena udaranya yang sejuk dan suasananya yang teduh.

Ada danau yang cukup luas di bagian dalam taman ini. Tersedia juga dermaga di tepi danau yang biasa dipakai untuk mengambil foto. Tak hanya itu saja, di sini kamu juga akan menemukan kebun binatang mini, playground, jogging track, sampai dengan taman bunga yang dilengkapi dengan bebatuan untuk terapi kaki.

9. Taman Lansia

* sumber: wisatatempat.com

Berada dekat dengan Stasiun Kereta Api Gubeng, Taman Lansia merupakan satu dari sekian banyak taman kota yang ada di Surabaya. Sesuai dengan namanya, taman ini memang banyak dikunjungi oleh lansia yang berolahraga, tapi banyak juga orang-orang di usia produktif yang berkunjung kemari.

Taman Lansia begitu digemari karena di dalamnya terdapat track batu yang bisa dipakai untuk terapi kaki seperti pijat refleksi. Taman ini juga ramah terhadap anak-anak karena di bagian dalamnya terdapat playground.

10. Surabaya North Quay

* sumber: www.jejakpiknik.com

Tempat ngabuburit terbaik di Surabaya ini berlokasi di Pelabuhan Tanjung Perak. Ya, Surabaya North Quay merupakan tempat di mana kamu bisa melihat aktivitas di Pelabuhan Tanjung Perak. Bahkan, ketika ada kapal pesiar yang singgah di sini, kamu pun bisa melihatnya dari dekat, lho.

Surabaya North Quay sangat cocok dikunjungi pada waktu ngabuburit, yakni sekitar pukul 3- 5 sore. Dari tempat ini kamu akan disuguhi pemandangan laut yang luas dan aktivitas kapal di pelabuhan yang nampak sibuk.

11. Taman Persahabatan Korea-Surabaya

Sama seperti Taman Bungkul, letak dari Taman Persahabatan Korea-Surabaya ini juga berada di jantung Kota Surabaya. Bertempat di Jalan Dr. Sutomo, taman yang luasnya tidak seluas Taman Bungkul ini selalu ramai dikunjungi oleh Warga Surabaya. Di taman ini terdapat prasasti mengenai bentuk persahabatan yang pernah terjalin di antara Indonesia dan Korea Selatan.

Di sini juga terdapat ayunan dan papan seluncur yang biasa dipakai anak-anak untuk bermain. Ngabuburit di Taman Persahabatan Korea-Surabaya ini akan memberikan pengalaman baru untuk Anda, kapan lagi bisa bersantai di taman yang letaknya berada di tengah jalan protokol di jantung Kota Surabaya?

12. Masjid Al-Akbar

Masjid Al-Akbar ini adalah masjid agung di Surabaya. Ini adalah masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Bangunan yang mewah dan unik dari masjid ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan muslim maupun non-muslim.

Ngabuburit di sekitar Masjid Al-Akbar ini akan terasa menyenangkan, karena banyak pedagang kaki lima yang berjajar di bagian luar masjid. Setelah berbuka puasa, Anda pun dapat menunaikan shalat tarawih di masjid yang menjadi kebanggaan warga Surabaya ini.

13. Taman AIS Nasution

Sumber: maps123.net

Berlokasi di tengah kota, Taman AIS Nasution mungkin tidak sepopuler Taman Bungkul atau Taman Lansia. Bahkan, sebagian orang mungkin tidak mengetahui lokasi tepat dari taman ini. Namun kalau kamu sedang mencari tempat ngabuburit gratis yang lokasinya dekat dengan ikon Kota Surabaya, Bambu Runcing, maka taman ini bisa menjadi tujuan yang tepat.

Taman yang cukup asri ini bisa disinggahi untuk bersantai. Mengingat lokasinya berada di dekat jalan protokol, maka kamu nggak bisa mendapatkan suasana tenang saat berada di sini. Hiruk pikuk kendaraan yang lalu lalang di jalan sekitar taman sudah pasti akan terdengar jelas.

14. Taman Apsari

Sumber: ugikmadyo.com

Yang satu ini adalah taman yang cukup populer di Surabaya, apalagi jika bukan Taman Apsari. Lokasinya yang berada di dekat Balai Pemuda Surabaya ini membuat taman ini menjadi jujugan bagi banyak orang. Setiap sabtu malam minggu, banyak pemuda-pemudi yang tergabung di komunitas sepeda motor jenis tertentu yang singgah untuk berkumpul di taman ini.

Taman Apsari menjadi lokasi ngabuburit yang ideal karena lokasinya yang strategis. Selain itu, di sekitar taman juga terdapat banyak pedagang makanan kaki lima yang bisa langsung kamu kunjungi ketika waktu buka puasa tiba.

15. Mall-Mall di Surabaya

Surabaya adalah kota yang udaranya cukup panas. Tentu kalau mencari tempat ngabuburit kamu harus memilih tempat yang sejuk dan nyaman. Nah, kalau bingung mencari tempat ngabuburit yang sejuk saat berada di Surabaya, melipir saja ke salah satu mall alias pusat perbelanjaan yang ada di kota pahlawaN.

Tunjungan Plaza adalah mall yang cukup banyak dituju oleh wisatawan dari luar Surabaya. Selain lokasinya di tengah kota, Tunjungan Plaza juga merupakan salah satu mall tertua di Surabaya. Kemudian, ada juga Plaza Surabaya yang lokasinya tidak jauh dari Tunjungan Plaza.

Royal Plaza juga menjadi mall sejuta amat yang tak pernah sepi pengunjung. Sementara itu, kamu pun wajib berkunjung ke salah satu mall terbesar di Indonesia, yakni Pakuwon Mall.

Ada banyak tempat ngabuburit di Surabaya yang bisa Anda kunjungi saat bulan puasa. Apakah Anda juga memiliki ide lain mengenai tempat ngabuburit yang nyaman di kota pahlawan ini? Bagikan kepada kami di kolom komentar ya!

error: Content is protected !!