Travel  

15 Tempat Wisata di Dharmasraya Terbaru, Indah & Paling Hits

15 Tempat Wisata di Dharmasraya Terbaru, Indah & Paling Hits

rekomendasi.co.id – Sumatera Barat dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki karakter tersendiri. Hal ini tidak terlepas dari peranan orang Minangkabau, yang berani untuk keluar dari zona nyaman mereka dengan merantau ke seluruh penjuru Indonesia. Bahkan saat mendengar kata Minang, pikiran kita langsung tertuju kepada kota Padang. Ya, orang Minang dan makanan khasnya, Nasi Padang, menjadi salah satu kudapan favorit yang terkenal hingga mancanegara.

Provinsi Sumatera Barat bukan hanya kota Padang saja. Di sebelah timur kota Padang, ada kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu destinasi yang menyimpan beragamk pesona wisata. Apalagi, kabupaten ini tidak terlalu luas sehingga kita bisa mudah untuk menjelajah dari satu tempat ke tempat lain. Artinya, tidak butuh waktu lama untuk datang dan menikmati keseruan yang ditawarkan oleh objek wisatanya.

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, kami telah merangkum pilihan tempat wisata yang wajib dikunjungi di Dharmasraya. Mulai dari tempat wisata alam, hingga tempat rekreasi buatan bisa ditemukan disini. Apa saja tempat menarik nya?

1. Embung Kotoranah

Siapa yang menyangka jika dulunya, Embung Kotoranah merupakan daerah rawa yang tidak terawat? Berkat campur tangan pemerintah daerah kabupaten Dharmasraya, rawa yang kumuh dan rusak disulap menjadi embung yang sekaligus menjadi objek wisata baru yang elok. Selain digunakan sebagai tempat penampung air hujan, Embung Kotoranah kini menawarkan aktivitas seru nan menantang.

Berada di desa Koto Ranah, Anda bisa datang pada akhir pekan mulai dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore untuk mencoba menaiki balon udara. Inilah daya tarik utama dari Embung Kotoranah yang tidak bisa Anda coba di tempat lain.

2. Bendungan Batu Bakawik

Alternatih kedua selain Embung Kotoranah, banyak muda-mudi setempat yang kerap nongkrong di Bendungan Batu Bakawik. Banyaknya muda mudi yang datang, ditambah wisatawan yang berkunjung menjadikan Bendungan Batu Bakawik menjadi destinasi populer di Dharmasraya.

Meski fungsi utama bendungan ini digunakan sebagai penampung air untuk kemudian disalurkan melalui irigasi sawah dan ladang, banyak wisatawan yang datang di sore hari untuk menikmati keindahan alam di sekitarnya. Ini adalah objek wisata gratis yang juga bisa dijadikan sebagai tempat menghabiskan sore hari Anda.

3. Danau Hijau

Destinasi alam yang terlihat mempesona ternyata berasal dari bekas galian tambang. Lokasinya sendiri berada di depan Kantor Tambang Batu Bara Pengean. Aktivitas penambangan telah berhenti sejak lama. Namun lubang galian terbuka masih ada dan memiliki air berwarna hijau akibat aktivitas plankton. Meski awalnya tidak terawat, kini Danau Hijau banyak dikunjungi wisatawan lokal.

4. Bukit Tambun

Bukit Tambun menjadi salah satu tempat wisata yang paling tinggi. Berada di bukit ini, Anda bisa menyaksikan keindahan kabupaten Dharmasraya di 4 penjuru mata angin. Salah satu aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Bukit Tambun adalah mencoba paralayang. Komunitas dan pecinta paralayang setempat kerap melakukan latihan di Bukit Tambun. Jika Anda tertantang, Anda bisa mencoba paralayang dengan didampingi ahlinya.

5. Puncak Gunung Medan

Jika Anda bosan dengan suasana perkotaan dan lebih memilih tempat wisata yang asri dan menawarkan ketenangan serta kesejukan, Puncak Gunung Medan akan menjadi pilihan terbaik ketika liburan ke Dharmasraya. Berjarak 15 kilometer dari ibukota kabupaten, Puncak Gunung Medan menawarkan pemandangan alam yang indah yang berupa sawah, hutan, dan pedesaan. Puncak Gunung Medan akan menjadi tempat terbaik bagi para penjelajah.

6. Goa Cigak

Objek wisata alam selanjutnya adalah Goa Cigak. Sebagaimana goa-goa yang ada di Indonesia, Stalaktit dan Stalagmit menjadi hiasan pada bagian bawah dan atap goa. Lokasinya yang berada di perbukitan membuat perjalanan menuju Goa Cigak terasa istimewa. Anda pun harus menyeberangi sungai Batanghari lalu menyusuri hutan yang masih asri.

Goa Cigak akan menjadi tempat terbaik untuk mengenal alam ketika berada di Dharmasraya karena selain pemandangan alamnya yang indah, kawanan monyet pun akan menyapa Anda selama perjalanan menuju mulut goa. Kunjungi Goa Cigak di pagi hari agar Anda bisa merasakan kesejukan dan nuansa hutan tropis yang alami.

7. Ngalau Cigak

Tak jauh dari Goa Cigak, Anda bisa menelusuri hutan belantara untuk sampai di Ngalau Cigak. Bukit ini berbeda dari bukit Tambun, mengingat formasi batuan stalakmit yang menjulang tinggi dari bawah tanah ke atas. Jika berniat untuk berjalan lebih jauh, setiap wisatawan disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman agar bisa menyusuri formasi bebatuan yang cukup runcing.

8. Bukit Burung Surga

Bagi Anda yang datang bersama keluarga, Bukit Burung Surga wajib untuk dikunjungi bersama sanak saudara. Sebagai destinasi alam terbaru, Anda diajak untuk menyusuri bukit seluas 4 hektar yang telah disulap dengan ornamen warna-warni. Ini adalah tempat wisata keluarga di Dharmasraya yang ramai di akhir pekan.

Setiap pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 10.000,- untuk dewasa dan Rp 5.000,- untuk anak-anak. Selanjutnya, wisatawan bebas menikmati fasilitas yang tersedia, seperti wahana bermain anak, spot foto yang instagrammable, hiasan kincir air pada danau buatan, hingga menelusuri lorong yang terbuat dari bambu.

9. Taman Bunga

Objek wisata yang baru diresmikan pada akhir 2019 ini menjadi tempat favorit bagi muda-mudi setempat. Area lapang yang kini dihiasi bunga warna-warni beserta ornamen buatan membuat Taman Bunga menjadi spot foto yang selalu ramai dipenuhi wisatawan di akhir pekan.

Ini akan menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang datang bersama pasangan. Berada di Taman Bunga akan membuat Anda serasa di film-film Bollywood. Gugusan bunga berwarna merah, kuning, dan oranye menyatu dengan baik menciptakan nuansa yang romantis.

10. Candi Padang Roco

Sebagai wilayah yang kaya akan situs peninggalan bersejarah, Candi Padang Roco merupakan salah satu peninggalan kerajaan Melayu di masa lampau. Meski ukurannya tidak sebesar candi-candi peninggalan lain di pulau Jawa, Candi Padang Roco memiliki nilai historis tersendiri. Dahulu kala, ini merupakan tempat peribadatan para raja ketika memimpin wilayahnya. Kini, kita masih bisa melihat kondisi candi yang terawat dengan baik.

11. Candi Pulau Sawah

Selain Candi Padang Roco, destinasi sejarah di Dharmasraya yang juga merupakan peninggalan kerajaan melayu adalah Candi Pulau Sawah. Sebagai peninggalan kerajaan Swarnabhumi, Candi Pulau Sawah terlihat seperti pondasi sebuah rumah dan hanya memiliki ketinggian 1 meter saja. Namun Anda harus datang ke Candi Pulau Sawah bertemu dengan penjaga candi untuk mengetahui keunikan dan sejarah Candi Pulau Sawah.

12. Rumah Gadang Siguntur

Jika Anda tertarik dengan sejarah suku Minangkabau, khususnya di Dharmasraya, maka Rumah Gadang Siguntur akan menjadi pilihan terbaik untuk melihat bagaimana tempat tinggal warga setempat di masa lampau. Rumah dengan model Gadang khas Minangkabau yang berada di Dharmasraya yang terbuat dari kayu merupakan peninggalan kerajaan Islam.

Selain bangungan Rumah Gadang Siguntur yang masih asri dan terawat dengan baik, ada berbagai macam benda peninggalan lain yang juga digunakan oleh masyarakat setempat di masa lalu. Rumah Gadang Siguntur akan memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

13. Rumah Gadang Rajo Sungai Dareh

Selain Rumah Gadang Siguntur, Anda bisa mengunjungi Rumah Gadang Rajo Sungai Dareh yang juga merupakan rumah adat suku Minang. Ukurannya yang lebih besar mengindikasikan bahwa dulunya, Rumah Gadang Rajo Sungai Dareh adalah tempat tinggal orang terhormat suku Minang. Wisatawan pun diperbolehkan untuk masuk dan melihat lebih detail tentang Rumah Gadang Rajo Sungai Dareh.

14. Rumah Gadang Rajo Pulau Punjung

Tidak jauh dari Rumah Gadang Sungai Dareh, Rumah Gadang Rajo Pulau Punjung masih memiliki kaitan sejarah. Setidaknya, itulah yang diyakini masyarakat setempat berdasarkan cerita dari generasi ke generasi. Meski ukuran Rumah Gadang Rajo Pulau Punjung tidak sebesar Rumah Gadang Rajo Sungai Dareh, bangunan klasik yang sarat akan sejarah ternyata menarik perhatian wisatawan dari daerah lain.

15. Danau Cinta

Tempat wisata terakhir adalah Danau Cinta, yang awalnya adalah sebuah kolam ikan biasa. Namun berkat renovasi dan penambahan fasilitas yang lebih baik, Danau Cinta menjelma menjadi tempat favorit baru anak muda Dharmasraya. Tidak hanya itu saja, banyak pasangan keluarga yang berkunjung membawa buah hati mereka.

Selain suasana romantis, Danau Cinta juga dikelilingi dengan pepohonan yang rindang. Kawasan ini juga memiliki beberapa spot foto yang selalu ramai, membuat wisatawan harus bersabar untuk antri mendapatkan spot terbaik.

Itulah rekomendasi tempat wisata hits di Dharmasraya, pilihan yang wajib Anda kunjungi ketika menginjakkan kaki di tanah Sumatera. Selain keindahan alam, Anda juga dapat menjajal beragam hidangan khas yang nikmati di Dharmasraya.

error: Content is protected !!