5 Bukti Bertambahnya Usia Membuatmu Jadi Perempuan yang Lebih Kuat

5 Bukti Bertambahnya Usia Membuatmu Jadi Perempuan yang Lebih Kuat

rekomendasi.co.id – Jakarta Pertambahan usia adalah hal yang tak bisa kita cegah. Waktu yang terus berjalan membuat kita harus bisa menghadapi dan melewati usia baru setiap tahunnya. Pertambahan usia pun memang sebaiknya menjadi momen yang perlu kita syukuri.

Walau memang ada hal-hal yang tak lagi sama, tapi bisa jadi seiring bertambahnya usia, ada jiwa dan hati yang lebih kuat di dalam dirimu. Berikut ini lima hal yang bisa menjadi pertanda bahwa sebenarnya kamu sudah tumbuh jadi pribadi yang lebih tangguh seiring bertambahnya usia.

1. Bisa Mengelola Stres dengan Lebih Baik

Bertambahnya pengalaman hidup membantumu untuk bisa menemukan mekanisma pertahanan yang paling tepat dalam mengatasi dan mengelola stres. Mengutip buku Merawat Luka Batin, orang yang mampu mengatasi stres dan tantangan hidup dengan baik adalah mereka yang mampu mengubah pengalaman yang tidak menyenangkan menjadi sesuatu yang bermakna. Saat kamu sudah punya cara tersendiri dalam mengelola stres, maka kamu bisa lebih mudah menemukan makna dalam hidup yang membantumu makin menghargai setiap perjalanan hidupmu.

2. Bisa Menerapkan Dikotomi Kendali

Dalam hidup, kita akan dihadapkan pada hal-hal menyenangan dan tidak menyenangkan. Semua suka duka menghadirkan pengalaman dan warna sendiri dalam hidup. Untuk bertahan melewati, kita perlu memahami dikotomi kendali. Mengutip buku Merawat Luka Batin, dikotomi kendali kurang lebih berbunyi seperti ini: “Dalam dunia ini ada sebagian hal yang bisa kita kendalikan dan ada sebagian hal lain yang tidak bisa ktia kendalikan.” Saat kita bisa ikhlas menerima hal-hal yang tak bisa kita ubah dan masih punya semangat melakukan upaya terbaik pada hal yang masih bisa kita usahakan, maka mental kita bisa lebih kuat.

3. Mampu Mensyukuri Anuerah Kehidupan yang Ada

Usia yang bertambah membuat kita harus bisa menghadapi perubahan dan hari-hari baru. Saat kita bisa mensyukuri kehidupan dan perjalanan yang sudah kita lalui hingga saat ini, maka sebenarnya ada hati yang sudah lebih kuat dan tangguh di dalam dirimu. Hidup jadi terasa lebih nyaman untuk dijalani saat kita senantiasa mengirinya dengan hati yang penuh syukur.

4. Punya Rutinitas yang Dinikmati

Ada rutinitas atau kegiatan yang dinikmati atau memberi arti juga sebenarnya menjadi pertanda baik ada hidup yang lebih bermakna yang kamu miliki. Bisa mengisi waktu dan hidup dengan hal-hal yang disukai dan memberi kepuasan batin juga bisa menghadirkan semangat positif tersendiri. Mental pun jadi lebih kuat sebab ada pengalaman dan pencapaian hidup yang makin kaya yang dipunyai.