5 Tips Liburan Akhir Tahun Hemat Budget 2 Jutaan

5 Tips Liburan Akhir Tahun Hemat Budget 2 Jutaan

Liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Sobat ShopBack sudah punya rencana liburan kemana? Pastinya ga mau di rumah aja, kan? Apalagi rencana gagal karena belum siap budget liburan. Soalnya, liburan jaman sekarang tidak perlu mahal, kok! Budget 2 jutaan saja sudah cukup untuk liburan akhir tahun. Kalau dihitung-hitung, masih ada waktu dua bulan untuk menabung dengan target 2 juta hingga akhir tahun nanti.

Liburan akhir tahun hemat dengan budget 2 jutaan bisa Sobat ShopBack dapatkan dengan perencanaan yang tepat. Mulai dari akomodasi, destinasi wisata, hingga perbekalan harus direncanakan dengan matang. Lalu, seperti apa sih perencanaan dan persiapannya? Simak, yuk!

1. Pilih Tanggal yang Tepat

(sumber: pexels.om)

Hal pertama yang perlu Sobat ShopBack lakukan adalah memilih tanggal keberangkatan yang tepat. Hidari peak season di akhir tahun, seperti tanggal 25 Desember yang bertepatan dengan Natal, 31 Desember yang bertepatan dengan malam tahun baru, dan tanggal 1 Januari yang bertepatan dengan puncak perayaan tahun baru. Di tanggal-tanggal tersebut, semua yang berkaitan dengan liburan cenderung ‘ganti harga’. Mulai dari tiket transportasi, tiket masuk wisata, hingga hotel akan mengalami kenaikan.

Waktu yang paling aman untuk liburan akhir tahun hemat adalah antara natal dan tahun baru, yaitu sekitar tanggal 26 hingga 30 Desember. Di tanggal tersebut, selain harga-harga yang lebih normal, kawasan wisata dan arus transportasi juga relatif lebih sepi.

2. Pilih Destinasi on Budget

(sumber: pexels.com)

Sobat ShopBack pasti setuju jika harga masuk tiket wisata menjadi salah satu pemakan porsi budget liburan terbesar, kan? Nah, agar biaya yang dikeluarkan untuk membayar tiket masuk wisata sesuai dengan anggaran, pilihlah destinasi wisata yang murah. Misalnya, Sobat ShopBack bisa memilih destinasi wisata bertema sejarah atau destinasi wisata bertema alam. Sebaiknya, hindari dulu destinasi wisata dengan wahana permainan, karena umumnya harga tiket masuknya lebih mahal.

Jika Sobat ShopBack tinggal di kawasan Jabotabek, liburan ke Pulau Seribu bisa jadi alternatif yang tepat. Di Pulau Seribu, Sobat ShopBack bisa mengunjungi berbagai pulau kecil dengan daya tarik memukau. Tarif masuk lokasi pulau juga berkisar puluhan ribu saja, kok! Sedangkan untuk akses menuju pulau-pulaunya, Sobat ShopBack bisa menggunakan paket tour di sekitaran lokasi wisata yang harganya mulai 300 ribuan saja per orang.

(sumber: tiket.com)

Misalnya, Sobat ShopBack bisa ikut trip ke Pulau Pari selama dua hari satu malam hanya dengan biaya 390 ribuan saja per orang. Ingin coba? Sobat ShopBack bisa pesan kuota trip Pulau Pari 2D1N melalui tiket.com disini

3. Ganti Hotel dengan Camping Bersama Keluarga

(sumber: pinterest.com)

Liburan akhir tahun dengan budget pas-pasan, tapi liburannya bareng keluarga? Coba ganti istirahat di hotel dengan berkemah yang lebih seru. Sobat ShopBack bisa mencari tempat wisata yang sekaligus bisa dijadikan camping ground. Selain lebih praktis, mencari tujuan wisata sekaligus tempat camping juga akan lebih hemat waktu serta biaya akomodasi.

(sumber: @mitsnain)

Misalnya, Sobat ShopBack ingin tour ke Pulau Seribu, maka masukkanlah Pulau Dolphin, Pulau Semak Daun, Pulau Tidung Kecil, atau Pulau Perak sebagai salah satu destinasinya. Hal ini dikarenakan 4 pulau tersebut merupakan pulau favorit wisatawan untuk mendirikan tenda.

Sebagai contoh, jika Sobat ShopBack memilih camping di Pulau Dolphin, maka biaya menginap yang harus dikeluarkan hanya sekitar 30 ribu per orang untuk masuk area camping ground. Sedangkan untuk biaya lainnya, Sobat ShopBack hanya perlu membayar 25 ribu untuk air minum satu galon dan 5 ribu untuk air bersih satu jerigen. Jika membutuhkan baju hangat, Sobat ShopBack juga bisa menyewa jaket dengan harga sekitar 10 ribu saja per jaketnya. Sangat murah, bukan?

4. Makan Hemat dengan Bawa Bekal

(sumber: pixabay.com)

Liburan pastinya lebih hemat jika Sobat ShopBack membawa bekal dari rumah. Cukup bawa bekal untuk satu atau dua kali makan. Sedangkan sisanya, Sobat ShopBack tetap bisa kulineran di lokasi wisata. Jadi, tidak melulu makan bekal, ya! Lagipula, jika terlalu membawa perbekalan, tas akan terasa berat dan justru membuat perjalanan kurang nyaman, kan?

5. Cari Promo Tiket

(sumber: pixabay.com)

Merasa destinasi wisata yang ada di kota Sobat ShopBack kurang cocok dengan agenda liburan akhir tahun? Coba cari rekomendasi wisata terdekat yang Sobat ShopBack mau. Usahakan destinasi tersebut ada di kota yang bisa mudah dijangkau dengan kereta api. 

Dengan demikian, Sobat ShopBack bisa pesan tiket kereta api jauh-jauh hari untuk menghindari gerbong penuh atau jalannya macet akibat arus liburan Natal dan tahun baru.

Tidak ingin naik kereta api karena masih kekeh ingin berkunjung ke destinasi wisata yang cukup jauh? Tetang, masih ada opsi naik pesawat, kok! Tapi, ingat untuk pesan tiket jauh-jauh hari, ya! Hal ini dikarenakan harga tiket pesawat akan cenderung naik jika kuotanya hampir habis.

Selain itu, jika Sobat ShopBack ingin mendapatkan tiket transportasi murah, baik itu tiket kereta api maupun tiket pesawat, Sobat ShopBack bisa memanfaatkan fitur booking dari e-commerce mitra ShopBack. Dengan booking di mitra ShopBack melalui aplikasi ShopBack, ada kesempatan mendapatkan keuntungan berupa penawaran harga termurah serta cashback di setiap transaksi yang valid. Mulai tanggal 25, ada promo Jalan-Jalan ShopBack edisi Gajian  cashback berlimpah s/d 12%, misi spesial dengan bonus cashback s/d 150 ribu, dan tambahan diskon menarik di tiket.com, agoda, booking.com dan masih banyak lagi!

Kalau begini, jalan-jalan ke mana pun pasti untung kalo lewat ShopBack, nih! Yuk, langsung pesan tiket pesawat atau kereta api lewat ShopBack biar double untung! Sssst, promo ini berlaku juga untuk booking hotel, loh! Jadi, buat Sobat ShopBack yang tidak ingin liburan akhir tahun hemat dengan tidur di tenda, wajib memanfaatkan promo ini untuk mendapatkan kamar hotel super murah!

Sudah siap merasakan #UntungLewatShopBack, belum? Cobain sekarang, yuk!

Artikel ini bersumber dari www.shopback.co.id.