Bisnis  

5 Tips Memulai Usaha Rumahan lewat “E-commerce”

5 Tips Memulai Usaha Rumahan lewat “E-commerce”

rekomendasi.co.id – Memasuki awal 2023, beragam resolusi sudah dipersiapkan seperti resolusi untuk memulai bisnis rumahan lewat platform e-commerce.

Growth Marketing Senior Lead Tokopedia Maisyalina Agustiana mengatakan, sekitar 12 juta penjual telah bergabung di Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan usaha.

“Dari jumlah itu, hampir 100 persen adalah pegiat UMKM dari berbagai latar belakang dan daerah,” kata Maisyalina dalam siaran pers, Rabu (11/1/2023).

Namun demikian, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memulai usaha kecil di tahun 2023. Lebih rincinya, Maisyalina membagikan beberapa tips memulai bisnis rumahan dengan modal kecil melalui platform Tokopedia pada 2023:

1. Mencari produk yang sedang dibutuhkan konsumen

Pelaku usaha dapat menggunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mengetahui produk apa yang sedang tren di kalangan konsumen.

Fitur ini bisa memudahkan untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris di Tokopedia dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori.

“Pelajari juga tren produk terlaris, misalkan di segmen Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terlaris di 2022,” jelas Maisyalina.


2. Pelajari profil calon pembeli

Setelah menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, tentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut.

Dengan menentukan target pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran.

“Fitur Wawasan Pembeli di aplikasi Tokopedia Seller membantu penjual untuk mengetahui profil pembeli, seperti umur, jenis kelamin dan lokasi sehingga memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi berjualan,” tambah Maisyalina.

3. Buat konten menarik di media sosial

Menurut Maisyalina, sinergi dalam pemanfaatan media sosial yang tepat dapat membantu meningkatkan awareness toko dan produk di e-commerce.

Misalnya, buat konten media sosial yang unik dan bisa menjadi ciri khas penjual. Perhatikan tren yang sedang banyak digandrungi masyarakat di media sosial.

“Buatlah live video streaming juga lewat Tokopedia PLAY untuk membangun interaksi dengan calon pembeli. Pertimbangkan live streaming saat peluncuran produk baru, pemberian tutorial penggunaan produk, hingga mengadakan kuis atau giveaway,” tambah Maisyalina.

4. Bangun tim untuk menunjang bisnis

Kehadiran tim dapat mendorong produktivitas usaha. Dia menyarankan, bagi UMKM dengan usaha rumahan modal kecil, jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau rekan terdekat.

“Para pelaku usaha bisa menggunakan fitur Admin Toko di aplikasi Tokopedia Seller yang dapat membantu mengelola toko dengan aman lewat berbagai pilihan peran yang bisa diberikan ke admin toko,” jelas Maisyalina.

5. Lakukan performance marketing sesuai kebutuhan

Performance marketing merupakan salah satu contoh strategi pemasaran online, di mana penjual dapat mengeluarkan anggaran untuk mencapai suatu tujuan, misalnya menarik lebih banyak calon pembeli.

“Contohnya, pegiat usaha bisa menggunakan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan modal kecil, yaitu mulai dari Rp 250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan,” tutup Maisyalina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!