Lifestyle

7 Makanan Untuk Jaga Hidrasi Tubuh Selain Minum Air

7 Makanan Untuk Jaga Hidrasi Tubuh Selain Minum Air

REKOMENDASI.CO.ID – Seperti yang kita tahu, sebagian tubuh manusia terdiri dari air. Itulah kenapa, penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika kita kekurangan cairan, atau mengalami dehidrasi, dapat mengganggu kinerja fungsi tubuh hingga mengalami masalah kesehatan.

Ketika kita merasa haus atau membutuhkan asupan cairan, yang pertama kali terlintas di pikiran kita pasti air. Konsumsi air minum memang penting untuk menjaga hidrasi tubuh. Namun, jika Anda berpikir untuk menghilangkan haus hanya dengan mengonsumsi air minum, maka Anda salah.

Ada banyak makanan yang juga bisa digunakan sebagai penghilang rasa haus. Makanan-makanan ini pun sering kita temui sehingga mudah untuk mendapatkannya. Berikut merdeka.com lansir dari saga.co.uk beberapa makanan penghilang rasa haus yang bisa membantu tubuh terhidrasi.

Semangka

Makanan penghilang rasa haus yang pertama adalah semangka. Penelitian dari University of Aberdeen menunjukkan bahwa serat yang relatif rendah, buah-buahan dan sayuran yang mengandung air dapat menghidrasi tubuh dua kali lebih efektif daripada air.

Studi tersebut mengidentifikasi semangka sebagai buah yang luar biasa dalam menghidrasi tubuh. Semangka mengandung 92% air, bersama dengan 8% gula dan berbagai garam mineral yang penting untuk hidrasi optimal, termasuk natrium, magnesium dan kalium.

Mentimun

Makanan penghilang rasa haus yang kedua adalah mentimun. Mentimun dikemas dengan lebih banyak H20 daripada semangka, yaitu dengan kandungan air sebanyak 96%.

Dengan mengunyah mentimun, menurut penelitian University of Aberdeen dapat memberikan tingkat hidrasi yang sama dengan dua kali volume air. Mengupas kulit mentimun yang berserat juga akan meningkatkan efek hidrasi dari mentimun.

Pisang

Makanan penghilang rasa haus yang ketiga adalah pisang. Pisang sudah dikenal sebagai camilan klasik pasca olahraga yang sehat, yang juga mengandung kalium, salah satu elektrolit terpenting.

Dehidrasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, jadi makan makanan yang kaya kalium saat Anda merasa haus akan membantu mencegah gejalanya. Pisang juga mengandung 74% air, sehingga menjadikannya sebagai alasan yang bagus untuk mengonsumsinya setelah berolahraga.

Stroberi

Makanan penghilang rasa haus yang keempat adalah stroberi. Stroberi memiliki kadar air tertinggi dari semua buah beri, yaitu sebanyak 92%, dan menjadikannya makanan yang menghidrasi sekaligus lezat.

Menyajikannya dengan cara tradisional dengan krim akan meningkatkan kandungan cairannya, dan mencampurkan stroberi Anda akan membantu memecah serat, meningkatkan penyerapan kandungan air buah dalam tubuh Anda.

Bayam

Makanan penghilang rasa haus yang kelima adalah bayam. Untuk tetap terhidrasi, menjaga keseimbangan garam mineral tentu saja sama pentingnya dengan menyerap cukup air dari makanan dan minuman.

Bayam adalah sumber makanan terkaya dalam hal magnesium, elektrolit penting seperti kalium dan natrium. Seiring dengan kandungan airnya sebanyak 92%, membuatnya menjadi makanan yang sangat berguna untuk menghilangkan rasa haus.

Lobak

Makanan penghilang rasa haus selanjutnya adalah lobak. Makanan lezat berkemasan H20 lain yang dapat Anda makan untuk mencegah dehidrasi, lobak terdiri dari 95% air.

Lobak dianggap sebagai makanan pendingin dalam pengobatan tradisional dan banyak orang sudah membuktikan sifat penghilang panasnya. Untuk efek hidrasi maksimal, kupas lobak untuk menghilangkan sebagian seratnya.

Tomat

Makanan penghilang rasa haus berikutnya adalah tomat. Ada alasan bagus mengapa tomat menjadi salah satu menu dalam diet Mediterania, yaitu karena tomat dapat membantu tubuh tetap sehat dan terhidrasi.

Tomat mengandung hingga 94% air. Sekali lagi, dengan mengupas kulit berserat akan membantu meningkatkan tingkat hidrasi tomat. Merebus tomat dalam air mendidih, lalu memasukkan tomat ke dalam air dingin untuk memudahkan melepas kulitnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top