7 Perlengkapan Wajib Warung Sembako & Toko Kelontong

7 Perlengkapan Wajib Warung Sembako & Toko Kelontong

Juragan sudah memantapkan diri untuk merintis usaha warung sembako atau toko kelontong? Keren banget, Gan! Selain belanja produk-produk yang ingin dijual, jangan lupa lengkapi usaha dengan perlengkapan yang menunjang aktivitas jual beli, ya!

Berikut ini adalah rekomendasi 7 ‘senjata rahasia’ yang wajib disiapkan sebelum Juragan menjalankan usaha warung agar jualan jadi semakin maksimal.

7 Perlengkapan Wajib Warung Sembako & Toko Kelontong

7 Perlengkapan Wajib Warung Sembako & Toko Kelontong

Artikel BukuWarung kali ini akan membahas 7 perlengkapan warung sembako atau toko kelontong yang harus Juragan siapkan sebelum menjalankan usaha. Ini bisa membantu Juragan agar jualan lebih praktis, mudah, dan melayani pembeli dengan lebih baik agar untung juga maksimal!

  1. Rak

perlengkapan wajib di toko sembako

Berjualan di warung tentu membutuhkan rak untuk memperlihatkan produk dagangan. Rak sendiri ada berbagai macam. Seperti rak gondola, rak gantung, rak dinding, atau rak snack. Harganya pun berbeda-beda tergantung ukuran dan tingkatan raknya. Rata-rata, rak warung bisa Juragan dapatkan di kisaran harga Rp. 300.000 – Rp. 800.000. Silakan dipilih sesuai budget dan kebutuhan Juragan, ya!

Buat Toko Online Sendiri
  1. Etalase Kaca

perlengkapan wajib di toko sembako

Etalase kaca ini berguna banget buat meletakkan dan menunjukkan barang-barang yang ukurannya lebih kecil. Contohnya sabun, shampo, rokok, atau beras. Perlengkapan yang satu ini kisaran harganya agak lebih mahal, di angka Rp. 600.000 sampai Rp. 1.000.000. Namun, dengan etalase kaca pelanggan jadi lebih mudah melihat dan memilih produk yang ingin dibeli.

  1. Pencatat Keuangan Digital & Aplikasi BukuWarung

atur keuangan usaha

Bagian terpenting dalam menjalankan usaha tentu saja cash flow atau arus keuangan. Nah, masalahnya banyak pengusaha yang membuat kesalahan yang terlihat sederhana, namun dampaknya luar biasa: malas mencatat aktivitas penjualan. Akibatnya, uang pribadi dan uang usaha tercampur, sulit mengetahui keuntungan atau kerugian toko, dan skenario terburuk adalah mengalami kerugian.

Makanya, rutin dan teliti mencatat penjualan sehari-hari itu penting, Gan. Biar lebih mudah dan praktis, Juragan bisa pakai aplikasi BukuWarung!

Download BukuWarung Disini!

  1. Timbangan

atur keuangan usaha

Ini wajib buat Juragan yang warungnya menjual barang eceran seperti beras. Juragan bisa menggunakan timbangan manual atau digital, yang paling penting adalah memastikan timbangannya akurat. Timbangan yang tidak akurat bisa menyebabkan kerugian lho, Gan!

  1. Stiker Label

perlengkapan wajib di toko sembako

Produk dagangan di warung Juragan pasti sangat banyak. Tentu ribet jika harus menghafal harga satu per satu. Juragan bisa menulis harga di stiker label, lalu ditempel di produknya agar tidak salah memberikan harga ke pelanggan.

  1. Kresek

Ini adalah bagian dari memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Karena kresek akan memudahkan mereka membawa belanjaan. Juragan bisa menyiapkan kresek dalam beragam ukuran, tergantung dengan jumlah belanjaan pelanggan. Untuk mempertahankan angka keuntungan, Juragan bisa memasukkan biaya kresek ke harga dagangan.

  1. Stok Permen

Toko kelontong rasanya nggak afdol tanpa kembalian permen. Bener nggak, Gan? Namun, seiring dengan zaman yang sudah canggih, Juragan bisa menggunakan cara yang lebih mudah untuk menghindari keribetan mencari uang kembalian pelanggan: Fitur QRIS BukuWarung!

daftar qris

Saat ini, QRIS memang menjadi fitur primadona di antara pemilik usaha. Aktivitas tagih & bayar digital jadi lebih aman, cepat, & mudah. Juragan dapat terhindar dari penipuan uang palsu serta memberikan alternatif pembayaran yang praktis untuk pelanggan. 

Ingin tahu lebih cara membuat QRIS BukuWarung untuk usaha Juragan seperti 7 juta pengguna BukuWarung lainnya? Download aplikasi BukuWarung di Playstore sekarang & klik di sini untuk membaca informasi lengkapnya:

Yuk, download BukuWarung di Playstore sekarang dan nikmati semua fiturnya yang memudahkan Juragan untuk mengelola keuangan usaha!

Artikel ini bersumber dari bukuwarung.com.