8 Jus yang Cocok Dijadikan MInuman Diet

8 Jus yang Cocok Dijadikan MInuman Diet

rekomendasi.co.id – i>

Jus seledri bisa dijadikan salah satu minuman diet yang efektif. Pasalnya, bukan hanya rendah kalori, jus seledri juga memiliki kandungan air lebih dari 95 persen.

Sebuah studi yang diterbitkan di PubMed Central pada 2013 dan 2016 juga menemukan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman denga kadar kalori rendah dapat membantu menurunkan berat badan.

  • Jus bit

Buah bit rendah kalori dan kaya serat, sehingga membantu menunda rasa lapar dan membuat kita kenyang lebih lama.

Sayangnya, kandungan serat bit akan berkurang saat dalam proses juicing. Meskipun begitu, jus bit tetap cocok jadi minuman diet karena rendah kalori dan tetap bernutrisi.

  • Jus delima

Selain enak dan menyegarkan, jus delima juga dapat menjadi minuman diet rendah kalori yang dapat mendukung penurunan berat badan.

Khasiatnya tersebut telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang pada tikus yang diterbitkan di jurnal PubMed Gov. Hasilnya, ditemukan bahwa jus delima dapat memblokir kenaikan berat badan pada tikus yang diberi diet tinggi lemak.

Lalu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan gula darah yang dapat menyebabkan peningkatan rasa lapar.

  • Jus sayuran hijau

Meskipun ada banyak sayuran hijau yang dapat dijadikan jus, biasanya sayuran seperti kangkung, bayam, atau kubis adalah yang paling sering dijadikan bahan jus.

Pasalnya, sayuran-sayuran itu tinggi serat, rendah gula, dan penuh dengan antioksidan anti-inflamasi.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa meningkatkan asupan buah dan sayuran dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan dan penurunan risiko penambahan berat badan serta lemak .

Menariknya lagi, jus sayuran hijau dapat disesuaikan dengan selera kita. Misalnya, mencampur bayam, mentimun, apel hijau, dan seledri.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jus sayur, kita bisa membuatnya menggunakan blender, sehingga lebih mengenyangkan dan makin cocok jadi minuman diet.

  • Jus semangka

Bukan hanya rendah kalori dan lezat, semangka juga kaya akan nutrisi mikro yang menyehatkan jantung, seperti potasium dan antioksidan pendukung kekebalan vitamin A dan C.

Kandungan air dalam semangka juga cukup tinggi, yang dapat membantu kita menurunkan berat badan dan merasa lebih kenyang.

  • Jus lemon, sayur, dan jahe

Jus lemon, sayur dan jahe juga bisa dijadikan minuman diet.

Lemon dapat memberi antioksidan serta menambah rasa, sementara beberapa penelitian pada manusia dan hewan yang diterbitkan di PubMed Central menunjukkan bahwa jahe dapat membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan membantu penurunan berat badan.

Sementara itu, sayuran hijau seperti bayam atau kale dapat meningkatkan asupan serat, sehingga kita kenyang lebih lama.

Kita bisa mulai mengonsumsi jus ini dengan mencampir sedikit jahe kupas, sedikit jus lemon segar, dan 1 cangkir (30 gram) bayam mentah ke food processor dan haluskan.

  • Jus wortel

Selain kaya akan vitamin A dan karotenoid yang menyehatkan mata, wortel juga dapat membantu meningkatkan asupan serat, sehingga dapat membuat kita kenyang lebih lama dan membantu kita untuk mengatur nafsu makan.

Karotenoid dalam wortel juga terbukti dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Dalam sebuah studi selama delapan minggu yang diterbitkan di PubMed Central, ditemulan bahwa 28 pria dengan obesitas yang minum minuman kaya karotenoid setiap hari mengalami pengurangan lemak perut yang signifikan.

  • Jus apel dan kale

Terakhir, kita juga bisa menjadikan jus apel dan kale sebagai minuman diet.

Kale memiliki hampir 1 gram serat per cangkirnya (21 gram).

Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan di PubMed Central dan FoodData Central, kale dapat membantu menstabilkan kadar gula pada manusia dan hewan.

Kandungan nutrisi dan serat dalam apel pun tak kalah tinggi, sehingga mengonsumsinya dapat dikaitkan dengan peningkatan penurunan berat badan dan kualitas diet pada anak-anak dan orang dewasa.

Membuatnya pun mudah. Kita hanya perlu mencampur segenggam daun kale dengan beberapa irisan apel.

Untuk meningkatkan cita rasa, kita juga bisa menambahkan bahan lain seperti seledri, jus lemon, jahe, atau wortel.