Travel  

9 Aktivitas Seru Yang Dapat Dilakukan di Setu Babakan Jagakarsa

9 Aktivitas Seru Yang Dapat Dilakukan di Setu Babakan Jagakarsa

rekomendasi.co.id

Biasanya, objek wisata danau merupakan asli terbentuk dari alam. Karena suatu proses sehingga terbentuklah danau. Namun, berbeda dengan Setu Babakan, danau yang satu ini justru sengaja dibuat oleh manusia.

Setu Babakan sudah resmi dibuka sejak tahun 2000 lalu. Memang, danau buatan ini sengaja dibuat untuk penampungan air.

Namun, semakin hari tempat ini dijadikan objek wisata yang seru. Seperti apa keseruannya? Inilah 9 aktivitas seru yang dapat dilakukan di Setu Babakan.

1. Kampung Betawi yang masih Orisinil

Setu Babakan dikenal sebagai Perkampungan Betawi. Betapa tidak, di sini mayoritas warga adalah mereka suku Betawi asli. Dari rutinitas keseharian yang dilakukan, sesuai dengan adat Betawi. Dan yang menjadi ciri khas, rumah – rumah penduduk pun banyak yang masih berbentuk rumah Betawi asli.

2. Acara Lebaran Rutin di Kampung Betawi

Setiap tahun saat hari lebaran, masyarakat Setu Babakan akan menggelar acara silaturahim warga asli Jakarta. Hampir semua keluarga besar masyarakat suku Betawi hadir dalam acara tersebut. Tujuannya adalah, supaya tali persaudaraan sesama warga asli Jakarta tetap terjaga.

3. Keindahan Setu Babakan

Meskipun bukan danau alam, namun keindahan Setu Babakan tidak kalah dengan danau alam. Di sini, pengunjung dapat melihat hijaunya pepohonan di pinggir danau, dan area teduh di bawah pohon. Air danau pun jernih, berwarna hijau khas danau air tawar.

4. Berkeliling Danau dengan Perahu Bebek

Pengunjung dapat menikmati suasana di tengah danau, yaitu dengan naik perahu bebek yang disewakan di tepi danau. Dari perahu bebek, pengunjung dapat bebas mengelilingi danau, sambil berolahraga karena perahu harus dikayuh supaya dapat berjalan.

Untuk dapat menggunakan perahu berkapasitas 2 – 3 orang ini, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 5.000 untuk anak – anak, atau Rp 7.500 untuk dewasa.

5. Naik Perahu Naga Bersama Rombongan

Perahu bebek kurang tepat jika digunakan untuk rombongan. Jika datang bersama rombongan, pengunjung dapat menyewa perahu naga. Perahu ini berbentuk naga dengan badan memanjang, yang mana kapasitas perahu sebanyak 20 orang. Untuk satu kali putaran, dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

6. Menikmati Kuliner Khas Betawi

Selain wisata danau, pengunjung juga dapat berwisata kuliner di sini. Banyak sajian kuliner yang siap mengenyangkan perut. Dan yang menjadi ciri khas, sajian kuliner di sini adalah kuliner khas Betawi.

Salah satu kuliner yang paling digemari adalah kerak telor. Rasa gurih dan lezatnya selalu membuat siapapun ingin memakannya. Tidak perlu khawatir kehabisan, karena di sini ada sekitar 20 penjual kerak telor yang siap melayani pengunjung.

Kuliner lain yang disajikan adalah tauge goreng, laksa, soto Betawi, soto tangkar, gabus pucung, asinan Betawi, gado – gado, kue rangi, semur jengkol, dan makanan kecil Dodol Betawi.

7. Minuman Betawi yang Melegenda

Tak lengkap rasanya jika menyantap sajian kuliner khas Betawi tanpa minuman khas Betawi juga. Terdapat minuman khas Betawi yaitu bir pletok dan es selendang mayang yang siap menggoyang lidah.

8. Menyaksikan Kesenian Khas Betawi

Supaya suasana lebih meriah dan budaya Betawi tetap lestari, di sini juga diadakan pertunjukan seni yang digelar setiap hari Sabtu dan Minggu. Ada pertunjukan seperti Samrah, Gambus, Gambang Kromong, Qasidah, Hadroh, Keroncong Betawi, dan Tanjidor.

Kesenian lainnya yaitu lenong, tari renggong, wayang kulit Betawi, topeng Betawi, dan tak lupa si besar ondel – ondel. Jangan lewatkan juga pertunjukan teater dan silat oleh anak – anak dan remaja.

9. Memancing di Setu Babakan

Namanya danau, tidak afdol jika tidak memancing. Di sini, pengunjung pun dapat mencoba peruntungan mendapatkan ikan di Setu Babakan dengan memancing. Tersedia lokasi memancing berbayar dan lokasi yang gratis.

error: Content is protected !!