AC Mobil Bunyi Terus, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

AC Mobil Bunyi Terus, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

AC mobil bunyi bising, rasanya mengganggu perjalanan kamu. Jika AC dimatikan malah jadinya panas, bila dinyalakan suara bising terdengar. Jadinya serba salah.

Kondisi AC mobil “ngorok” ini umumnya terjadi pada mobil yang berusia di atas 5 tahun. Selain bunyi “ngorok”, AC juga bisa mengeluarkan bunyi mendesis, berdecit, atau bahkan mendengung.

Kalau sudah begini, kita harus tahu di mana titik masalahnya, salah satunya dengan membedah komponen AC mobil, mulai dari kompresor AC, magnetic clutch, kondensor, dryer, expansion valve, dan evaporator.

Bisa jadi salah satu masalahnya terletak pada komponen tersebut. Sekali lagi, jangan sampai perjalananmu terhambat karena AC mobil bunyi berisik. Kulik dulu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Kenapa AC mobil bunyi?

Saat mesin mobil dinyalakan dan kamu siap mengawali perjalanan menuju destinasi tujuan, tetapi AC mobil bunyi nging, terus mengusik sepanjang jalan.

Wah kalau hal ini berlangsung sepanjang hari rasanya hari-harimu bisa terganggu ya.

Yuk, kenali dulu seperti apa penyebab AC mobil bunyi, baik itu mendengung, berdesis, hingga bunyi tek tek.

1. Kesalahan pemasangan komponen AC

Apabila kamu memasang komponen AC mobil sendiri, bisa jadi ada komponen yang kurang tepat pemasangannya.
Komponen yang tidak terpasang dengan presisi ini bisa menyebabkan AC mobil bunyi.

Cek kembali apakah terdapat komponen yang longgar atau belum terpasang dengan baik dan menyebabkan suara berisik pada AC.

Jika ingin memasang atau memperbaiki komponen AC tapi kamu belum berpengalaman, memang sebaiknya lakukan di bengkel agar AC dapat langsung terpasang dengan baik.

2. Magnetic clutch bermasalah

Penyebab AC mobil bunyi tek tek bisa disebabkan oleh masalah pada magnetic clutch.

Komponen ini merupakan bagian penting pada AC mobil karena merupakan penghubung mesin dan kompresor. Fungsi utama dari magnetic clutch adalah mengatur kerja kompresor AC.

Penyebab kerusakan bisa karena memang kualitas produknya jelek, usia pakai sudah habis, atau bisa juga karena penggunaan yang tidak tepat.

Selain menyebabkan AC mobil berisik, masalah pada magnetic clutch juga bisa menyebabkan AC jadi tidak terasa dingin.

3. Masalah puli tensioner AC

AC mobil bunyi berdecit keras saat mobil nyala? Coba cek puli tensioner pada AC mobilmu, bisa jadi bearing yang ada sudah mulai aus.

Di samping itu, jika AC mobil sering disetel mode sangat dingin atau full cold, hal ini bisa juga menyebabkan tekanan pada puli.

Puli atau pulley ini sendiri pada dasarnya merupakan bagian dari komponen magnetic clutch.

4. Evaporator yang kotor, penyebab AC bunyi mendesis

Evaporator AC mobil berfungsi sebagai penampung gas freon yang sudah diproses melalui kompresor.

Di sini, suhu dingin gas freon ditampung di evaporator sebelum nanti disalurkan ke blower.

Jika kotoran masuk dan menghambat kerja evaporator, bisa timbul suara mendesis pada AC mobil saat dinyalakan.

Kotornya saluran AC atau evaporator bisa disebabkan karena kebiasaan membuka jendela saat kondisi AC menyala atau bisa juga karena tidak rutin membersihkan karpet mobil.

5. Kehabisan gas freon 

AC bunyi mendesis juga bisa dikarenakan gas freon habis. Sebenarnya untuk mengantisipasi hal ini, kamu perlu mengisi ulang freon mobil.

Freon mobil berperan untuk mendinginkan AC mobil, sekaligus mencegah bunyi desis yang mengganggu.

6. Saluran AC bocor, pemicu AC bunyi mendesis

Apabila kamu menemukan freon habis dengan tidak wajar, segera cek apakah ada kebocoran pada saluran AC.

Kebocoran ini dapat menguras freon lebih cepat sehingga membuat AC bunyi mendesis.

Selain itu, kebocoran juga dapat menyebabkan oli cepat habis sehingga kompresor AC kekurangan oli. Ini juga bisa jadi salah satu penyebab AC mobil berisik.

7. Tersumbatnya katup ekspansi valve

Katup ekspansi memiliki peran untuk menyalurkan gas freon yang akan dialirkan melalui evaporator. Ketika katup ekspansi valve tersumbat, hal ini menyebabkan aliran gas freon semakin cepat.

Laju aliran yang tinggi ini menyebabkan bunyi desis pada AC saat dinyalakan.

8. Fan belt AC berbunyi berisik

AC mobil bunyi juga bisa berasal dari fan belt atau V-belt. Fan belt adalah komponen terbuat dari karet yang berfungsi menggerakkan dan menghubungkan komponen dalam mobil setelah mesin dinyalakan.

Penyebab fan belt AC mobil mengeluarkan suara umumnya adalah karena fan belt tidak memutar puli dengan sempurna.

Fan belt sendiri memiliki masa pakai sehingga harus diganti secara berkala. Apabila fan belt mengeluarkan bunyi, sebaiknya segera cek apakan fan belt AC perlu diganti dengan yang baru.

Cara mengatasi AC mobil bunyi

Kini kamu sudah tahu berbagai penyebab bunyi AC mobil. Kamu perlu menelusuri dulu, apakah AC bunyi mendesis, berdecit, atau mendengung ketika dinyalakan, untuk mengetahui kemungkinan penyebabnya. 

Setelah menemukan akar masalahnya, kamu bisa segera lakukan hal di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Cek freon AC mobil

Hal pertama yang perlu diperiksa adalah kadar gas freon AC mobil. Bila gas freon tidak cukup seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bisa saja timbul bunyi bising saat mesin dinyalakan.

Bila dicek ternyata kadar gas freon kurang, segera bawa ke bengkel untuk mengisi ulang freon. Hal ini juga dapat membantu menurunkan bahaya freon AC bocor bagi kesehatan.

Ya, bahaya freon AC bocor adalah dapat menyebabkan kita keracunan freon yang gejala awalnya adalah pusing, mual, atau muntah.

2. Cek evaporator dan bersihkan, cara periksa AC berbunyi berisik

Jangan lupa cek juga komponen evaporator bila AC berbunyi berisik dan mengganggu. Untuk menjangkau evaporator, komponen AC mobil perlu dibongkar dan dibersihkan.

Namun, ada baiknya jangan membersihkan ini sendiri ya. Percayakan kepada mekanik di bengkel yang kamu biasa kunjungi.

3. Bawa langsung ke bengkel, untuk atasi AC berbunyi berisik

Bila kamu tidak yakin apa penyebabnya, coba konsultasikan ke bengkel yang kamu percaya. Di sana mekanik akan mencari tahu apa permasalahan AC mobilmu.

Mereka juga akan memperbaiki AC berbunyi berisik agar tidak lagi mengeluarkan suara mendesis, mendengung, atau berdecit.

Tips perawatan AC mobil supaya awet dan tidak bunyi

AC menjadi andalan untuk kita yang hidup di iklim tropis. Terutama saat perjalanan panjang di dalam mobil, tentu AC menjadi penyelamat kenyamanan saat berkendara. 

Supaya AC mobil tetap awet terawat dan tidak mengeluarkan bunyi berisik, perhatikan beberapa hal berikut.

1. Rutin bersihkan kabin mobil

Jaga kebersihan kabin dengan membersihkannya berkala. Jarang membersihkan kabin, termasuk dasbor mobil, bisa saja membuat debu-debu yang bertengger masuk ke dalam AC dan kotoran jadi menghambat kerja AC.

Membersihkannya secara berkala turut mencegah gangguan pada AC mobilmu.

2. Jangan buka jendela terlalu sering

Mobil dengan AC didesain sedemikian rupa supaya kamu tetap betah di dalam mobil. Membuka jendela mobil bisa saja membuat kotoran masuk ke dalam kabin, bahkan masuk ke dalam lubang AC.

Boleh saja membuka jendela mobil sesekali untuk merasakan udara di luar kabin, tetapi jangan terlalu sering ya.

Saat kamu membuka jendela, sebaiknya AC juga tidak kamu nyalakan.

3. Tidak merokok di dalam mobil

Rokok mengeluarkan beragam zat kimia yang tersalurkan lewat asapnya. Nikotin bisa saja menempel, bahkan abu rokok bisa leluasa berterbangan masuk ke dalam kabin.

Abu yang berterbangan bisa juga masuk ke dalam AC mobil. Bila terjadi penumpukan, peluang terjadinya gangguan AC mobil lebih besar. Jadi, lebih baik tidak merokok di dalam mobil.

Selain itu ketika merokok, kamu akan cenderung membuka jendela tapi juga tidak mematikan AC. Ini adalah salah satu kebiasaan kurang baik yang bisa menyebabkan AC rusak dan bunyi.

4. Servis mobil rutin

Setidaknya enam bulan sekali kamu perlu melakukan service AC mobil berkala. Perawatan ini wajib adanya, untuk merawat AC mobil tetap bekerja dengan baik dan prima.

Dengan begitu, kamu bisa tetap bepergian bersama mobil kesayangan dengan nyaman tanpa perlu mendengar bunyi bising akibat gangguan.

Jangan menunggu mobil rusak baru membawanya ke bengkel. Servis rutin memang wajib kamu lakukan karena terkadang keluhan kerusakan mobil baru terasa setelah kondisinya sudah rusak parah.

Itu dia informasi seputar AC mobil bunyi dan cara mengatasinya. Jangan biarkan masalah AC mobil berisik ini terjadi berlarut-larut. Umumnya masalah AC bunyi juga bersamaan dengan masalah lain seperti AC yang tidak dingin.

Tentunya ini dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Segera bawa ke bengkel mobilmu agar penyebab masalah ini dapat diketahui dan langsung diatasi.

Simak pula ulasan mengenai blower AC mobil berisik di artikel Lifepal lainnya!

Tips dari Lifepal! Kondisi AC berbunyi berisik ini umumnya terjadi pada mobil yang berusia di atas 5 tahun. Selain bunyi “ngorok”, AC juga bisa mengeluarkan bunyi mendesis, berdecit, atau bahkan mendengung.

Kalau sudah begini, kita harus tahu di mana titik masalahnya, salah satunya dengan membedah komponen AC mobil, mulai dari kompresor AC, magnetic clutch, kondensor, dryer, expansion valve, dan evaporator. Bisa jadi salah satu masalahnya terletak pada komponen tersebut.

Simak ulasan mengenai magnetic clutch AC mobil rusak di artikel Lifepal lainnya!

Apa pentingnya asuransi mobil?

Melakukan servis mobil rutin–termasuk komponen AC mobil–memang sangat penting dilakukan demi kenyamanan berkendara.

Namun ternyata langkah-langkah seperti itu saja tidak cukup, lho. Masih ada risiko lain seperti kecelakaan hingga kehilangan yang tidak bisa sepenuhnya kamu hindari.

Maka dari itu, kamu butuh asuransi mobil. Apabila memiliki asuransi, kamu jadi tidak perlu menguras kantong apabila risiko-risiko yang tidak kamu inginkan seperti itu terjadi.

Secara umum ada dua jenis asuransi mobil, yaitu all risk dan asuransi TLO. Mana yang cocok untuk kamu? Ikut kuis asuransi mobil terbaik berikut untuk cari tahu!

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Kamu juga bisa mencari lebih dari 4000 bengkel mobil rekanan di Lifepal. Jadi, jangan tunggu nanti untuk membuat momen perjalananmu lebih nyaman!

Tonton tips memilih asuransi mobil terbaik di video ini supaya kamu bisa memilih berbagai produk yang sesuai kebutuhanmu dari beragam perusahaan asuransi di Lifepal. 

Miliki dana darurat

Selain memiliki asuransi, kamu juga seharusnya memiliki dana darurat untuk berjaga-jaga apabila ada hal-hal yang tidak kamu inginkan terjadi.

Dana darurat yang setiap orang butuhkan berbeda-beda. Ingin tahu berapa yang kamu butuh? Cek dengan kalkulator dana darurat berikut ini:

Pertanyaan seputar AC mobil bunyi

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.