Alasan Mbah Rono Gabung PDIP: Mau Nyaleg di Yogyakarta

Alasan Mbah Rono Gabung PDIP: Mau Nyaleg di Yogyakarta

Jakarta, CNN Indonesia

Pakar gunung berapi atau ahli Vulkanologi Surono yang akrab disapa Mbah Rono resmi bergabung ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ia menghadiri acara pembekalan bagi kader baru yang diberikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (30/10).

Mbah Rono mengatakan alasannya bergabung dengan PDIP ialah karena sudah mengenal partai berlambang banteng dengan moncong warna putih itu. Ia pun mengaku pernah berada di belakang layar PDIP saat duduk di bangku kuliah dulu.

“Saya familiar, mertua saya dulu mantan ranting, kemudian sekitar saya waktu saya kuliah dan sampai perjuangan tahun 98 itu saya di belakang layar karena saya PNS, itu teman-teman saya PDI dan PDI adalah partai yang terbuka sama saya dan sementara ini partai yang dewasa dan modern dan dengan bangga saya melamar di sini,” kata Mbah Rono di Sekolah PDIP, Minggu (30/10).

Mbah Rono Mau Nyaleg

Lebih lanjut, Mbah Rono menyatakan siap maju sebagai calon legislatif atau caleg PDIP pada Pemilu 2024 mendatang. Ia ingin mewakili rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Mbah Rono juga mengaku ingin ditempatkan di komisi yang membidangi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bila terpilih menjadi anggota legislatif nantinya.

“Saya dulu dari Kementerian Sumber Daya Energi dan Air Mineral. Saya mungkin lebih banyak menguasai energi, semoga bila saya terpilih saya ingin membangun energi di Indonesia sehingga Indonesia punya ketahanan di bidang energi,” ucapnya

Mbah Rono pun mengaku akan patuh dengan perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ia bilang, setiap orang yang tergabung di sebuah lembaga atau organisasi sebaiknya memiliki sikap disiplin berorganisasi

“Kita harus belajar itu. One man, one command, one decision, lainnya ikut. Dinyatakan kok di semua organisasi. Kalau organisasi tidak punya tatanan, ya, ambyar semuanya itu, lo,” kata Mbah Rono.

DPP PDIP memberikan pembekalan kepada sejumlah anggota yang baru bergabung. Beberapa dari kader baru PDIP itu merupakan tokoh nasional dari berbagai latar belakang profesi.

Mereka antara lain purnawirawan TNI/Polri seperti Letnan Jenderal TNI (Purn.) Ganip Warsito, Laksamana Madya TNI (Purn.) Agus Setiadji, Irjen Pol. (Purn.) Fakhrizal, Mayjen TNI (Purn.) Gunawan Pakki, Mayjen TNI (Purn.) F. Saud Tamba Tua, dan Brigjen TNI (Purn.) Donar Philip Rompas, kemudian mantan atlet Yayuk Basuki, serta Mbah Rono.

(mts/DAL)


[Gambas:Video CNN]



Artikel ini bersumber dari www.cnnindonesia.com.