Travel  

Alun Alun Kota Bekasi Dimana?

Alun Alun Kota Bekasi Dimana?

rekomendasi.co.id – Lokasi: Marga Jaya, South Bekasi, Bekasi City, West Java 17141Maps: Klik DisiniHTM: GratisBuka Tutup: 24 JamTelepon: –

Kota Bekasi menyimpan banyak sisi menarik yang tersembunyi, terutama di sektor dunia pariwisata. Di sini masyarakat ataupun wisatawan bisa menemukan berbagai macam obyek wisata alam yang cukup mempesona.

Untuk pusat perbelanjaan sendiri Bekasi sudah memiliki beberapa area seperti Summarecon, Grand Metropolitan, Mal Metropolitan, Bekasi Square, Revo Town dan Bekasi Cyber Park.

Selain kawasan wisata perbelanjaan, ada pula obyek wisata alam dengan suasana pemandangan indah serta menyejukkan. Salah satu contoh taman rekreasi yang menarik untuk dikunjungi di Bekasi adalah Alun-alun Kota Bekasi.

Mengenal Lokasi

Taman rekreasi Alun-alun Bekasi ini lokasinya terletak di tengah-tengah kota dan tidak jauh dari area pusat pemerintahan.

Menariknya posisinya tersembunyi dan berada areal cluster, residence, perumahan hingga pemukiman warga. Posisi tepatnya di depan RSUD atau Polreskota Bekasi.

Disebabkan lokasi yang mudah untuk dijangkau, tentu saja bisa diakses baik dari area timur, barat, selatan ataupun daerah Cikarang maupun Bandung.

Kawasan alun-alun ini memiliki cerita sejarah dimana menjadi saksi bisu peristiwa heroik yang menyeramkan yakni proses eksekusi 8 narapidana.

Hal tersebut bisa dilihat dengan adanya monumen perjuangan untuk mengenang peristiwa bersejarah didirikan di sekitar Alun-alun tersebut.

Monumen perjuangan tersebut dikenal dengan nama Tugu Bekasi dan hadir menghiasi area Alun-alun.

Selain menyuguhkan suasana sejuk, disediakan juga tempat nongkrong favorit bagi masyarakat setempat.

Taman rekreasi ini menjadi lokasi paling pas untuk menghabiskan malam bersama teman-teman, saudara ataupun komunitas.

Dan menariknya lagi, di sini juga kerap di gelar festival hingga acara keagamaan seperti Majelis Al Munawwir

Selain Tugu Perjuangan Rakyat, disini juga banyak ditemui pedagang kuliner yang menjajakan beraneka ragam makanan serta jajanan.

Saat malam hari kawasan ini akan sangat ramai. Pasalnya panorama yang dimiliki lebih eksotis dengan banyaknya lampu menerangi jalan.

Dengan panorama yang ditawarkan, suasana di sekitar pun jadi lebih romantis dan intim, sehingga membuat banyak orang senang berkunjung kesini.

Suasana merakyat bisa dirasakan di sini. Tidak ada makanan mewah seperti di restaurant mahal bisa ditemukan disini. Hanya ada jajanan khas Indonesia seperti bakso, sate, angkringan, roti bakar, jagung bakar dan kopi.

Ketika akhir pekan serta malam menjelang hari libur, area taman ini cukup dipadati oleh anak-anak muda atau komunitas yang suka nongkrong maupun sekedar berkumpul.

Tugu Sejarah

Letak Alun-alun ini tidak jauh dari area lapangan Tugu Perjuangan Rakyat atau Tugu Resolusi Rakyat yang menjadi saksi bisu bagaimana rakyat berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah Belanda.

Ada 2 peristiwa pertempuran mendasari terbentuknya tugu tersebut. Pertama adalah ketika menghadapi pasukan sekutu NICA di tahun 1946, tepatnya selang 1 tahun usai kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa ini disebabkan keinginan Belanda yang ingin menguasai Indonesia kembali usai Jepang kalah dalam Perang Dunia II.

Belanda ketika itu bergabung dengan tentara sekutu untuk merebut Indonesia. Sayangnya usaha tersebut terbaca oleh masyarakat setempat.

Sementara perisitwa kedua ini adalah rapat umum yang dilakukan oleh Panitia Amanat Rakyat Bekasi di tahun Februari 1950.

Rapat umum ini menghasilkan sebuah resolusi dengan nama Resolusi Rakyat Bekasi. Resolusi tersebut meminta kepada Pemerintah pusat untuk memberikan otonomi lebih luas kepada masyarakat Bekasi.

Dan usai disetujui pada tanggal 15 Agustus 1950, tugu ini berdiri kemudian menjadi wilayah administrasi Bekasi serta terpisah dari Jatinegara.

Tempat Kuliner

Di sini ada banyak aneka jenis kuliner dengan harga relatif murah yang aman untuk dikonsumsi anak-anak atau remaja.

Tidak jarang pula ada pertunjukan live musik dari para pengamen dan suasana lebih merakyat dengan adanya tempat nongkrong serta jajanan khas.

Objek tersebut kerap dijadikan tempat berkumpulnya para komunitas seperti para pecinta kucing, musang, fotografer hingga anak motor dan pemusik.

Dengan adanya area kuliner serta jajanan hemat, praktis membuat pengunjung betah berada di sekitar kawasan alun-alun dan menjadi tempat yang asyik untuk menghabiskan waktu.

Untuk area kuliner memang tidak ada café atau restaurant. Hanya ada warung tenda dan kaki lima saja.

Bukan hanya masyarakat lokal saja, ada juga pengunjung yang datang dari Jakarta Timur, Jakarta Utara hingga Kabupaten dari luar daerah.

Lokasinya cukup strategis dekat dengan masjid Agung Al-Barkah, ruko, hotel, hutan buatan, stadion hingga pusat perbelanjaan.

Fasilitas Yang Ada

Di kawasan wisata taman kota tersebut ada sekitar 300 pohon rindang sehingga membuat suasana di sekitarnya menjadi lebih sejuk dan indah.

Lalu ada pula fasilitas Wi-Fi sehingga membuat para pengunjung bisa mengakses jaringan internet lebih mudah dan cepat.

Selain itu, masih ada pula lampu taman, bangku taman serta WC umum hingga taman bacaan anak dan area kuliner.

Taman kota yang terletak di area seluas 2 hektar ini juga turut menyediakan jogging track untuk para pengunjung yang ingin sekedar lari santai.

Rute Menuju Taman Kota

Alun-alun ini termasuk ke dalam lingkup Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi dan alamat tepatnya di Marga Jaya.

Berdekatan dengan Masjid Agung Al-Barkah, sehingga cukup mudah untuk dikunjungi baik menggunakan kendaraan pribadi atau angkot.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa memakai bantuan aplikasi Google Map untuk mendapatkan gambar peta, denah atau akses jalur menuju Alun-alun.

error: Content is protected !!