News  

Alun-Alun Tasikmalaya, Tempat Nongkrong Paling Asik Bersama Keluarga

rekomendasi.co.id – Berlibur bersama keluarga tak harus mengeluarkan dana yang banyak untuk mendapatkan suasana yang menyenangkan. Namun anda bisa mencoba berbagai objek wisata sekitar yang juga tak kalah seru untuk dikunjungi seperti berwisata ke Alun-Alun kota. Objek wisata rakyat satu ini pasti setiap kota memilikinya.

Kali ini akan dibahas tentang Alun-Alun Tasikmalaya di Jawa Barat. Objek wisata murah untuk rakyat ini bisa dijadikan alternatif untuk liburan bersama keluarga. Keindahan pemandangan sekitar ini akan membuat anda terasa healing sejenak, namun tidak membutuhkan banyak tenaga untuk berkunjung. Berikut adalah ulasannya untuk anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Tasikmalaya

1. Pemandangan Kota yang Cantik

Alun-Alun kota bisa menjadi salah satu alternatif liburan rakyat yang tak kalah seru. Tempat berkumpulnya warga kota ini akan dibangun tepat ditengah kota sehingga aksesnya akan mudah dijangkau siapa saja. Bahkan tak jarang Alun-Alun kota dijadikan patokan arah bila ingin bepergian sehingga mudah diingat.

Karena memang di desain untuk tempat liburan rakyat, maka Alun-Alun kota tentu mempunyai pemandangan yang cantik. Desain taman yang asri dan terletak strategis akan membuat anda nyaman membawa keluarga bermain disana. Berman di taman dengan latar pemandangan kota yang cantik tentu membuat kegiatan bersantai anda lebih seru.

2. Dekat dengan Pusat Kota

Desain Alun-Alun yang memang diletakkan di tengah kota juga membuatnya lebih strategis. Letak Alun-Alun yang ada di pusat kota akan memudahkan masyarakat kota datang dari segala penjuru. Selain itu, Alun-Alun juga sering dijadikan sebagai tempat beristirahat sejenak bila lelah berkeliling kota.

Bila anda ingin berkeliling kota Tasikmalaya dengan berjalan kaki, maka anda bisa melakukannya praktis dari Alun-Alun Tasikmalaya saja. Lokasi Alun-Alun ini dekat dengan berbagai wisata seperti pusat perbelanjaan hingga aneka kuliner khas Tasikmalaya yang bisa anda coba. Anda bisa berjalan sekitar Alun-Alun pada pagi hari atau sore hari.

3. Tugu Mak Eroh dan Abdul Rozak

Alun-Alun yang terletak di tengah kota Tasikmalaya ini juga mempunyai keunikan tersendiri dengan adanya tugu Mak Eroh dan Abdul Rozak. Tugu ini menjadi salah satu ikon kota yang menarik untuk anda kunjungi. Tugu ini dibangun untuk mengenang jasa Mak Eroh dan Abdul Rozak dalam hal menjaga lingkungan hidup di era Orde Baru.

Mak Eroh adalah seorang petani yang juga dijuluki tangan besi. Mak Eroh berjasa dalam membuat irigasi pada gunung cadas selama 45 hari hanya dengan alat belincongg dan cangkul. Sedangkan Abdul Rozak juga berjasa karena berhasil membuat terowangan pada sebuah bukit untuk membantu mengalirkan air pada sawah warga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alun-Alun kota di Tasilmalaya ini berada tepatnya di Jalan Otto Iskandardinata, Empangsari, Kecamatan Tawang, Jawa Barat. Lokasi yang berada di tengah kota ini cukup mudah ditemukan. Bahkan untuk anda wisatawan yang berasal dari luar kotapun akan mudah menemukannya. Alun-Alun kota akan terletak di sekitar jalan protokol.

Selain itu, akses jalan menuju Alun-Alun Tasikmalaya ini juga sudah sangat memadai sehingga anda bisa menuju kesana baik berkendara sendiri secara pribadi maupun menggunakan alat transportasi publik. Anda juga bisa menggunakan bantuan Google Maps bila masih bingung menentukan arah dari posisi berkendara.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa berkunjung ke lokasi wisata Alun-Alun kota ini adalah alternatif liburan yang murah meriah. Bila anda membawa serta keluarga untuk mengunjungi Alun-Alun ini, maka tidak ada harga tiket masuk yang dibayarkan alias gratis. Anda bisa masuk ke dalam area Alun-Alun dengan lebih bebas.

Selain tidak ada harga tiket masuk yang dikenakan, untuk berkunjung ke Alun-Alun ini juga tidak terikat oleh jam berkunjung. Sehingga anda bisa datang kapan saja di waktu yang bebas. Aktifitas sehari hari masyarakat sekitar biasanya akan dilakukan di Alun-Alun. Seperti piknik, olahraga hingga area bermain anak.

Kegiatan yang Menarik di Alun-Alun Tasikmalaya

1. Lokasi Bermain Anak

Alun-Alun di desain untuk taman bermain yang aman bahkan untuk anak anak. Lokasi yang luas dan asri ini akan membuat keluarga dan anak anak merasa senang. Di beberapa sisi Alun-Alun juga akan disediakan spot area bermain anak yang aman. Namun bila anda membawa anak anak, tetap harus dalam pengawasan orang tua.

Walaupun area bermain di desain aman, namun tidak serta merta membiarkan anak bermain sendiri. Para orang tua bisa duduk di bangku taman yang tak jauh dari area bermain sambil mengawasi anak anak. Bila hari minggu atau libur, maka Alun-Alun Tasikmalaya ini akan lebih ramai pengunjung.

2. Piknik Bersama Keluarga

Piknik bersama keluarga tak selalu ke tampat yang jauh seperti pantai atau gunung. Anda juga bisa memilih lokasi Alun-Alun yang terletak di tengah kota untuk melakukan piknik bersama. Lokasi yang mudah dijangkau dan juga hemat biaya akan membuat anda keluarga mempunyai pengalaman liburan yang asik dan seru.

Anda bisa membawa bekal makanan dari rumah dan juga tikar sebagai alas duduk. Alun-Alun yang tak pernah sepi pada saat hari minggu atau hari libur ini akan membuat suasana piknik anda semakin menyenangkan. Namun tetap ingat untuk menjaga kebersihan ya setelah piknik dan jangan buang sampah sembarangan.

3. Lokasi Foto yang Estetik

Alun-Alun kota ini memang di desain berada di tengah kota. Sehingga latar pemandangan kota yang cantik akan membuat berkumpul di Alun-Alun menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun latar pemandangan kota yang indah ini tak hanya menarik untuk dijadikan tempat nongkrong saja, namun juga sering dijadikan lokasi foto.

Banyak foto profesional yang dilakukan di Alun-Alun Tasikmalaya karena latarnya yang estetik. Foto seperti prewedding dan foto profesional lainnya banyak dilakukan disini. Bahkan tak jarang penduduk lokal dan wisatawan luar kota pun sering mengambil foto disini untuk dijadikan kenang kenangan pernah berkunjung ke Tasikmalaya.

4. Pasar Rakyat Dan Kegiatan Lainnya

Alun-Alun yang terletak strategis di pusat kota Tasikmalaya ini juga sering dijadikan lokasi pasar rakyat dan juga kegiatan lainnya. Sehingga bila anda beruntung datang pada hari atau tanggal tertentu, maka anda akan bisa mendapatkan hiburan dan juga mencoba berbagai macam kuliner khas Tasikmalaya disana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Karena dibangun langsung oleh pemerintah daerah dan menjadi salah satu fasilitas hiburan untuk rakyat, maka fasilitas Alun-Alun ini akan terjaga dengan baik. Jangan ragu untuk berkunjung ke Alun-Alun kota karena pasti akan terdapat banyak fasilitas lengkap yang membuat anda dan keluarga nyaman bermain disana.

Beberapa fasilitas yang ada di alun-alun antara lain adalah seperti lahan parkir yang luas dan lega, Mushola untuk tempat beribadah, fasilitas umum Kamar mandi atau MCK. Selain itu lokasi Alun-Alun ini juga dekat dengan Penginapan yang bisa dipilih dengan fasilitas yang memadai. Masih banyak lagi fasilitas lain yang bisa anda nikmati.

Itulah sekilas tentang Alun-Alun Tasikmalaya yang bisa anda ketahui. Berlibur tak selalu menghabiskan banyak biaya. Anda bisa berlibur ke objek wisata yang dekat dengan kota anda dengan fasilitas yang juga tidak kalah lengkap. Yuk, jalan jalan ke Alun-Alun dan ajak serta keluarga anda bermain bersama di taman tengan kota yang cantik ini.