Apa Penyebab Suara Mesin Mobil Bensin seperti Diesel?

Apa Penyebab Suara Mesin Mobil Bensin seperti Diesel?

Meski suara mesin mobil bensin dinilai lebih halus dari mesin diesel, namun faktanya ada beberapa kondisi yang bisa membuat suara mesin mobil bensin seperti diesel.

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkendara, suara mesin mobil bensin seperti diesel juga menandakan bahwa ada masalah yang cukup serius dan harus segera diatasi. 

Kira-kira apa saja masalah yang menyebabkan suara mesin mobil bensin seperti diesel? Simak yuk ulasannya berikut ini. 

Penyebab suara mesin mobil bensin seperti diesel

Perubahan suara mesin mobil bensin seperti diesel tentu dipicu oleh beberapa masalah, dan sebaiknya jika gejala ini muncul kamu harus segera membawa mobil ke bengkel. 

Beberapa masalah penyebab suara mesin mobil bensin seperti diesel di antaranya:

1. Kekurangan oli

Oli berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan yang terjadi antar komponen mesin mobil. 

Jika jumlah oli berkurang maka gesekan antar komponen mesin akan terasa lebih kasar dari biasanya sehingga menimbulkan suara mesin layaknya diesel. 

Suara berisik yang muncul berawal dari atas pengaturan katup yang disebabkan oleh kebocoran oli. 

Ketika oli mengalami kebocoran maka komponen ring piston lama-kelamaan akan aus, dan jika tidak segera diperbaiki bisa memicu kerusakan lainnya. 

Pada beberapa mobil kebocoran oli juga ditandai dengan suara mesin yang berisik dan juga muncul bunyi yang tidak wajar. 

2. Perubahan kekentalan oli

Setiap mobil umumnya memiliki kebutuhan oli dengan tingkat kekentalan berbeda, itu sebabnya kamu harus menggunakan oli sesuai dengan saran pabrik. 

Jika kekentalan oli mobil tidak sesuai atau berubah dari standarnya, maka bisa berefek pada munculnya suara mesin yang berisik pada mesin mobil bensin. 

3. Pembakaran bahan bakar tidak sempurna

Pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna dipicu oleh penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai dengan saran buku manual kendaraan. 

Efek sampingnya adalah suara mesin atau engine knocking, biasanya juga disebut dengan ngelitik. 

Untuk  menghilangkan engine knocking atau suara mesin mobil ngelitik saat digas ini sebaiknya beralihlah ke bahan bakar yang memiliki bilangan oktan sesuai panduan pabrik. 

4. Komponen mesin bermasalah

Ketika terjadi perubahan suara mesin mobil bensin seperti diesel, maka salah satu penyebabnya bisa jadi adalah masalah pada komponen mesin terutama pada water pump dan bearing alternator. 

Jika terjadi masalah pada komponen tersebut, maka otomatis akan muncul suara berisik pada mesin mobil bensin kamu. 

5. Gesekan metal pada mesin

Suara kasar atau berisik dari mesin mobil bensin juga bisa muncul karena adanya gesekan metal pada komponen mesin.

Suara gesekan ini berasal dari connecting rod dan setang piston yang kekurangan oli, di mana kedua komponen ini akan bergesekan ketika mesin menyala. 

6. Masalah pada fan belt

Fan belt adalah komponen yang berfungsi menghubungkan putaran kipas radiator dengan alternator dan kompresor AC. 

Apabila komponen ini bermasalah maka akan muncul suara berdecit pada mesin mobil. 

Masalah paling umum yang terjadi pada fan belt di antaranya adanya penumpukan kotoran, ukuran yang tidak sesuai, serta kerusakan pada fan belt. 

Jika masalah pada fan belt tidak segera diatasi, maka fan belt bisa putus dan mengakibatkan mobil mogok.

7. Kompresor AC bermasalah

Munculnya suara mesin mobil bensin seperti diesel juga bisa disebabkan oleh masalah pada kompresor AC. 

Biasanya suara mendengung akan muncul ketika kamu menyalakan AC mobil. Penyebab dari masalah ini adalah kotoran yang menempel pada kompresor AC dan juga habisnya oli pada kompresor AC. 

8. Masalah pada bearing mobil

Bearing yang bermasalah juga bisa menyebabkan bunyi mesin mobil bensin menjadi bergaung layaknya mesin diesel. Biasanya masalah ini terlihat saat RPM naik. 

Bearing mobil pada dasarnya memiliki banyak jenis dan tipe, untuk itu apabila mengalami masalah pada bearing mobil maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel agar diperbaiki oleh teknisi yang sudah  menguasai. 

Teknisi akan menggunakan alat khusus berupa sound scope untuk melakukan pengecekan pada bearing yang bermasalah.

9. Pompa oli bermasalah

Pompa oli merupakan komponen yang bertugas untuk menyalurkan oli mesin ke komponen lain dan juga menyaring bahan bakar.

Kerusakan pada pompa oli juga berakibat pada perubahan suara mobil bensin seperti diesel. Jika tidak segera diatasi, kerusakan pompa oli juga bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin lainnya. 

10. Masalah pada katup mesin

Suara berdengung pada mesin mobil juga dapat muncul saat mesin dalam kondisi dingin, yang artinya ada masalah pada katup mesinnya. 

Pada katup mesin ini terdapat celah yang jaraknya sekitar 0,2 millimeter hingga 0,3 milimeter sesuai pengaturan dari pabrik. 

Akan tetapi seiring dengan pemakaian mobil secara rutin, jarak celah katup mesin ini akan menjadi lebih besar dan mengakibatkan adanya suara berdengung dari mesin mobil. 

Celah katup mesin ini juga bisa menyempit sehingga menimbulkan suara bergetar yang berisik. 

Solusi untuk atasi suara mesin mobil bensin seperti diesel

Suara mesin mobil bensin seperti diesel tentu cukup mengganggu bagi sebagian orang, dan tentunya bisa mengurangi kenyamanan saat berkendara. 

Untuk mengatasi masalah ini tentu saja harus dicari dulu sumber masalahnya, baru kemudian bisa dilakukan perbaikan pada komponen yang menjadi sumber masalah. 

Kamu sebaiknya meminta bantuan melalui jasa bengkel kepercayaan jika mengalami masalah suara mesin mobil bensin seperti diesel.

Selain memperbaiki komponen yang rusak, kamu juga bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah munculnya suara mesin mobil bensin seperti diesel:

1. Selalu gunakan oli yang berkualitas baik

Saat memilih oli pastikan bahwa kamu sudah menyesuaikan oli yang akan dibeli dengan oli sesuai rekomendasi atau standar dari pabrikan.

Selain lebih aman tentunya oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrik juga bisa mencegah munculnya berbagai masalah pada mesin, salah satunya suara mesin mobil bensin seperti diesel.

Hindari memilih oli hanya karena harganya yang murah, namun secara kualitas justru tidak terlalu baik untuk mobil kamu. 

2. Pastikan kebutuhan oli selalu terpenuhi

Selain memastikan kualitas oli yang akan kamu pakai, pastinya kamu juga harus selalu memperhatikan kebutuhan oli mobil kamu ya. 

Pastikan bahwa mobil kamu selalu mendapatkan stok oli yang cukup, sehingga semua komponen mesin dapat bekerja dengan optimal. 

Untuk menjaga agar stok oli tetap terjaga dengan baik, pastikan untuk selalu mengganti oli sesuai dengan jadwalnya secara teratur. 

3. Setel ulang katup mesin

Nah, seperti dijelaskan sebelumnya celah katup mesin yang mulai menyempit atau renggang bisa mengakibatkan munculnya masalah suara mesin mobil bensin seperti diesel, untuk itu rutinlah untuk melakukan pengecekan pada komponen ini. 

Celah katup yang mulai merenggang atau menyempit harus segera disetel ulang oleh teknisi agar tidak menimbulkan masalah. 

4. Servis mobil secara teratur

Melakukan servis mobil secara teratur juga penting untuk dilakukan. Selain untuk melakukan perawatan pada mesin mobil dan komponen lainnya, servis secara teratur juga dapat mendeteksi adanya potensi kerusakan. 

Melalui servis berkala ini kamu akan tahu kondisi mobil kamu seperti apa, apakah ada komponen yang harus diganti dan sebagainya. 

5. Membilas kompresor AC mobil

Masalah suara mesin mobil bensin seperti diesel juga bisa muncul karena masalah pada kompresor AC mobil. 

Karena itu kamu juga perlu memperhatikan kompresor AC mobil dan rutin membersihkannya. 

Salah satu cara untuk membersihkan kompresor AC mobil yaitu dengan melakukan flushing, yaitu proses pembersihan dan pembilasan secara menyeluruh. 

Melalui metode flushing ini semua kotoran yang mengendap di kompresor AC mobil akan dibersihkan menggunakan mesin flushing lax sampai benar-benar bersih dan tak ada lagi residu.

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Asuransi mobil merupakan produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap mobil dari berbagai resiko kerugian, misalnya saja kerusakan yang terjadi akibat tabrakan, benturan. terperosok, tergelincir, bencana alam, kebakaran, pencurian dan sebagainya.

Resiko-resiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi sebagai pihak Penanggung biasanya akan dijelaskan dengan detail pada polis asuransi. 

Dengan memiliki asuransi mobil, maka kamu tak perlu bingung dengan biaya perbaikan atau kerugian lain apabila terjadi resiko yang tidak diinginkan yang ditanggung dalam polis. 

Asuransi mobil akan menghindarkan kamu dari kerugian finansial apabila terjadi kerugian pada mobil yang kamu jaminkan. 

Selain itu asuransi mobil juga dapat memberikan manfaat lain, seperti misalnya manfaat mobil derek, ambulance, pertanggungan terhadap kecelakaan diri, dan lain sebagianya. 

Cek jenis asuransi mobil yang cocok dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

 

Tips dari Lifepal! Apabila suara mesin mobil bensin kamu seperti diesel, jangan lupa untuk melakukan pengecekan agar mobil kamu segera diatasi.

Pastikan kamu menggunakan oli mobil yang berkualitas dan cocok dengan jenis mobilmu. Jangan lupa juga untuk melakukan servis rutin setiap harinya. 

FAQ seputar suara mesin mobil bensin seperti diesel

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.