Apakah Bisa Ngecas HP di Mobil Mesin Mati? Kenali Resikonya!

Apakah Bisa Ngecas HP di Mobil Mesin Mati? Kenali Resikonya!

Seringkali pertanyaan seperti apakah ngecas HP di mobil mesin mati masih belum diketahui jawabannya oleh banyak orang. Kegiatan ngecas HP ini tentu tidak bisa dipisahkan dari jenis mobil generasi kini yang sudah memasukkan fitur pengisian baterai melalui power output.

Adanya fitur seperti ini di dalam mobil tentu akan sangat membantu saat seseorang melakukan perjalanan sedangkan baterai HP-nya mulai menipis.

Memang, sebagian besar orang akan berasumsi jika ngecas HP di mobil lewat power output dapat menyebabkan aki mobil soak.

Namun ternyata, ngecas HP di dalam mobil tidak akan berpengaruh terhadap kualitas aki selama komponen tersebut terus terisi oleh alternator. 

Sayangnya hal ini berbeda dengan kasus ngecas hp di mobil mesin mati. Kira-kira, apakah boleh ngecas hp di mobil mesin mati? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini!

Bisakah ngecas HP di mobil mesin mati?

Saat mesin mati kondisi untuk pengisian daya pada baterai HP tentu akan berbeda saat mesin menyala ataupun mobil berjalan jauh. Sebab, ngecas hp di mobil mesin mati tentu penggunaan arus untuk dapat mengisi baterai dapat mengurangi aliran arus pada aki.

Biasanya, mesin akan dimatikan saat kondisi macet. Jika kamu ngecas hp di mobil mesin mati seperti pada saat tersebut maka aki dapat berpotensi menjadi ngadat. Akibatnya, saat mesin mobil dinyalakan kembali justru malah akan mengganggu kenyamanan saat berkendara selanjutnya.

Apalagi jika posisi mesin mati namun kunci tetap on lalu kamu ngecas hp dalam keadaan tersebut tentu akan membuat aki menjadi semakin tekor sehingga lebih baik untuk dihindari

Jadi, pastikan untuk melakukan cas HP saat mesin mobil menyala melalui  lubang output lighter yang sudah tersedia. Namun tetap saja, walaupun begitu sebisa mungkin kurangi juga intensitas ngecas di dalam mobil walaupun dalam keadaan mesin hidup.

Sebab, output power yang dikeluarkan saat aki mobil tidak stabil akan mempengaruhi ketahanan baterai ponsel. 

Hal ini tentu membuatnya sangat tidak direkomendasikan untuk mengecas dalam waktu lama terlebih dalam perjalanan yang panjang. Lebih baik membawa power bank ataupun mengisi daya di tempat tujuan saja.

Resiko ngecas HP di mobil mesin mati

Saat bepergian menggunakan kendaraan, seringkali terjadi macet sehingga banyak waktu yang dihabiskan dengan membuka gadget hingga tidak sadar baterainya menipis. Namun, saat mesin mobil mati ada beberapa resiko yang dapat berpotensi membuat HP dan mobilmu mengalami kerusakan.

Beberapa resiko ngecas hp di mobil mesin mati yang perlu kamu perhatikan sehingga dapat menghindari kegiatan tersebut nantinya, yaitu adalah:

  • Aki mobil menjadi mudah soak dan cepat rusak
  • Baterai HP menggembung bahkan berpotensi untuk meledak
  • Baterai HP mengalami kebocoran
  • Potensi mobil kebakaran
  • Baterai HP mudah menjadi panas

Hal ini tentu tidak terlepas dari cara kerja pada sistem kelistrikan mobil dimana saat mesin dalam keadaan hidup, aki berada dalam kondisi konstan atau tidak berkurang sehingga dapat mengisi daya HP dengan lebih stabil.

Tentu semua itu akan berkebalikan dengan ngecas hp di mobil mesin mati dimana penggunaan arus untuk mengisi baterai dapat mengurangi arus pada aki sehingga rentan mengalami kerusakan secara cepat.

Tips aman ngecas HP di mobil

Sebenarnya, ngecas HP di dalam mobil seringkali tidak dianjurkan karena dapat mengurangi kualitas baterai ponsel maupun stabilitas aki dalam sistem kelistrikan kendaraan. 

Walaupun hampir setiap mobil saat ini telah menyematkan fitur pengisian baterai HP melalui power output, tidak dipungkiri banyak manfaat yang telah ditawarkan.

Terlebih jika kamu melakukan perjalanan jauh sedangkan baterai HP mulai menipis atau bahkan sudah tidak bisa dinyalakan sama sekali.

Namun apabila sangat dibutuhkan untuk melakukan pengisian daya di dalam mobil maka ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti, diantaranya adalah:

1. Tidak ngecas HP di mobil mesin mati

Penting untuk menghindari kegiatan ngecas HP saat mesin mobil mati. Sebab, penggunaan arus untuk mengisi daya HP malah dapat mengurangi arus pada aki. Hal ini tentu akan mendorong komponen mesin tersebut menjadi tidak stabil.

Namun jika sistem pengisiannya masih dalam kondisi bagus memang nanti akan kembali mengisi. Akan tetapi, ngecas HP di mobil mesin mati juga tidak hanya akan membuat aki cepat soak namun juga membuat HP menjadi lebih mudah rusak karena sistem kelistrikan yang terganggu.

Sebab, output yang dihasilkan aki tidak stabil inilah yang dikhawatirkan dapat menurunkan kemampuan dan kualitas baterai HP.

2. Lakukan cas saat mesin menyala

Saat mesin mobil dinyalakan, aki sedang dalam keadaan konstan sehingga arus listrik yang mengalir ke dalam HP juga jauh lebih stabil. 

Akan tetapi saat mobil berjalan, listrik yang dialirkan lewat output lighter akan mengalami naik turun sehingga akan membuat baterai menjadi cepat panas bahkan meledak. 

Oleh sebab itulah, dianjurkan untuk melakukan charge di tempat tujuan jika tidak terlalu urgent dan hanya ngecas HP di mobil saat dalam perjalanan yang singkat saja untuk mengatasi resiko kebakaran.

Tips dari Lifepal! Melakukan kegiatan seperti ngecas hp di mobil mesin mati tentu akan sangat berbahaya dan tidak dianjurkan karena output yang dihasilkan aki sedang dalam kondisi yang tidak stabil.

Jadi pastikan untuk melakukan cas HP saat mesin menyala karena aki sedang dalam keadaan yang konstan dan baiknya hanya dilakukan untuk perjalanan yang singkat saja.

Simak ulasan mengenai mobil tidak bisa distarter di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Alasan perlu punya asuransi mobil

Asuransi mobil merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan karena mampu memberikan rasa nyaman, aman dan fokus yang lebih meningkat ketika berkendara. 

Sebab seperti yang sudah diketahui, saat berlalu lintas di jalan raya tentu akan banyak resiko yang mungkin terjadi seperti kecelakaan dan juga kehilangan mobil karena tindak pencurian. 

Hal ini karena asuransi mobil akan memberikan perlindungan terhadap segala macam resiko agar nilai kerugian yang kamu hasilkan dapat dialihkan kepada pihak perusahaan asuransi.

Dimana perusahaan asuransi tersebut akan memberikan ganti rugi atas segala resiko yang terjadi pada kendaraan kamu sesuai dengan polis yang berlaku.

Apalagi biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

FAQ seputar ngecas HP di mobil mesin mati

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.