Travel  

Babakan Siliwangi, Hutan Kota yang Sejuk Nan Asri di Bandung

Babakan Siliwangi, Hutan Kota yang Sejuk Nan Asri di Bandung

rekomendasi.co.id – Babakan Siliwangi merupakan salah satu destinasi wisata alam hutan kota yang ada di Bandung, yang lokasi tepatnya ada di Kelurahan Lebak Siliwangi. Dengan sebuah ruang terbuka hijau ini memberikan peran yang sangat penting bagi keberlangsungan ekosistem alam yang baik di Kota Kembang.

Di area ruang terbuka hijau yang ada di Bandung ini, wisatawan dapat menikmati area yang masih terlihat alami dan sangat asri. Jadi saat berada disini kita akan merasa lebih fresh dan pikiran menjadi lebih tenang. Apalagi lokasi dari hutan tidak jauh dari pusat kota Bandung, sehingga masyarakat dapat menjangkau lokasi lahan hijau di perkotaan ini dengan sangat mudah.

Lalu apa saja yang menjadi daya tarik dari Babakan Siliwangi, sehingga menjadikan tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi warga Bandung ataupun dari luar kota Bandung untuk bisa menikmati kawasan ini? Disini kami akan menyajikan informasi secara lengkap tentang daya tarik dan aktivitas menarik yang bisa pengunjung rasakan saat berada di forest walk ini.

Harga Tiket & Jam Operasional Babakan Siliwangi

Untuk Anda yang ingin menikmati wisata alam dengan lahan hijau dan rindangnya pepohonan di daerah Bandung maka Babakan Siliwangi adalah pilihan tepat. Karena harga tiket masuk ke hutan kota ini gratis alias tidak dipungut biaya. Jadi Anda cukup menunjukan kartu vaksin kepada petugas yang berjaga di pintu masuk, Anda sudah dapat menikmati fasilitas, pemandangan dan suasana alam yang asri dan alami.

Untuk jam operasionalnya dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Jam berapapun Anda kesini Anda tetap akan merasakan suasana yang sejuk dan segar. Karena disini merupakan salah satu hutan kota yang ada di Bandung yang masih terawat dan terjaga keasriannya. Jadi area hijau terbuka ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan menikmati suasana yang tenang dan damai.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi Hutan Kota

Jika Anda ingin menikmati nuansa alam di Hutan Kota yang ada di Bandung tepatnya di Babakan Siliwangi, Anda dapat mengunjunginya di Jalan Tamansari Nomor 73 yang berada di Kelurahan Lebak Siliwangi atau Dusun Siliwangi yang masuk dalam wilayah Kecamatan Coblong, Bandung Kota, Provinsi Jawa Barat.

Untuk mengunjungi Baksil, Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum dengan mudah, karena lokasinya sangat dekat dengan pusat kota Bandung. Jarak dari kota Bandung ke Baksil ini hanya 6 kilometer atau menempuh perjalanan sekitar 15 menit sampai 25 menit perjalanan.

Untuk yang ingin menggunakan angkutan umum Anda bisa naik Angkot dengan jurusan Cicaheum Ciroyom dan turun di pintu masuk Sabuga. Dan untuk Anda yang menggunakan kendaran pribadi jika dari Tol Pasteur, Anda keluar dari tol menuju ke Jalan Dr Djunjunan.

Lalu Anda akan melewati sebuah Alfamart kemudian Anda belok Kanan ke Jalan Layang Pasupati, setelah itu ambil jalur menuju Jalan Tamansari sampai di rambu lalu lintas menuju ITB dan Sabuga Pluncut, setelah Anda melewati Kantor Kecamatan bandung Wetan, Anda sudah dekat dengan lokasinya.

Daya Tarik Wisata Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi atau lebih dikenal oleh warga Bandung dan sekitarnya dengan nama Baksil yang terletak di Kecamatan Combong tepatnya di Kelurahan Lebak Siliwangi. Disini Anda dapat menemukan berbagai daya tarik wisata, diantaranya:

1. Forest Walk Baksil

Daya tarik utama adalah adanya Forest Walk Baksil yang diresmikan pada tahun 2018 di tanggal 17 Januari. Dengan adanya fasilitas Forest Walki ini menjadikan pengunjung yang datang kesini bisa lebih mudah untuk menjelajah seluruh kawasan hutan kota.

Setiap hari Sabtu dan Minggu kawasan Forest Walk Baksil pasti akan selalu ramai dikunjungi oleh para anak-anak muda dan keluarga yang ingin melakukan jogging, bersepeda, ataupun hanya melakukan jalan sehat.

2. Jembatan Gantung

Saat berjalan di Forest Walk ini, ada salah satu spot yang menarik perhatian pengunjung di Babakan Siliwangi yaitu jembatan gantung. Jembatan gantung yang ada di Forest Walk Baksil ini memiliki ketinggian sekitar 2 meter dari permukaan tanah, dan pagarnya memiliki ketinggian mencapai 1 meter.

Yang menariknya lagi jembatan ini dibuat berkelok, tujuan sebenarnya adalah untuk menghindari adanya sebuah pohon besar yang ada di lokasi tersebut. Sementara terdapat juga beberapa batang kecil yang terdapat pada jalur lintasan yang sengaja dibuatkan lubang sampai nongol di tengah panel pada papan kayu yang ada pada jembatan.

3. Bird House

Di Babakan Siliwangi juga terdapat spot menarik yang dinamai dengan Bird House. Ini adalah sebuah spot yang ada di kawasan Baksil yang dibangun sebagai observasi burung yang ada disini. Karena di kawasan Baksil ini terdapat beraneka ragam jenis burung yang tinggal disini. Sehingga para wisatawan dapat merasakan suara merdu burung berkicau saat berada disini.

Untuk mengajak para pengunjung untuk melestarikan populasi burung yang ada disini, dibuatlah Bird House. Di area Bird House pengunjung dapat berlomba untuk membuat sarang burung dengan sekreatif mungkin.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Menikmati Weekend Untuk Jogging di Forest Walk Baksil

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berada di Babakan Siliwangi tentunya adalah memanfaatkan fasilitas Forest Walk untuk berolahraga seperti Jogging atau jalan sehat. Saat hari sabtu pagi atau minggu pagi, Anda bisa mengajak keluarga, teman atau kekasih untuk berolahraga disini. Jadi selain dapat berolahraga yang menyehatkan tubuh, Anda juga bisa sambil menikmati keindahan alam yang masih terjaga dan terawat dengan baik disini.

Walaupun Anda jogging di track Forest Walk yang cukup panjang, Anda tidak akan merasakan kelelahan yang berlebih. Karena di kanan kiri area ini ditumbuhi dengan pepohonan yang akan memberikan kesejukan dan udara yang masih sangat bersih. Jadi rasa lelah, letih dan capek saat berolahraga disini tidak akan terasa.

2. Hunting Foto di Spot Bernuansa Alam dan Hutan

Saat ini banyak orang yang berwisata dan tidak mau ketinggalan untuk berburu foto dan ingin dibagikannya ke media sosial. Di Babakan Siliwangi, Anda dapat menemukan banyak spot foto yang menarik untuk dibagikan ke sosial media, Anda bisa berfoto di jalur Forest Walk dengan latar belakang pepohonan yang hijau dan rindang, atau Anda juga bisa berfoto di jembatan yang memiliki desain yang unik.

3. Piknik Bersama Keluarga

Selain sering dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga saat weekend ataupun hari libur, di Baksil banyak masyarakat Bandung dan sekitarnya juga memanfaatkan tempat ini untuk piknik bersama keluarga. Disini terdapat beberapa spot yang cocok untuk dibuat sebagai tempat piknik dan bersantai bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam.

4. Berwisata Kuliner

Jangan salah bahwa di Babakan Siliwangi tidak ada kulinernya, disini Anda juga dapat menikmati wisata kuliner dengan berbagai macam makanan dan jajanan khas Bandung. Anda dapat menemukan penjual makanan menjual makanan seperti tahu sumedang, batagor, baso tahu, dan makanan khas sunda lainnya. Selain menikmati makanannya, Anda juga bisa duduk santai sambil menikmati hangatnya kopi atau minum teh hangat disini dengan sangat nyaman.

5. Bersantai Sambil Menikmati Alam

Tentunya selain aktivitas menarik yang kami sebutkan di atas, Anda juga bisa datang kesini hanya untuk bersantai sambil menikmati wisata alam ini. Disini terdapat banyak spot atau tempat duduk dan tempat untuk bersantai. Jadi saat berjalan dan merasa cukup lelah, Anda dapat duduk-duduk santai di beberapa area yang ada di Baksil.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan Babakan Siliwangi

Berbicara tentang fasilitas di hutan kota ini, tentunya sudah lumayan memadai, karena area hijau terbuka ini dikelola oleh Pemerintah Kota Bandung. Fasilitas umum seperti area parkir luas, ada warung makanan dan minuman, ada toilet atau wc umum, terdapat banyak kursi untuk duduk santai, terdapat mushola dan uniknya disini ada fasilitas WiFi gratis.

Jadi bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencoba liburan di Bandung dengan spot wisata alam gratis di Babakan Siliwangi yang memiliki fasilitas lengkap, dan memiliki daya tarik yang tentunya layak untuk dijadikan untuk tujuan liburan saat weekend bersama teman, keluarga ataupun kekasih.

error: Content is protected !!