Bagaimana Cara Merubah Mesin Mobil Bensin ke Solar?

Bagaimana Cara Merubah Mesin Mobil Bensin ke Solar?

Belakangan banyak orang yang tertarik untuk mengubah mesin mobil bensin ke mesin mobil solar atau diesel. Hal ini lantaran mesin diesel atau solar dianggap lebih handal dan juga hemat bahan bakar. Namun, apakah cara merubah mesin mobil bensin ke solar ini termasuk aman?

Untuk mengubahnya, memang kamu membutuhkan modal yang tidak sedikit karena harus mengganti beberapa komponen yang cukup kompleks.

Meskipun beberapa orang mengatakan jika cara ini bisa membuat mesin mobil jadi bermasalah, namun kamu tetap bisa melakukannya dengan cara yang tepat. 

Pastikan kamu membawanya ke teknisi ahlinya agar tidak salah dalam proses penggantian komponen mesin mobil.

Sebagai gambaran, berikut ini cara merubah mesin mobil bensin ke solar yang dikutip dari berbagai sumber. 

Cara merubah mesin mobil bensin ke solar

Untuk mengubah mesin mobil bensin ke solar, biasanya dibutuhkan beberapa alat seperti mesin diesel, set kunci, oli mesin mobil, pendingin, set baut dan mur, serta sistem pengangkat. 

1. Pasang sistem start

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasang sistem start. Pemasangan sistem start ini bisa menggunakan dudukan penopang maju diesel, kemudian semua sekrup dikencangkan. 

Gunakan lift untuk meletakkan mesin di dalam bak agar tenggelam terlebih dulu. Kemudian, perhatikan bagian modul penyangga mesin diesel di bagian belakang, posisinya harus tepat jatuh pada alur pemasangan bodi. 

Setelah itu, pasang palang bagian depan dengan tegak lurus, lalu lumasi semua sekrup, pasang, dan kencangkan. 

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah balok bagian depan jangan sampai menerima beban yang berat hingga baut sudah dikencangkan semua. 

2. Pasang balok karet

Cara berikutnya yakni dengan mulai pemasangan balok karet. Letakkan balok karet pada dudukan balok kemudian dikencangkan dengan balok. 

Setelah itu, mulai pasang balok karet di tempat yang sesuai dan periksa lagi apakah sudah pas atau belum. Saat perangkat pengangkat atau lift selesai maka kamu bisa melepaskannya. Kemudian, sambungkan kabel jaringan untuk melakukan pemeriksaan pengoperasian mekanisme.

3. Lakukan uji transmisi

Cara berikutnya yakni dengan melakukan uji transmisi untuk fungsionalitas, lalu mengganti persneling dan menyesuaikan kabel jika diperlukan.

Setelah itu, aktifkan speedometer dan juga sistem penggerak mundur. Lalu, pasang sistem kopling dan mulai mengeluarkan udara dari hidrolik. 

4. Tambah cairan pendingin

Ketika langkah-langkah di atas sudah selesai, kamu bisa menambahkan cairan pendingin dan langsung mengamati konsistensinya. 

Jangan lupa juga untuk menghubungkan kabel katup throttle dan tempatkan harness listrik untuk melewati node suhu tinggi. Kemudian, periksa kerja mesin mobil kam

5. Lakukan evaluasi

Apabila kamu sudah melakukan beberapa cara di atas tetapi mobil malah tidak bisa hidup atau mengeluarkan suara yang tidak biasa, sebaiknya jangan diteruskan, ya. Bisa jadi ada kesalahan dalam pemasangannya. 

Kamu bisa melakukan pembongkaran pada semua sistem dengan urutan terbalik, atau melakukan instal ulang. Agar lebih aman, sebaiknya bawa mobil kamu ke bengkel yang terpercaya. 

Apakah aman mengubah mesin bensin ke solar?

Mesin diesel atau solar terkenal irit dan juga handal. Tak heran jika banyak orang yang ingin mengubah mesin bensin ke solar. Namun, apakah prosedur ini termasuk aman?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika mengubah mesin bensin ke solar tidaklah mudah. Sebab, kamu harus mengganti komponen mesin yang kompleks dan biayanya pun mahal. 

Namun, bukan tidak mungkin. Kamu tetap bisa mengubah mesin bensin ke solar asalkan memilih mesin yang tepat atau berasal dari pabrikan yang sama.

Agar lebih aman kamu sebaiknya tetap melakukan konsultasi dengan teknisi ahlinya dan jangan melakukannya sendiri di rumah, ya. 

Sebagai pertimbangan, daripada melakukan modifikasi seperti ini yang membutuhkan modal besar dan penuh risiko, kamu disarankan untuk membeli mobil dengan mesin diesel saja yang sudah jelas. 

Kamu bisa membeli mobil dengan mesin solar bekas agar harganya lebih terjangkau. 

Kelebihan dan kelemahan mesin bensin dan mesin solar

Berikut ini rangkuman kelebihan dan kelemahan mesin bensin vs mesin solar yang bisa menjadi pertimbangan kamu saat akan membeli mobil baru.

Mesin mobil Kelebihan Kelemahan
Mesin bensin
  • Suara mesin lebih halus
  • Ada banyak pilihan mobil yang tersedia
  • Harga mobil lebih murah
  • Tenaga cukup besar dan cocok untuk perjalanan jauh
  • Akselerasi lebih terasa
  • Kerusakan mesin mudah diketahui
  • Mesin mobil lebih ringan
  • Untuk biaya overhaul tidak mahal
  • Menimbulkan polusi yang lebih bersih
  • Tidak selincah mesin solah ketika stop and go
  • Mesin lebih rentan rusak jika ada banjir atau terendam air
  • Bisa mengalami knocking mesin kalau bensin tidak sesuai dengan oktan yang sudah dianjurkan
  • Torsi maksimal hanya bisa didapat saat putaran mesin tinggi
  • Torsi rendah, jadi kurang pas untuk membawa barang dengan beban berat
Mobil diesel atau solar
  • Torsi maksimum bisa tercapai dengan mudah pada rpm yang rendah
  • Kuat untuk membawa beban berat, khususnya di tanjakan
  • Mesin lebih kuat
  • Bahan bakar lebih irit dengan kapasitas mesin sama
  • Lebih tahan jika menerjang banjir atau ada genangan air
  • Tidak ada komponen pengapian, sehingga tidak perlu melakukan pengecekan berkala atau terlalu sering
  • Mesin lebih tahan lama
  • Suara mesin mobil lebih keras dan juga bergetar
  • Tidak bisa dioperasikan pada rpm tinggi
  • Akselerasi lebih lambat
  • Harga spare part lebih mahal
  • Biaya pajak lebih tinggi
  • Sensitif bahan bakar apabila menggunakan teknologi common rail

Cara merawat mesin bensin dan mesin solar

Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan mesin bensin vs mesin solar, kini saatnya kamu mengetahui perawatan mobil untuk mesin bensin dan juga mesin solar. 

Hal ini dilakukan agar mesin bensin dan mesin solar kamu bisa awet dan menghasilkan tenaga yang maksimal, ya. 

Cara merawat mesin bensin

Cara merawat mesin bensin cukup mudah, yakni kamu harus memperhatikan beberapa bagian. Berikut di antaranya:

1. Periksa cairan mesin mobil

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan rutin memeriksa cairan pada mesin mobil kamu, ya. Seperti minyak rem, minyak power steering, oli mobil, hingga air radiator. 

Cairan ini memiliki peranan yang penting untuk mesin mobil diesel kamu dan mampu meningkatkan performa kendaraan kamu. Kamu bisa memeriksa cairan ini saat melakukan servis mobil di bengkel, ya. 

2. Periksa v belt mesin

Langkah kedua yakni rutin memeriksa v belt mesin secara berkala agar performa mesin mobil kamu tetap bagus. V belt mesin mobil ini biasanya sudah aus pada beberapa kilometer, sehingga perlu dicek dan diganti secara berkala. 

3. Gunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai

Setiap pabrik mobil tentunya sudah memberikan rekomendasi bensin dengan nilai oktan tertentu agar mobil kamu bisa melaju dengan baik. Jadi, sebaiknya gunakan bensin dengan nilai oktan yang sesuai, ya.

4. Rutin periksa aki mobil

Langkah selanjutnya yakni rutin memeriksa aki mobil, ya. Sebab, aki mobil merupakan komponen yang cukup penting terutama dalam menghasilkan tenaga untuk menggerakan mobil kamu.

Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi aki mobil ketika kamu menservis mobil setiap bulannya. 

Cara merawat mesin solar

Perawatan mesin solar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mesin bensin. Namun, tetap ada perbedaannya berikut ini.

1. Menggunakan bahan bakar yang sesuai

Seperti mobil dengan mesin bensin, mesin solar juga harus menggunakan bahan bakar yang sesuai agar performa mobil tetap bagus. Pastikan kamu membeli solar yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrik, Jika menggunakan bahan bakar dengan sulfur tinggi, maka performa mesin bisa saja menurun.

2. Rutin ganti oli mesin

Agar performa mobil diesel kamu bagus, jangan lupa juga ya untuk rutin mengganti oli mesin mobil kamu setiap enam bulan sekali. Hal ini bisa membuat komponen mesin diesel jadi tetap bagus.

3. Cek kualitas filter bahan bakar

Filter bahan bakar ini berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang akan masuk ke dalam sistem injeksi. Jika sudah kotor, biasanya lampu indikator akan muncul dan sebaiknya segera dibersihkan, ya.

4. Panaskan mesin mobil 

Sebelum digunakan, sebaiknya rutin memanaskan mesin mobil terlebih dahulu, ya. Kira-kira sekitar 2 menit agar pelumas sudah tersebar merata ke seluruh komponen mesin. 

Lakukan idle selama satu menit, kemudian matikan mesin jika memang mobil tidak akan digunakan. Dengan cara ini mesin mobil solar atau diesel kamu akan awet.

Itu dia beberapa informasi terkait cara merubah mesin mobil bensin ke solar serta cara perawatannya.

 

Tips dari Lifepal! Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengubah mesin bensin ke mesin solar merupakan hal yang tidak mudah. Kamu harus mengganti komponen mesin mobil dengan biaya yang tidak sedikit. Pengerjaannya pun rumit dan berisiko.

Jadi, ketika kamu ingin memiliki mobil diesel, sebaiknya langsung saja membeli mobil diesel. Memang mungkin pilihan mobil diesel tidak sebanyak mobil dengan mesin bensin, namun tentunya pengeluaran kamu jadi tidak membludak dan dijamin lebih aman. 

Belum lagi kamu juga perlu mendapatkan izin dari pihak kepolisian lalu lintas untuk perubahan mesin mobil kamu. Jadi, sebaiknya dipertimbangkan karena prosesnya sendiri cukup ribet.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Penting membeli asuransi mobil

Jika akhirnya kamu memutuskan membeli mobil baru dengan mesin diesel, jangan lupa untuk membeli juga asuransi mobil, ya.

Sebab biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Asuransi mobil akan memberikan jaminan perlindungan atas kerugian yang kamu alami akibat mobil rusak, mobil baret, dan lain sebagainya. 

Jadi, keuangan kamu akan tetap aman. Kamu hanya tinggal membayar premi asuransi mobil setiap bulannya dengan harga terjangkau.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar cara merubah mesin mobil bensin ke solar

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.