Tekno  

Bawa Desain Kekinian dan Kamera 50 MP

Bawa Desain Kekinian dan Kamera 50 MP

Techbiz.id – Menjelang tutup tahun 2022, realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia. Ya! realme telah telah mengumumkan bahwa mereka akan merilis satu smartphone baru yang menyasar segmen entry-level. Smartphone tersebut adalah realme C33.

Di pasar smartphone entry-level di Indonesia, realme memang menyodorkan realme C Series. Bukan hanya sekadar menyodorkan, realme juga mengemas smartphone tersebut dengan “key point” yang bisa menarik perhatian banyak penggemar gadget di Tanah Air.

Sebagai contoh, realme telah meluncurkan realme C35 di Indonesia pada awal April 2022. Key point yang disodorkan dari realme C35 adalah bezel flat right-angle yang terbuat dari bahan pelat 2D. Tak hanya itu, smartphone ini juga membawa desain Ultra Slim Dynamic Glowing.

Ya! Punya desain Ultra Slim Dynamic Glowing, ini membuat realme C35 terlihat begitu premium dan trendi, meskipun sebenarnya ditempatkan oleh realme di segmen entry-level. realme C35 juga dijanjikan oleh realme memiliki jaminan kualitas yang sebanding dengan harganya.

Tak hanya realme C35, realme juga meluncurkan realme C Series lainnya di pasar Indonesia, yakni realme C31. Sama seperti realme C35, realme juga menyodorkan realme C31 dengan desain yang terlihat begitu premium.

Ini ditandai dengan mengadopsi Ultra Slim Dynamic Texture Design, terlihat dinamis dengan sensor sidik jari di sisi samping perangkat yang reponsif. Ketebalannya hanya 8,4 mm, menjadikannya salah satu smartphone tertipis dan desain paling stylish di segmen harganya.

Lalu, bagaimana dengan realme C33 yang diperkenalkan secara resmi oleh realme pada tanggal 25 Oktober 2022? Menariknya, TechBiz.ID berkesempatan untuk melakukan review realme C33 yang dibanderol seharga Rp1 jutaan tersebut.

Review realme C33

Desain

Seperti yang sudah disinggung di atas, realme menyodorkan realme C Series untuk pengguna entry-level. Meski begitu, seri lini smartphone tersebut dirancang dengan desain yang ciamik, jika tak mau disebut kekinian. Tak terkecuali, realme C33 yang baru saja dirilis oleh realme.

Harus diakui, ketika realme C33 dikeluarkan dari kotak kemasannya yang didominasi warna kuning, ciri khas realme, TechBiz.ID sempat tersenyum sumringah. Bagaimana tidak! realme C33 memang membawa desain yang bisa dibilang kece.

Namun, sebelum kita membahas desain dari realme C33, ada baiknya mengetahui isi kotak kemasannya. Ya! Seperti yang sudah disebutkan, smartphone ini dibungkus dengan kotak berwarna kuning, dan tertulis di bagian depannya “C33” serta tagline “KUALITAS TERDEPAN”.

Sementara, di bagian belakang dari kotak kemasan, kita akan menemukan empat spesifikasi kunci dari realme C33, mulai dari kapasitas baterai yang dimiliki, dukungan kamera, hingga chipset yang disematkan oleh realme ke dalam realme C33.

Tak hanya itu, realme juga mencantumkan besaran RAM serta kapasitas penyimpanan internalnya. Ya! Realme C33 yang direview oleh TechBiz.ID adalah varian 4 GB/64 GB pilihan lainnya adalah 4 GB/128 GB. Sementara, untuk warnanya adalah Laut Malam alias Night Sea. Ada pilihan warna lainnya, yakni Aqua Blue.

Ketika kotak kemasannya dibuka, kita akan menemukan lembar Petunjuk Penggunaan dan Kartu Garansi. Sementara, unit realme C33 dibungkus dengan plastik transparan. Ada juga SIM Ejector, kabel microUSB serta kepala charger berwarna putih.

Sekarang, mari kita bahas desain dari unit smartphone-nya, realme C33. Ya! Desain smartphone ini memang dirancang oleh realme dengan sedemikian rupa sehingga benar-benar menarik perhatian TechBiz.ID.

Mari kita lihat bagian belakangnya! Panel bagian belakang dari realme C33 ini memang terbuat dari plastik polikarbonat. realme menyebutkan bahwa konsep desain yang ditawarkan adalah Desain Laut Tanpa Batas.

Berkat pemrosesan tingkat mikron dan litografi, panel belakang smartphone ini hadir dengan efek cahaya visual dinamis, ini bisa dilihat dari sudut yang berbeda. Dilapisi dengan tekstur komposit pasir yang berkilauan dan lapisan yang cerah untuk memberikan efek aliran air yang jernih dan transparan.

Meski terlihat begitu menarik, namun bagian belakang smartphone ini masih memiliki kekurangan. Ya! Apalagi jika bukan mudah meninggalkan sidik jari. Jadi, bisa dikatakan, bagian belakang smartphone ini mudah kotor.

Kekurangan lainnya, bagian belakang smartphone ini yang terbuat dari plastik polikarbonat akan mudah tergores jika kita salah meletakkannya, seperti di dalam kantong celana bersama uang logam atau kunci.

Jika tertarik membeli realme C33 dan ingin melindungi bagian belakang smartphone tersebut dari goresan, kita pun harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli casing. Ya! Dalam paket penjualannya, realme memang tidak menyertakan casing untuk smartphone tersebut.

Masih dengan bagian belakangnya, realme juga menghiasi realme C33 dengan dua kamera belakang. Keduanya disusun vertikal dengan lensa yang begitu mencolok, tanpa tonjolan yang mengganggu. Ada juga dukungan LED flash dan teks bertuliskan “Matrix AI Camera”.

Lalu, bagaimana dengan bagian depannya? realme C33 datang dengan panel layar kaca IPS LCD berukuran 6,5 inci dan memiliki resolusi HD+ alias 720p+. Ada juga dukungan kamera depan dengan desain wadah sentuhan model lawas, yakni poni tetesan air hujan.

Layar smartphone ini juga datang dengan rasio screen-to-body mencapai 88,7%. Sementara, tingkat kecerahan layarnya mencapai 400 nits, yang masih begitu nyaman ketika digunakan di bawah paparan sinar matahari. Ini juga punya 120Hz touch sampling rate.

Sama seperti panel bagian belakangnya, realme juga tidak membekali layar kaca di bagian depannya dengan screen protector. Ya! Kita yang tertarik membeli smartphone ini dan untuk menjaga layarnya agar tidak mudah tergores harus menambahkan dengan screen protector.

Hal lainnya yang membuat desain realme C33 begitu menarik di mata TechBiz.ID adalah frame yang dibuat mengotak. Ya! Meski menggunakan frame yang terbuat dari plastik, tapi sentuhan akhirnya memberi rasa nyaman ketika tangan menggenggam smartphone tersebut.

Tombol daya yang terintegrasi dengan pemindai sidik jari di tempatkan di sisi frame sebelah kanan. Di atasnya, ada tombol volume, sedangkan di sisi frame sebelah kiri, kita akan menemukan slot untuk menampung SIM Card dan microSD Card.

Di sisi frame bagian atas nampak polos, sementara di sisi frame bagian bawah, realme menempatkan port jack audio 3.5mm yang bersanding sejajar dengan lubang mikrofon, port microUSB, dan grill speaker.

Penasaran dengan dimensi smartphone ini? realme C33 memiliki dimensi dengan ukuran 164,2 x 75,7 x 8,3 mm dan beratnya adalah 187 gram. Ya! Dengan ketebalan hanya 8,3 mm, realme sesumbar bahwa ini adalah realme C Series yang masih membawa desain “Ultra Slim”.

Review Performa realme C33

Tentunya tak sedikit yang bertanya-tanya mengenai performa yang ditawarkan oleh sejumlah produsen smartphone yang merilis perangkat seharga Rp1 jutaan. Pertanyaan yang sama tentunya juga akan datang ke realme yang begitu percaya diri untuk memasarkan realme C33.

Ya! Jika kita berbicara mengenai performa dari realme C33, smartphone ini hanya dibekali chipset Unisoc Tiger T612. Ini adalah chispet yang dikembangkan dengan fabrikasi 12nm. Sementara, untuk GPU-nya, chipset ini telah terintegrasi dengan Mali G57.

Unisoc Tiger T612 memiliki konfigurasi CPU Octa-core dengan komposisi 2 x Cortex-A75 dengan clock speed 1,8 GHz dan 6 x Cortex-A55 dengan clock speed 1,8 GHz. Seperti yang telah disebutkan, realme C33 yang ada di tangan TechBiz.ID memiliki RAM 4G dan ROM 64 GB.

Jika dirasa kapasitas penyimpanannya terbilang kecil, tentunya kita tak perlu risau. Pasalnya, realme masih membekali realme C33 dengan wadah untuk kartu microSD hingga 1 TB. Menariknya, smartphone ini juga masih mengusung konsep kartu microSD dedicated.

Jika sudah tahu chipset yang digunakan, RAM dan ROM-nya, kini cari tahu kapasitas catu daya yang dimuat oleh realme ke dalam realme C33. Ya! Meski datang sebagai smartphone entry-level, realme telah membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Punya kapasitas baterai hingga 5000 mAh, tentu saja realme C33 bisa dipakai 1,5 hari dalam pemakaian normal, seperti berselancar di internet, cek e-mail, nonton film atau menikmati lagu di waktu senggang dan kepo dengan status teman-teman di media sosial.

Bagaimana jika realme C33 dipakai untuk bermain game, seperti PUBG Mobile atau Mobile Legend: Bang Bang? Dipakai untuk bermain kedua game tersebut, masing-masing satu jam, baterai yang terkuras adalah sebesar 9%.

Tak perlu khawatir ketika baterai smartphone ini tersisa kapasitasnya hanya tinggal 5%. Bisa langsung mengaktifkan opsi Ultra Saving Mode, sehingga smartphone ini dapat bertahan hingga 43,6 jam (standby).

Tak hanya dipakai sehari-hari sebagai daily driver selama satu minggu, TechBiz.ID juga melakukan proses benchmark terhadap realme C33. Aplikasi benchmark yang digunakan adalah 3DMark, GeekBench 5, dan AnTuTu Benchmark 9. Hasilnya bisa dilihat di bawah ini:

review realme c33

Satu hal yang juga harus diketahui oleh penggemar gadget di Tanah Air yang tertarik membeli realme C33, smartphone ini sudah dibekali antarmuka realme UI S Edition berbasis Android 12. Ya! Ini adalah realme C Series pertama yang berjalan dengan Android 12.

Review Kamera realme C33

Tak hanya mempermanis dengan cara menyodorkan desain kekinian, realme juga mengemas realme C33 dengan dukungan kamera belakang yang mengejutkan. Ya! Smartphone ini datang dengan kamera utama 50 MP di bagian belakang.

Memang ada dua kamera di bagian belakang perangkat yang disematkan oleh realme. Kamera kedua adalah sensor kedalaman dengan resolusi 0,3 MP. Sementara, di bagian depan, realme mencantumkan kamera 5 MP dengan bukaan lensa f/2.2.

Mengusung kamera utama 50 MP, kemampuan AI di kamera smartphone ini juga diklaim oleh realme mengalami peningkatan yang signifikan. Secara cerdas, dukungan tersebut mampu mengonfigurasi pemotretan baik siang maupun malam di sejumlah kondisi pencahayaan yang kompleks.

realme juga sudah membenahi dukungan kamera pada smartphone ini dengan meningkatkan kemampuan algoritma CHDR terbaru. Secara efektif dukungan tersebut mampu meningkatkan efek penekanan sorotan saat mengambil foto di siang hari yang cerah.

Tentu saja, untuk mendapatkan foto dengan resolusi tinggi bisa memanfaatkan opsi 50MP yang bisa ditemukan di dalam menu More. Opsi lainnya yang tersedia adalah Pro, Panorama, Time-Lapse, dan Night untuk kebutuhan memotret malam hari.

Sementara, untuk menciptakan foto dengan sentuhan yang lebih menarik, bisa memanfaatkan pilihan filter yang tersedia. Tak main-main, ada 13 pilihan filter yang bisa dimanfaatkan, mulai dari Light, Helo, Kelvin, Nostalgia, Vivid hingga Mono dan History.

Lalu, bagaimana dengan kamera depannya? Seperti yang telah disebutkan bahwa realme C33 telah dibekali kamera depan 5 MP. Sudah barang tentu, punya resolusi seperti itu, kebutuhan kamera depan untuk foto selfie atau video call sudah lebih dari cukup.

Ketika dipakai untuk merekam video, kamera utama 50 MP yang terpasang pada realme C33 ini mampu menciptakan video dengan resolusi hingga 1080p @30fps. Berikut ini beberapa contoh foto yang dibidik menggunakan realme C33:

Kesimpulan review realme C33

Sudah diluncurkan secara resmi di Indonesia, tentunya realme C33 juga membawa banyak hal menarik. Ya! Ini adalah smartphone entry-level yang diciptakan oleh realme dan membawa desain kekinian. Berdasarkan hasil review, cukup pantas jika realme C33 adalah “most stylish design” di segmennya.

Desain yang ditawarkan terinspirasi dari laut tanpa batas yang menarik. Sementara, sisi-sisi frame-nya dibuat mengotak, sehingga menambah kesan nyaman saat digenggam. Bodinya juga memiliki ketebalan hanya 8,3 mm.

Hanya saja, jika tertarik untuk membeli realme C33, kita harus rela mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli casing dan juga screen protector. Ini untuk melindungi desain cantik realme C33 agar tidak mudah tergores.

Tentu saja, nilai jual lainnya yang ditawarkan oleh realme adalah dukungan kamera utama 50 MP. Meski bukan jadi yang pertama, setidaknya realme sudah begitu berani untuk menaikkan kelas realme C33 agar bisa sejajar dengan kebanyakan smartphone lainnya yang menawarkan kamera utama 50 MP.

Penasaran dengan harganya? Realme C33 dengan varian 3 GB/32 GB dibanderol dengan harga Rp1.599.000 DAN bisa didapatkan di reealme.com dan e-commerce ternama lainnya.

Jika tertarik dengan varian penyimpanan internal yang lebih besar, ada opsi 4 GB/64 GB yang dijual dengan harga Rp1.799.000 dn khusus dijual di platform TikTok.

Baca juga:

Artikel ini bersumber dari techbiz.id.