Travel  

Beberapa Potret Indahnya Kota Bekasi Tempo Dulu dan Sekarang Dari Siang Hingga Malam Hari

Beberapa Potret Indahnya Kota Bekasi Tempo Dulu dan Sekarang Dari Siang Hingga Malam Hari

rekomendasi.co.id – Bekasi kini telah menjelma menjadi salah satu kota yang sangat berkembang di Indonesia. Sekarang, sebutan kota metropolitan pun kiat melekat kepada kota tersebut.

Bahkan tak jarang, beberapa jurnal memuat kota Bekasi sebagai “The Next Megapolitan in Indonesia”. Bagaimana tidak, perkembangan daerah di Jawa Barat tersebut begitu pesat.

Setidaknya ada 14 pusat perbelanjaan besar atau mall di kota ini, 2 tol akses utama yang menghubungkannya dengan Jakarta dan masih banyak lagi fasilitas umum lainnya seperti RSUD, Alun-alun, hotel, kolam renang, pasar modern, taman, polres, stadion, dll.

Bukan hanya itu aja, Bekasi juga punya sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi dan cocok buat sekedar menghilangkan penat dari setumpuk aktivitas sehari-hari.

Tempo Dulu

Kamu pernah membayangkan bagaimana gambar kota Bekasi pada masa lampau? Sebelum ada mall-mall mewah, gedung-gedung perkantoran, jalan tol, pasar modern, RSUD dengan peralatan canggih dan taman-taman kota?

Menurut legenda, Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri adalah sebutan Bekasi pada tempo dulu, saat menjadi ibukota kerajaan Tarumanegara yang luasnya mencakup wilayah Depok, Sunda Kelapa, Bogor, Cibinong, Bekasi, hingga Sungai Cimanuk di daerah Indramayu.

Wilayah Bekasi pun tercatat sebagai daerah yang banyak memberikan informasi tentang Tatar Sunda pada masa lampau. Dibuktikan dengan ditemukannya 4 prasasti kebantenan.

Untuk masalah ekonomi, Bekasi ditunjang oleh kegiatan perhotelan, perdagangan dan juga restoran yang awalnya bermula di sepanjang jalan Ir.H Juanda, 3 kilometer dar Alun-alun hingga kawasan terminal.

Dan sejak tahun 1993, kawasan jalan Ahmad Yani pun semakin berkembang, seiring bermunculannya beberapa mall serta sentra-sentra niaga. Pertumbuhannya kian mengalami perkembangan hingga ke wilayah kota Harapan Indah.

Dan setelah mengalami perjalanan panjang, akhirnya Bekasi berubah menjadi sebuah kota besar seperti sekarang ini. Wilayahnya sendiri terbagi menjadi 4 bagian yaitu wilayah utara, timur, selatan serta barat.

Potret Masa Sekarang

Nah, dengan seiring perkembangan zaman, sekarang Bekasi dipercaya sebagai tempat tinggal dan kerap menjadi buruan bagi pasangan-pasangan muda. Selain itu, investasi juga menjadi alasan selanjutnya.

Hal tersebut tentunya dipicu dengan dibangunnya kota-kota mandiri dengan berbagai fasilitas mumpuni seperti sport center, pusat pelayanan kesehatan, mall dan juga tak lupa tempat berburu kuliner.

Selain itu, Bekasi juga semakin dilirik oleh banyak perusahaan kelas dunia. Kondisi ini akhirnya menjadikan kota tersebut sebagai basis dari industri nasional dan memiliki kontribusi besar untuk perekonomian negara.

Berkembang pesat dalam 15 tahun terakhir juga membuat Bekasi menyediakan berbagai jenis hiburan bagi warga kotanya yang berjumlah 6 juta orang. Mulai dari taman, hutan kota, mall dan berbagai objek wisata lainnya.

Keindahan Siang Hari

Tak hanya menjadi pusat bisnis beberapa perusahaan terkenal, Bekasi juga memiliki sederet hal menarik yang sayang untuk dilewatkan saat siang hari, entah itu objek wisata alamnya atau spot kekinian yg ada disana.

Menjelajahi keindahan objek-objek dengan spot instagramable atau berburu aneka kuliner enak nan lezat khas Bekasi juga menjadi agenda yang pas untuk melepas kepenatan dari rutinitas pekerjaan di siang hari.

Malam Hari

Tak hanya menyuguhkan keindahan di siang hari, Bekasi juga punya wajah berbeda saat malam hari, ketika matahari sudah kembali ke peraduannya. Nah, kamu sudah pernah menyaksikannya?

Kalau belum, kamu boleh datang ke Sky Lounge & Resto yang terletak di lantai 16 Aston Imperial Bekasi Hotel & Conference Center. Dari sini, kota penyangga ibukota kita yang sibuk dengan ornamen kemacetan tersebut akan tampil indah dipandang dari balik kaca-kaca disana.

Dari Ketinggian

Tak hanya siang dan malam hari saja, Bekasi juga memberikan tampilan berbeda saat dilihat dari ketinggian. Kegiatan satu ini tentunya akan memberi kesan yang sangat berbeda karena panoramanya begitu indah dan berbeda.

Keindahan dari ketinggian ini bisa kamu saksikan dari beberapa gedung-gedung pencakar langit di kota Bekasi seperti dari Grand Dhika City, Kemang View Apartement, Apartemen Mutiara, M Gold Tower, Hotel Harris Summarecon, AmmarosaGrande, Hotel, dll.

Dari sejumlah gedung skyscrapercity tersebut, kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dengan tampilan berbeda. Coba deh sesekali mengunjungi gedung pencakar langit yg disebut.

Objek Wisata Kece

Menjadi salah satu kota yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Indonesia, Bekasi juga layak disejajarkan dengan kota-kota lainnya sebagai destinasi wisata.

Selain mall, Bekasi yang merupakan bagian dari kota megapolitan Jabodetabek ini juga punya sejumlah objek wisata menarik, sehingga tak ada alasan buat kamu tidak mengunjunginya.

Berikut beberapa objek wisata terbaik yang Bekasi punya dan layak buat kamu jadikandestinasi dikala liburan ataupun sebagai tempat untuk melepas penat dari rutinitas sepekan lengkap beserta penjelasan singkatnya.

    Situ Gede

Situ Gede

Situ Gede ini terletak kawasan Hutan Dramagadan memiliki luas sekitar 6 hektar. Berbagai aktivitas menarik bisa kamu lakukan disini, dari mulai menyusuri danau dengan perahu, memancing ataupun sekedar berjalan-jalan.

Situ Gede cukup terkenal lho, terbukti seringkali dijadikan sebagai lokasi syuting film ataupun sinetron. Selain itu, spot ini juga kerap menjadi tempat perlombaan memancing. Jadi tidak heran kalau disini tidak pernah sepi pengunjung.

    Taman Bundaran Komsen

Taman Bundaran Komsen

Lokasi dari Taman Bundaran Komsenletaknya sangat strategis, sehingga cukup mudah untuk dijangkau. Berada di pinggir jalan dan tidak begitu luas.

Kehadiran Taman Bundaran Komsen ini sedikit menyegarkan bagi para pengendara yang sedang terjebak di tengah kemacetan kota Bekasi. Terlebih lagi saat malam tiba, keindahannya akan semakin terlihat dengan kehadiran air mancur dan lampu warna-warni.

    Taman Jatiasih

Taman Jatiasih

Spot satu ini letaknya tidak jauh dari Taman Bundaran Komsen dan menjadi tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi nongkrong.

Letaknya juga berada di pinggir jalan. Tak perlu membawa peta untuk menemukannya, karena petunjuknya cukup gampang. Dimana ada tulisan “Taman Jatiasih” sebagai simbol dari keberadaan spot tersebut.

    Curug Parigi

Curug Parigi

Kota yang baru melakukan pergantian sketsa logo ini juga ternyata punya objek wisata alam yang sangat indah lho, salah satu contohnya yaitu Curug Parigi di daerah Bantargebang.

Menurut para wisatawan, Curug Parigi adalah Niagara Mini-nya kota Bekasi. Selain menyuguhkan pemandangan indah, kamu juga akan ditantang dengan trek yang cukup sulit dan lokasinya pun terbilang agak tersembunyi.

    Pantai Muara Gembong

Pantai Muara Gembong

Jangan salah, Bekasi juga punya keindahan alam lainnya yang panoramanya tak kalah mempesona dan sangat sayang untuk dilewatkan, namanya ialah Pantai Muara Gembong.

Pantai ini sudah cukup terkenal di Bekasi. Selain itu, disini kamu juga bisa menikmati pemandangan hutan bakau dengan fauna endemiknya yakni lutung hitam dan burung-burung. Bahkan ada wisata tambak yg siap memanjakanmu.

Keindahan pantai ini juga sudah banyak dituangkan dalam bentuk gambar karikatur ataupun foto-foto lho, kamu bisa lihat semuanya di mesin pencari google.

    Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya

Memiliki koleksi lebih dari 500 ekor buaya dengan berbagai macam jenis, spot satu ini disebut-sebut tempat penangkaran buaya terbesar di Asia.

Disini, kamu bisa bersantai sejenak dan bila beruntung kamu juga dapat melihat pawang-pawang memberikan makanan pada buaya. Tapi tetap harus hati-hati ya saat kesini!

    Gedung Juang 45

Gedung Juang 45

Nah, tempat satu ini menjadi salah satu spot yang wajib untuk dikunjungi karena Gedung Juang 45 adalah bukti perjuangan warga bekasimelawan kolonial Belanda.

Gedung Juang 45 tersebut dibangun pada tahun 1910 oleh Kow Tjing Kie dengan gaya arsitektur neo klasik. Spot ini masih eksis lho sampai sekarang sebagai tempat utama paskibraka kota Bekasi.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai gambar kota Bekasi. Bagaimana, cukup menarik kan?

error: Content is protected !!