Blind Spot Detector, Fitur Keselamatan Modern pada Mobil

Blind Spot Detector, Fitur Keselamatan Modern pada Mobil

Blind spot detector merupakan salah satu fitur keselamatan penting bagi pengemudi mobil. Bagaimana cara kerja alat ini?

Biasanya, fitur keselamatan mobil yang umumnya kita ketahui adalah sabuk pengaman, airbag, atau bahkan rem ABS. Namun ada beberapa fitur keselamatan penting yang masih belum populer di telinga kita.

Salah satunya adalah blind spot detector. Memang belum banyak mobil yang memiliki fitur yang punya nama lain blind spot monitoring ini. Namun jika menginginkannya, kamu bisa memasangnya di mobil kesayangan.

Pengertian blind spot detector atau blind spot monitor

Ada banyak fitur keselamatan yang terus disempurnakan cara kerjanya oleh para pabrikan mobil. Salah satunya adalah blind spot detector atau yang sering juga disebut blind spot monitor.

Fitur keselamatan ini baru mulai dikembangkan dan diterapkan pada mobil di tahun 2003 oleh Volvo. Lantas, apa itu blind spot monitor?

Blind spot detector atau blind spot monitoring adalah fitur keselamatan mobil yang dapat membantu pengemudi mobil untuk memonitor bagian mobil yang tidak bisa terlihat dengan mata kepalanya.

Biasanya pabrikan mobil akan menaruh sensor ini di kedua spion mobil dan di bumper belakang, dan pengemudi umumnya akan bisa melihat indikator komponen keselamatan ini di kedua spion mobil.

Cara kerja blind spot detector

Bagaimana cara kerja blind spot monitor? Fungsi utama dari komponen ini adalah mendeteksi objek di area blind spot kendaraan dengan memanfaatkan teknologi.

Sebagian besar sistem dari fitur blind spot ini biasanya memiliki beberapa sensor yang dipasang di spion kendaraan atau bumper bagian belakang.

Fungsi dari sensor-sensor tersebut adalah menangkap dan mendeteksi adanya objek atau kendaraan lain di sekitar area blind spot mobil. Misalnya saat akan berbelok di tikungan yang tajam.

Namun, ada pula pabrikan mobil yang sudah melengkapi sensor ini dengan kamera video. Adanya tambahan kamera akan semakin memudahkan pengemudi untuk mendeteksi kendaraan lain.

Saat sensor mendeteksi adanya kendaraan lain, maka sensor akan mengirimkan sinyal yang membuat indikator blind spot di dashboard atau di spion mobil menyala dan berkedip-kedip.

Pada beberapa mobil, indikator dari komponen fitur keselamatan mobil ini bukan berupa lampu indikator yang bisa dilihat di dasbor mobil, namun berupa indikator suara.

Hal ini dapat membuat pengemudi mobil lebih waspada dan menyadari bahwa ada kendaraan lain di samping mobilnya yang tidak bisa terlihat dengan mata.

Harga pasang blind spot detector di bengkel

Jika mobil belum memiliki fitur yang satu ini, kamu bisa memasangnya sendiri di rumah. Pertama-tama beli dulu komponen blind spot detector melalui toko online atau e-commerce.

Harganya sangat bervariasi, mulai dari Rp800 ribuan rupiah hingga Rp5 jutaan rupiah. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan mobil dan kemampuan finansial.

Agar lebih hemat, kamu bisa mempelajari cara memasang sistem blind spot monitor sendiri yang hanya menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam pengerjaan saja.

Fitur keselamatan lain yang penting di mobil

Selain blind spot detector, ada beberapa fitur keselamatan lain yang wajib ada di mobil kesayangan kamu. Berikut beberapa fitur keselamatan yang dimaksud.

1. Airbag

Fungsi dari airbag di mobil adalah membantu seat belt menahan gerakan tubuh pengemudi dan penumpang agar tidak terbentur saat terjadi tabrakan.

Bantalan udara ini akan menangkap serta menahan tubuh agar tidak langsung terbentur dashboard mobil. Saat ini, setiap mobil baru pasti sudah dilengkapi dengan minimal dua airbag mobil.

2. Rem ABS

Saat ini fitur rem ABS hampir menjadi fitur keselamatan yang wajib ada di setiap kendaraan, apalagi kendaraan keluaran terbaru.

Sistem rem ABS (Anti-lock Braking System) ini bisa mencegah roda mobil terkunci saat kamu melakukan rem mendadak dan membuat mobil bisa lebih mudah dikendalikan.

Pastikan fitur rem ABS ini sudah ada di mobil baru yang menjadi incaran kamu. Sebab, beberapa mobil yang dipasarkan di Indonesia, masih ada yang belum memiliki fitur rem ABS ini.

3. Sabuk pengaman

Sabuk pengaman merupakan fitur keselamatan utama pada sebuah mobil. Fungsi sabuk ini adalah untuk menahan tubuh pengemudi dan penumpang tetap pada kursi dan tidak terlempar ketika mobil terbentur.

Namun meskipun sabuk pengaman merupakan fitur keselamatan yang penting, masih banyak orang yang tidak ingin menggunakannya karena tidak nyaman. 

Padahal banyak nyawa yang pengemudi dan penumpang mobil yang selamat karena menggunakan sabuk pengaman.

4. Sensor parkir

Ini merupakan salah satu fitur keselamatan mobil untuk meminimalisir kerusakan akibat tidak sengaja menyenggol mobil atau objek diam lainnya saat parkir.

Sama seperti rem ABS, sensor parkir juga menjadi salah satu fitur keselamatan mobil yang hampir wajib ada di setiap kendaraan.

Biasanya pabrikan mobil juga melengkapi sensor parkir mobil yang bagus dengan kamera parkir yang bisa membuat kamu lebih mudah dalam memarkir mobil dengan posisi parkir apapun.

5. Lampu DRL

Lampu DRL atau Daytime Running Light ini adalah lampu yang terus menyala selama mobil menyala untuk meningkatkan visibilitas mobil oleh orang-orang di sekitar mobil.

Hal tersebut diyakini dapat mengurangi resiko kecelakaan, karena perhatian para pengemudi kendaraan lain akan tertuju pada lampu DRL mobil kamu yang menyala.

Tujuan lampu DRL memang bukan untuk menerangi area depan kendaraan. Namun sebagai lampu untuk menambah perhatian pengemudi mobil lain. 

Nah, fitur keselamatan yang satu ini memang baru populer digunakan beberapa tahun belakangan. Fitur ini akan menyala secara otomatis ketika mobil dinyalakan, tapi bukan pengganti lampu utama.

Alasan perlu punya asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Selain asuransi all risk, ada juga jenis asuransi TLO atau Total Loss Only yang menanggung kerugian besar, nilai kerugiannya sampai lebih dari 75 persen harga kendaraan. 

Lantas, bagaimana cara memilih di antara kedua jenis asuransi mobil tersebut? Coba gunakan kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini.

FAQ seputar blind spot detector

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.