Travel  

Blitar Park, Taman Hiburan Favorit yang Dilengkapi Beragam Wahana Menarik

Blitar Park, Taman Hiburan Favorit yang Dilengkapi Beragam Wahana Menarik

rekomendasi.co.id – Blitar terkenal sebagai kota proklamasi dan budaya sejarah yang begitu melekat. Tidak heran jika kota di Jawa Timur ini banyak menarik wisatawan untuk datang. Terlebih Blitar sendiri juga memiliki sederet tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi anda yang mencari tempat wisata keluarga, maka Blitar Park bisa menjadi pilihan terbaik.

Sebuah taman bermain yang dibangun di kota bagian selatan Provinsi Jawa Timur ini, sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga tercinta. Baru diresmikan tahun 2019 lalu, Blitar Park sudah berhasil menyita banyak perhatian wisatawan. Daripada penasaran, yuk intip apa saja keseruan yang ditawarkan di wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Blitar Park

1. Mengusung Place to Play and Education

Taman bermain di Blitar ini tidak sekadar taman bermain biasa, sebab Blitar Park dibangun dengan mengusung konsep place to play and education. Sehingga destinasi tersebut mampu menawarkan liburan yang seru dan asyik, namun sekaligus tetap mengedukasi. Konsep yang diterapkan tentunya membuat taman bermain ini menjadi sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga.

Anda bisa mengajak putra putri tercinta untuk menikmati berbagai keseruan yang ada, dengan tetap mengajarkan banyak hal baru pada mereka. Sehingga dijamin momen liburan anda bersama keluarga pun tidak hanya menyenangkan, melainkan membawa ilmu serta akan menjadi pengalaman berharga yang tidak terlupakan.

2. Wahana yang Bervariasi

Dengan konsep place to play and education, tentunya pihak pengelola taman bermain tidak asal asalan dalam membangun objek wisata ini. Dimana anda dapat menemukan banyak wahana yang bervariasi ketika sampai di lokasi wisata. Mulai dari yang menantang adrenalin, basah basahan, hingga wisata kekinian seperti spot selfie bisa ditemukan dengan mudah di sini.

3. Ramah Anak

Sebagai destinasi wisata keluarga, bisa dibilang bahwa Blitar Park merupakan salah satu taman hiburan yang sangat ramah untuk anak anak. Bagaimana tidak, dari deretan wahananya yang begitu bervariasi, anda bisa menemukan cukup banyak wahana khusus anak yang bisa dinikmati oleh si kecil.

Tidak heran jika kebanyakan pengunjung yang datang ke sini merupakan keluarga yang membawa putra putri mereka. Namun bagi anda yang ingin datang sendirian, bersama teman, atau hanya dengan pasangan juga tidak perlu khawatir. Karena banyak juga wahana seru untuk orang dewasa yang bisa dinikmati.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Blitar Park beralamatkan di daerah sawahan, Pojok, Kecamatan Garum, Blitar, Provinsi Jawa Timur. Lokasi ini hanya berjarak sekitar 4,7 kilometer saja dari arah Kota Blitar, dan hanya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 11 menit berkendara. Karena tidak jauh dari pusat kota, bukan hal yang sulit untuk menuju lokasi wisata.

Terlebih letaknya berada di pinggir jalan besar, di samping gedung Dinas Pendidikan Daerah Blitar atau di depan gedung KPPN Blitar. Apabila masih belum menemukannya, anda bisa melihat melalui peta digital atau bertanya ke penduduk sekitar. Pastinya anda akan diarahkan langsung menuju lokasi, sebab wisata ini sudah populer di kalangan masyarakat setempat.

Ada juga sign board besar di depan objek wisata, sehingga anda akan langsung mengenalinya. Untuk menuju lokasi wisata sendiri, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Karena akses jalannya sudah bagus, anda bahkan bisa menggunakan bus apabila berlibur dengan rombongan.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang ingin menikmati keseruan Blitar Park, silahkan berkunjung pada jam operasionalnya yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB setiap harinya. Sementara harga tiket masuknya sendiri tergolong cukup murah, hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 20.000 saja per orang.

Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk akses menuju spot foto dan taman seribu bunga, serta anda juga dapat menjajal kolam renang anak untuk si kecil. Sedangkan untuk wahana lainnya akan dikenakan biaya tambahan, yang mana biayanya sendiri cukup bervariasi, mulai dari Rp. 15.000 per wahana.

Apabila tidak ingin membayar biaya tambahan, anda juga bisa secara langsung membeli tiket terusan untuk dapat menikmati berbagai wahana sekaligus. Harga tiket terusannya sendiri dibanderol kurang lebih Rp. 65.000 per orang. Namun perlu diingat, harga tiket masuk juga bisa berubah sewaktu waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak manajemen.

Ragam Wahana Menarik di Blitar Park

Banyak sekali aktivitas menarik dan seru yang bisa dilakukan selama berkunjung ke Blitar Park. Setidaknya ada sekitar 16 pilihan wahana yang bisa dijajal oleh anda dan keluarga selama berwisata di sini. Masing masing tentunya menawarkan kesenangan yang berbeda, berikut sedikit ulasannya.

1. Waterboom

Bermain air bisa anda lakukan selama berada di taman bermain. Didukung dengan adanya berbagai jenis kolam renang yang membuatnya semakin seru. Mulai dari mandi busa, ember tumpah, air mancur, hingga mini waterslide. Tidak heran jika taman bermain ini menjadi salah satu pilihan wahana yang paling diminati oleh sebagian besar pengunjung.

2. Playground

Bagi anda yang datang bersama buah hati ke Blitar Park, wahana playground bisa dijadikan andalan. Wahana satu ini merupakan tempat bermain khusus untuk anak anak, khususnya untuk si kecil yang masih balita. Karena khusus untuk anak anak, tentu areanya sudah dirancang sedemikian rupa agar aman digunakan bermain.

3. Playland

Masih untuk anak anak, ada juga wahana playland yang cocok untuk buah hati dengan usia 3 sampai 12 tahun. Di area ini pun tersaji banyak permainan menarik yang dapat dijajal oleh si kecil. Tentunya setiap permainan yang ada juga telah didesain sedemikian rupa dengan tetap mengutamakan keamanan bagi anak anak.

4. Game Zone

Terletak di dalam ruangan ber-AC, game zone merupakan area permainan video games dengan alat pembantu yang telah disediakan agar anda dapat lebih menikmati permainan. Mulai dari sensor gerakan, sensor injakan, kursi khusus, pistol, setir kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi, hingga kabin pesawat. Tidak heran jika game zone sangat digemari oleh anak anak maupun orang dewasa.

5. Video Interaktif

Video interaktif merupakan wahana yang ditampilkan dengan teknologi AR (augmented reality), yang dapat membuat objek 2D menjadi 3D. Dengan tema Sea World, wahana ini akan menempatkan para pengunjung di dalam sebuah tempat seperti aquarium. Kemudian pengunjung nantinya bisa mewarnai berbagai hewan laut yang ada, hingga memindainya untuk ditampilkan dalam bentuk 3D.

6. Cinema 5D

Blitar Park juga menyediakan wahana cinema 5D yang belakangan memang sangat populer di berbagai taman bermain. Wahana ini sendiri memungkinkan penonton merasa seolah berada di dalam film yang sedang diputar. Nantinya anda akan diberi pinjaman kacamata khusus 5D agar sensasi tersebut terasa begitu nyata.

7. Perahu Bajak Laut

Bagi anda yang ingin memacu adrenalin, ada wahana perahu bajak laut yang bisa dicoba. Dimana perahu bajak laut ini berupa permainan ayunan dalam bentuk perahu raksasa, yang akan berayun hingga 90 derajat. Dijamin akan membuat anda deg degan selama berayun tinggi. Namun tidak perlu khawatir, karena operator akan selalu mengawasi dan memastikan wahana berjalan aman.

8. Sepeda Air

Bisa dinikmati oleh remaja hingga orang dewasa, sepeda air adalah sebuah wahana olahraga yang akan mengajak pengunjung naik sepeda di sebuah kolam besar. Tidak hanya sekadar kolam, namun di sana terdapat berbagai macam ikan yang bisa anda saksikan. Selain itu, kolam tempat sepeda air ini meluncur juga dihiasi dengan beragam warna yang membuatnya tampil sangat cantik.

9. Go Cart

Anda yang datang ke Blitar Park bersama dengan teman teman, sangat direkomendasikan untuk mencoba balapan di wahana go cart ini. Go cart sendiri adalah permainan balap mobil mini yang akan mengajak anda berkendara melintasi sebuah sirkuit yang juga mini. Tentunya sangat asyik jika dimainkan beramai ramai dengan teman.

10. Terapi Ikan

Bersantai dan merileksasikan diri di kolam terapi ikan tentu patut dicoba selama berada di destinasi. Wahana yang bisa dinikmati oleh semua umur ini berupa kolam berisi ikan ikan kecil, yang akan menggigit dan memakan sel sel kulit mati di kaki. Menariknya, pemandangan di sekitar kolam didesain begitu cantik yang akan membuat anda betah merendam kaki di sana.

11. Permainan Ketangkasan

Wahana permainan ketangkasan setidaknya menyediakan 13 model permainan yang bisa anda coba. Seperti lempar ring, lempar panser, lempar bola, memecahkan balon, memecahkan piring, dan masih banyak lagi. Apabila semua permainan yang ada bisa diselesaikan, nantinya akan ada hadiah yang menanti.

12. Jump Frog

Jump frog sangat cocok apabila anda suka permainan yang menantang. Pasalnya wahana ini akan bergerak secara vertikal dengan cepat sampai ketinggian 15 meter. Perpaduan antara ketinggian dan kecepatan tersebut tentunya dijamin akan memicu adrenalin anda selama menaikinya.

13. Dragon Coaster

Masih dengan wahana yang mampu memacu adrenalin, ada juga dragon coaster yang berupa kereta dengan kepala berbentuk naga. Dragon coaster sangat cocok bagi anda yang menyukai ketinggian, dimana kereta akan bergerak cepat melintasi rel dan berhasil membuat para pengunjung sukses berteriak selama permainan berlangsung.

14. Octopus

Konstruksi wahana octopus di Blitar Park memang dirancang dengan perpaduan lighting yang cantik. Namun siapa sangka jika permainan ini juga menawarkan ketegangan, yang mana anda akan diajak merasakan gerakan memutar dengan kemiringan tertentu yang memacu adrenalin. Para pengunjung sendiri lebih banyak memilih naik octopus di malam hari, karena lighting-nya terlihat semakin indah.

15. Insect Garden

Sesuai dengan namanya, insect garden merupakan sebuah taman serangga. Namun tidak perlu khawatir karena serangga di sini hanya berupa patung raksasa, yang dapat anda manfaatkan sebagai objek berswafoto. Para pengunjung biasanya selalu mampir ke wahana ini lantaran tidak ada biaya tambahan untuk masuk ke sana.

16. Bom Bom Car

Satu lagi wahana yang tidak boleh dilewatkan, yakni bom bom car. Bisa dibilang bahwa wahana ini merupakan ikon dari sebuah taman bermain. Dimana bom bom car menawarkan keseruan dengan cara mengendarai mobil di sebuah area. Anda bisa saling menghindar agar tidak bertabrakan. Kalaupun bertabrakan pun anda tidak perlu khawatir, karena anda tidak akan cidera.

Banyak sekali bukan wahana seru yang ditawarkan di Blitar Park? Bahkan fasilitas yang disediakan di sini juga sangat lengkap, sehingga anda dijamin betah selama menghabiskan waktu liburan di sana. Tempatnya yang strategis pun tidak akan membuat anda kesulitan untuk menuju lokasi, jadi segera rencanakan liburan anda ke taman bermain ini!