Xiaomi Memperkenalkan Lini HP Gelombang Kedua Yang Akan Menerima HyperOS Lihatlah Daftarnya

admin

Jakarta – Xiaomi terus memperkuat posisinya di dunia teknologi dengan meluncurkan sistem operasinya sendiri HyperOS pada akhir Oktober lalu bersamaan dengan peluncuran seri Xiaomi 14.

Segera setelah debutnya, Xiaomi meluncurkan pembaruan ini ke beberapa perangkat, termasuk seri Xiaomi 13 dan seri Redmi K60.

Memanfaatkan momentum positif ini, perusahaan kini telah mengumumkan perangkat kedua yang akan menerima HyperOS buatan pengembang di Tiongkok pada bulan Desember 2023.

Gelombang kedua mencakup 11 perangkat, menunjukkan komitmen kuat Xiaomi untuk memperluas ekosistem HyperOS.

Perangkat yang disorot dalam build pengembang HyperOS CN ROM termasuk Xiaomi 12S Ultra, Xiaomi 12S Pro, dan Redmi K50 Ultra.

Daftar tersebut juga mencakup berbagai model seri Xiaomi 12, seri Redmi K50, dan Xiaomi Pad 5 Pro 12.4.

Pengumuman awal ini membuat heboh komunitas Xiaomi di China, apalagi seri Xiaomi 12S tidak ada dalam daftar tersebut.

Alhasil, berbagai diskusi dan spekulasi pun bermunculan di forum tersebut. Namun juru bicara Xiaomi Zhang GuoQuan dengan cepat mengeluarkan penjelasannya melalui platform media sosial Tiongkok, Weibo.

Zhang, dikutip GizChina, Selasa (28 November 2023), menjelaskan ada kesalahpahaman dalam pengumuman tersebut dan menegaskan seri Xiaomi 12S tetap menjadi prioritas upgrade HyperOS.

Informasi ini penting karena Xiaomi 12S merupakan smartphone pertama yang diluncurkan bersama Leica. Mengikuti penjelasan tersebut, postingan pengumuman di komunitas Xiaomi China telah diperbarui untuk menyertakan Xiaomi 12S.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Xiaomi berencana segera merilis pembaruan stabil untuk HyperOS, sistem operasi untuk lima model perangkat andalannya.

Kabar yang dikutip GizmoChina, Rabu (22 November 2023), berasal dari laporan GSMChina yang menyebutkan bahwa pembaruan tersebut akan berbasis Android 14.

Berbagai seri ponsel yang akan menerima pembaruan ini adalah Xiaomi 13 Ultra, Xiaomi 13T, Xiaomi 12T, Xiaomi Pad 6 Max, dan Redmi K60 Pro.

Sekadar informasi, semua perangkat ini awalnya dilengkapi dengan sistem HyperOS yang dikembangkan oleh Xiaomi sendiri dan dihosting di server resmi.

Nantinya, pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap karena Xiaomi 13 Ultra akan menjadi yang pertama menerima pembaruan tersebut di pasar China.

Sementara itu, Xiaomi 12T dan Xiaomi 13T rencananya akan diperbarui di pasar Eropa, dan wilayah lain akan menyusul di masa mendatang.

Xiaomi juga membagikan peta jalan pembaruan HyperOS, memberikan gambaran jelas mengenai jadwal peluncuran perangkat di Tiongkok dan internasional.

Pembaruan akan diluncurkan secara bertahap, dengan perangkat internasional dijadwalkan untuk menerima HyperOS pada kuartal pertama tahun 2024.

Sebelumnya, seri Redmi tidak masuk dalam daftar ponsel yang diuji HyperOS oleh Xiaomi.

Namun secara realistis, ponsel seri Xiaomi ini masih mendapatkan HyperOS versi stabil, dan ada kemungkinan akan menyebar ke seri Redmi lainnya.

Menurut informasi yang dilansir GSM Arena, HyperOS masih merupakan proyek Android open source, namun akan terintegrasi dengan Vela, platform IoT milik Xiaomi.

Dalam postingan lain di Weibo, Lei Jun mengatakan sistem operasi baru yang menggantikan MIUI akan menempatkan “manusia sebagai pusat ekosistem,” yang memungkinkan mereka berkomunikasi dengan orang lain, mobil, dan rumah.

MIUI pertama kali diluncurkan pada 16 Agustus 2010 dan basis penggunanya telah berkembang menjadi lebih dari 1 miliar.

UI yang sebelumnya dirilis Xiaomi hanya memiliki empat fungsi umum, namun kini menjadi layanan lintas perangkat untuk ponsel dan peralatan rumah tangga.

Persiapan Xiaomi HyperOS dimulai pada tahun 2014, ketika tren IoT mulai bermunculan.

Perusahaan mengambil langkah pertamanya pada tahun 2017 dan mulai mengembangkan ekosistem perangkat dan aplikasi baru.

Tujuannya adalah untuk menghubungkan ‘puluhan miliar perangkat’ di masa depan, dan langkah pertama adalah seri Xiaomi 14.

Sekadar informasi, Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro akhirnya diumumkan. Sesuai janjinya, Xiaomi meluncurkan ponsel Android dengan beberapa peningkatan.

Seri Xiaomi 14 dikabarkan akan menyertakan chipset Snapdragon 8 Gen 3, peningkatan pada kamera andalan Leica, dan tentunya sistem operasi baru HyperOS.

Ingin tahu spesifikasi, desain, dan harga Xiaomi 14 dan 14 Pro? Silakan simak artikel berikut yang dikutip di GSM Arena pada Jumat (27 Oktober 2023):

Xiaomi 14

HP Xiaomi 14 tampil dalam varian vanilla atau standar dan tersedia dalam dua varian material bodi. Bodi belakangnya salah satu dilapisi kaca, sedangkan satu lagi berbahan material nano leather.

Ponsel Android Xiaomi ini mengusung layar berukuran 6,36 inci, panel LTPO OLED, resolusi 1200 x 2670 piksel, dan mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Soal kamera, para pecinta fotografi bisa terpuaskan karena bisa memotret dan merekam berbagai hal dengan lensa utama ponsel Android yang mampu beresolusi 50MP, 50MP (telefoto), dan 50MP (ultra wide angle).

Sementara untuk selfie, Xiaomi memasang kamera 32 megapiksel yang mampu merekam video 4K hingga 30/60fps.

Dari segi performa, perusahaan asal China tersebut menyematkan prosesor Snapdragon 8 Gen 3, RAM 8GB/12GB/16GB, dan penyimpanan 256GB/512GB/1TB.

Apalagi Xiaomi telah membekali ponsel Xiaomi terbaru dengan baterai 4610mAh dengan kabel 90W dan pengisian nirkabel 50W.

Tags

Related Post

Leave a Comment