Travel  

Bogor Mini Zoo, Wisata Kebun Binatang & Edukasi untuk Liburan Keluarga

Bogor Mini Zoo, Wisata Kebun Binatang & Edukasi untuk Liburan Keluarga

rekomendasi.co.id – Bagi masyarakat yang hendak menghabiskan waktu liburan, pasti sering merasa bingung dalam memilih tempat wisata menarik yang cocok dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Baru-baru ini, terdapat sebuah jenis destinasi wisata yang cukup popular di Indoneasia, yakni wisata edukatif. Jenis destinasi wisata edukatif ini sangatlah menarik, serta memungkinkan pengunjung untuk dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan sambil menambah pengetahuan baru.

Kali ini, kami memiliki rekomendasi salah satu objek wisata edukatif dengan berbagai aktivitas yang lengkap berhubungan dengan hewan, yakni Bogor Mini Zoo. Wisata satwa ini merupakan salah satu objek wisata menarik di Kota Bogor yang baru dibuka pada tahun 2017 silam. Sesuai dengan namanya, destinasi ini mengusung tema kebun binatang mini, yang memberikan kesempatan bagi pengunjung terutama anak-anak untuk dapat bermain sambil belajar melalui interaksi langsung dengan berbagai macam satwa yang tersedia di lokasi ini.

Oleh sebab itu, sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa objek wisata hits yang satu ini sangat cocok terutama bagi Anda yang sedang mencari aktivitas liburan yang edukatif bagi anak-anak. Berikut ini telah kami sajikan rangkuman lengkap mengenai Bogor Mini Zoo.

Daya Tarik yang Dimiliki Bogor Mini Zoo

Selain dapat berinteraksi langsung dengan satwa, para pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan baru seputar berbagai macam hewan serta tanaman yang akan dijelaskan oleh pemandu wisata. Bogor Mini Zoo ini juga menyediakan arena playground outdoor, berbagai wahana permainan, spot foto unik, dan berbagai arena wisata lain yang pastinya tidak boleh dilewatkan. Berikut adalah ragam daya tarik yang ditawarkan:

1. Area Edukasi Satwa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu daya tarik utama adalah area edukasi satwa yang memungkinkan pengunjung untuk mengenal dan berinteraksi langsung dengan beragam jenis satwa unik yang tersedia di tempat ini. Di Area ini, pengunjung dapat memberi makan dan minum kepada hewan, serta menggali informasi lebih dalam mengenai hewan yang tersedia.

Ragam koleksi hewan yang tersedia di area edukasi satwa antara lain adalah:

    Area Kerbau Bule

Di area kerbau bule ini, pengunjung dapat melihat serta berinteraksi secara langsung dengan jenis hewan kerbau dengan perawakan yang cukup unik yaitu warna bulu yang cerah, serta bentukan mata yang berbeda dengan kerbau biasa sehingga dinamakan sebagai kerbau bule. Di sekitar area kerbau bule ini juga terdapat kolam yang cukup luas, sehingga pengunjung dapat melihat lucunya kerbau-kerbau yang sedang berendam.

    Area Domba

Area domba di tempat wisata hits ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk memberikan makanan secara langsung kepada domba-domba, sambil didampingi oleh pemandu wisata.

    Area Rusa

Kota Bogor memang sudah dikenal dengan salah satu julukannya yakni ‘Kota Rusa’. Untuk itu, Bogor Mini Zoo turut menghadirkan hewan unik yang satu ini, yakni rusa tutul. Area rusa ini memiliki tema Santa Claus lengkap dengan rumah santa dan ornamen-ornamen yang unik, sehingga mengingatkan pengunjung dengan suasana Natal.

    Area Marmut

Marmut memang sudah lama dikenal sebagai hewan mungil yang lucu dan menggemaskan. Bentuk tubuh dari marmut menyerupai gabungan antara kelinci dan juga hamster. Di area marmut ini, pengunjung dapat melihat koleksi marmut berbagai warna yang sangat lucu, serta memberi makan mereka dengan makanan yang sudah disediakan.

    Goa Kelinci

Sesuai dengan namanya, goa kelinci ini merupakan sebuah area dengan banyak kelinci, yang dilengkapi dengan goa atau terowongan tempat mereka bersembunyi. Untuk itu, di area ini pengunjung dapat bermain kejar-kejaran dengan banyak kelinci imut, ataupun sekadar memberi makan mereka.

    Kolam Ikan

Kolam ikan yang tersedia di Bogor Mini Zoo ini bukanlah kolam ikan biasa. Pasalnya, di kolam ini ada banyak sekali ragam ikan hias berwarna-warni yang sangat memanjakan mata. Pengunjung dapat bersantai sambil memberi makan ikan di area ini.

    Kandang Burung

Area kandang burung ini dibuat selayaknya sebuah lorong, sehingga pengunjung dapat berinteraksi dengan ratusan ekor burung dari berbagai jenis yang pastinya lucu dan menggemaskan. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan berbagai macam burung unik di area burung ini.

Selain itu, Anda bisa menemukan banyak hewan unik lainnya di kawasan kebun binatang ini.

2. Kids Zone

Selain bercengkrama dengan berbagai hewan yang lucu, aktivitas lainnya yang dapat dilakukan oleh anak-anak adalah bermain di area Kids Zone. Kids Zone ini merupakan sebuah area bermain (playground) terbuka yang memungkinkan anak-anak untuk bermain berbagai permainan yang disediakan secara leluasa sambil menikmati sejuknya suasana Kota Bogor.

Ragam permainan yang tersedia di area ini antara lain adalah perosotan, trampolin, jungkat jungkit, ayunan, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada pula area pendopo tempat para orang tua bersantai sambil mengawasi anak-anaknya bermain. Untuk dapat masuk dan bermain di area bermain ini, pengunjung tidak perlu membayar biaya tambahan.

3. Spot Foto Menarik

Saat ini, dapat dikatakan bahwa berfoto sudah menjadi aktivitas utama yang wajib dilakukan oleh para wisatawan yang mengunjungi tempat tertentu. Untuk itu, pengunjung tidak perlu khawatir. Pasalnya, di Bogor Mini Zoo ada banyak sekali tempat foto unik dan menarik, yang pastinya membuat pengalaman berwisata semakin menyenangkan.

Salah spot unik banyak dijadikan tempat berfoto adalah rumah terbalik. Di tempat ini, pengunjung dapat berfoto di depan dekorasi rumah yang unik, lengkap beserta pintu, jendela, serta atap yang terbalik. Selain itu, ada pula spot berfoto lainnya yang tak kalah menarik, seperti sayap kupu-kupu, sepatu raksasa, sampai dengan menara kincir angin khas negeri Belanda.

4. Wahana Permainan

Ada banyak sekali ragam wahana permainan yang patut dicoba di Bogor Mini Zoo ini, antara lain yaitu mobil dan motor remote, becak mini, sepeda mini, sampai dengan ATV.

Untuk dapat memainkan berbagai wahana permainan ini, pengunjung dapat membeli tiket wahana dengan harga yang variatif, mulai dari Rp 15.000 sampai dengan Rp 50.000 tergantung jenis wahana permainan yang dipilih.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Kawasan wisata Bogor Mini Zoo ini terletak Tempat wisata kebun hewan mini ini di dalam wilayah The Forest Resort Hotel, yakni di Jalan R.E Soemantadiredja No.99, Pamoyanan, Kota Bogor. Jawa Barat. Akses ke lokasi ini sangatlah mudah, dan jaraknya sekitar 7km dari pintu keluar tol Bogor (Baranangsiang).

Apabila Anda hendak mengunjungi ke kebun binatang dari arah Jakarta, Anda hanya perlu keluar pintu tol menuju ke Jalan Pajajaran, sampai menemukan bundaran kemudian belok kanan ke arah Jalan Siliwangi. Setelah itu, belok kiri ke arah Jl Lawang Gintung, terus mengikuti jalur hingga ke Jl. Batu Tulis. Apabila sudah sampai di Jl. Batu Tulis, terus ikuti jalur hingga ke Jl. Saleh Danasasmita. Setelah itu, Anda akan menyeberangi sungai melalui Jembatan Cipaku, dan Anda hanya perlu mengikuti jalan R.E Soemantadiredja hingga menemukan Bogor Mini Zoo atau The Forest Resort Hotel.

Untuk masuk ke area kebun binatang, pengunjung membeli tiket masuk seharga Rp 40.000 untuk dewasa, serta Rp 30.000 untuk anak-anak. Tiket masuk ini belum termasuk tiket wahana permainan tambahan seperti ATV, menunggangi kuda poni, menaiki becak mini, dan masih banyak lagi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Mini Zoo

Pengunjung tidak perlu takut merasa bosan, karena di Bogor Mini Zoo ada banyak sekali ragam aktivitas seru yang dapat membuat pengalaman berwisata semakin berkesan. Tempat wisata hits ini memang sangatlah edukatif dan menyenangkan, sehingga pengunjung dapat memperoleh pengetahuan baru sambil bermain dan bercengkrama dengan berbagai macam satwa secara langsung.

Ada banyak ragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung selain bercengkrama dan bermain dengan satwa, di antaranya seperti menunggangi kuda poni, menghias topeng, bermain ATV, menikmati hidangan di kafe, membeli oleh-oleh, melihat-lihat pet shop, menaiki kereta kuda, berfoto di rumah terbalik, serta menguji adrenalin dengan menyentuh ular yang jinak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Selain menawarkan berbagai macam aktivitas wisata edukatif yang menyenangkan, tempat wisata menarik ini juga memiliki beragam fasilitas yang lengkap, seperti musholla, toilet, pendopo, area outdoor, area parkir, toko oleh-oleh dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat juga penginapan yang masih berada dalam satu area, yakni The Forest Hotel. Untuk para tamu The Forest Hotel akan mendapatkan tiket masuk gratis mengunjungi kebun binatang mini ini.

Demikianlah tadi ulasan lengkap mengenai Bogor Mini Zoo. Destinasi wisata hits ini memang sangat cocok bagi Anda yang hendak menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dengan beragam aktivitas yang menyenangkan sekaligus menambah pengetahuan. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor telepon pengelola di 0877-7042-5061.