Travel  

Buffalo Hill, Bukit Cantik dengan Hamparan Rumput Nan Hijau di Garut

Buffalo Hill, Bukit Cantik dengan Hamparan Rumput Nan Hijau di Garut

rekomendasi.co.id – Buffalo Hill atau biasa disebut dengan Tegal Munding merupakan salah satu tempat wisata alam favorit yang lokasinya berada di Kabupaten Garut. Berada diketinggian kurang lebih 1000 mdpl di atas laut membuat wisata alam satu ini mempunyai panorama pemandangan alam yang begitu indah.

Destinasi alam ini buka setiap hari, dan karena menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Kabupaten Garut membuat bukit Buffalo ini tidak pernah sepi didatangi oleh para wisatawan baik hari biasa maupun hari pekan.

Daya Tarik yang Dimiliki Buffalo Hill

Selain mempunyai pemandangan yang indah, ada daya tarik lain dari bukit cantik di Garut ini, diantaranya:

1. Lautan Awan

Karena Buffalo Hill Garut berada pada ketinggian kurang lebih sekitar 1000 mdpl, Anda dapat melihat kumpulan awan yang menyelimuti Kabupaten Garut layaknya seperti lautan awan. Pemandangan awan yang menyelimuti terlihat cukup tebal dan terhampar cukup luas terlihat dari sisi arah timur. Sehingga ketika Anda melihat pemandangan matahari terbit dari sini, akan terlihat sangat indah dan menawan.

2. Pemandangan Deretan Gunung di Garut

Selain Anda dapat melihat lautan awan yang menyelimuti Kabupaten Garut dari sini diarah Timur Buffalo Hill Garut, Anda akan dapat melihat deretan gunung yang berada di Garut seperti Gunung Karacak, Gunung Guntur, Gunung Galunggung, dan Gunung Cikuray. Namun, dari deretan gunung tersebut Anda dapat melihat Gunung Cikuray yang paling jelas menjulang tinggi.

3. Hamparan Rumput Hijau

Salah satu yang paling menjadi daya tarik dari Buffalo Hill Garut dan membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung adalah hamparan rumput hijau yang begitu luas. Hamparan rumput ini begitu memikat para wisatawan, sangat luas dan masih begitu hijau asri sangat menyegarkan mata yang melihatnya, apalagi berada di atas ketinggian kurang lebih 1000 mdpl, Anda akan dapat merasakan udara yang begitu sejuk.

4. Gerombolan Kerbau di Buffalo Hill

Sesuai dengan nama sebutannya yaitu Buffalo Hill atau biasa disebut dengan Tegal Munding, ini dikarenakan terdapat banyak gerombolan kerbau yang digembalakan disana, terlebih kawasan ini ditumbuhi oleh hamparan rumput hijau yang begitu luas sehingga hal ini dimanfaatkan oleh para pengangon untuk mengembala kerbau. Oleh karena itu, wisata populer satu ini disebut sebagai Tegal Munding Atau Buffalo Hill Garut oleh para warga sekitar kaki Gunung Puntang.

5. Danau yang Menawan

Selain hamparan rumput hijau yang begitu luas, ada daya tarik lain di Buffalo Hils Garut yaitu sebuah Danau kecil yang begitu indah. Bahkan, para wisatawan yang berkunjung pun banyak yang menjadikan spot satu ini untuk berfoto. Air dari danau ini cukup jernih. Tetapi, walaupun airnya cukup jernih, kalau Anda merasa haus jangan mencoba untuk mengambil air dari sini karena para kerbau biasanya mandi didanau ini. Anda bisa pergi ke aliran air terjun yang menjadi sumber daya air jika Anda merasa kehausan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Buffalo Hill merupakan wisata alam yang begitu populer dikalangan para pendaki khususnya wisatawan yang sangat menyukai wisata berkunjung ke alam bebas dan menikmati keindahan panorama alam yang masih begitu asri, maka disini adalah tempat yang sangat pas untuk menjadi destinasi wisata Anda. Alamat tepatnya dari Buffalo Hils Garut ini berada di Tegal Munding yang berlokasi di Kampung Barukina Desa Pamulihan Kecamatan Cisurupan Bayongbong Garut, Pamulihan, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Karena Buffalo Hils masuk ke dalam tiga kecamatan sehingga untuk datang kesini Anda bisa melewati beberapa jalur yaitu bisa melalui jalur Bayongnbong, Jalur Cisurupan dan Jalur Sukaresmi. Dari ketiga jalur yang disebutkan, jalur yang paling menjadi rekomendasi adalah Jalur sukaresmi.

Jika Anda dari luar Garut Anda bisa pergi ke Alun Alun Tarogong dengn naik angkot 09 jurusan Samarang Garut warna hijau-putih dan turun di Pasar Samarang, lalu Anda melanjutkan perjalanan dengan naik Angped 004 warna kuning Jurusan pasar Andir dan minta kepada supir untuk diturunkan di Kampung Dangdeur sebelum tanjakan.

Di daerah ini, Anda akan menemukan pangkalan ojeg, perjalanan akan dilanjutkan dengan naik ojek dengan tarif 15 ribu sampai 20 ribu, minta untuk diantar ke Kampung Pelag Desa Sukalilah yang merupakan kampung dan desa terakhir, untuk yang menggunakan kendaraan bermotor jalan melewati permukiman warga sekitar menyusuri jalan kecil pedesaan hingga di persimpangan jalan ambilah jalan ke kiri menuruni turunan kemudian menanjak.

Lanjutkan perjalanan hingga menemukan SD sebelah kiri ada Gapura yang bertuliskan “Anda Memasuki Di kawasan Kp. Pelag Desa Sukalilah Kecamatan Sukaresmi Garut”, terus jalan melewati jalan yang terus menanjak menuju kampung Pelag terakhir sampai jalan buntu ada sebuah tempat di pinggir jalan yang cukup luas milik warga yang biasa dijadikan tempat parkir, Anda bisa parkir di tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Jika Anda ingin berkunjung kesini, Buffalo Hils Garut buka setiap hari tanpa ada jam buka dan jam tutup, sehingga Anda bisa datang ke berkunjung wisata alam hits yang ada di Garut ini kapan saja bersama dengan keluarga atau bahkan teman Anda untuk menikmati hamparan rumput luas dengan panorama pemandangan alam yang begitu indah.

Walaupun wisata populer satu ini begitu indah serta memiliki beberapa daya tarik yang berbeda dari wisata alam yang lain, Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk yang akan dikenakan kepada Anda karena Anda hanya perlu membayar tarif tiket sebesar Rp 10.000 per/orang dan Anda sudah dapat menikmati wisata alam populer satu ini. Harga yang diberikan sangat terjangkau dengan daya tarik dan keindahan alam yang begitu eksotis.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Buffalo Hill

Selain dapat menikmati panorama keindahan alam, ada aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan disini, yaitu:

1. Mendaki

Seperti yang Anda ketahui bahwa Buffalo Hill merupakan wisata alam yang berada diketinggian 1000 mdpl. Wisata alam hits satu ini juga merupakan tempat yang populer bagi para pendaki karena memiliki sumber daya air yang begitu melimpah, sehingga tempat satu ini sangat cocok atau bisa Anda jadikan alternatif yang pas jika Anda ingin mendaki dan sedang berada di daerah Garut. Dari pos sampai ke puncak, waktu yang akan Anda perlukan kurang lebih sekitar 2 jam.

Ketika mendaki, Anda akan melewati sebuah perkebunan yang memiliki rute cukup menanjak. Anda akan melihat banyak sayuran yang ditanam, tetapi Anda tidak boleh memetik sayuran tersebut sembarangan karena sayuran tersebut adalah milik para petani setempat. Jika Anda ingin mendaki disini, disarankan untuk Anda melakukan pendakian pada pagi hari karena menjelang sore hari Anda akan melihat banyak kabut dan tentunya akan sangat berbahaya karena bisa menghalangi jarak pandangan mata Anda ketika mendaki.

2. Berkemah

Salah satu hal menarik lain yang dapat dilakukan adalah berkemah. Di Buffalo Hils Garut, para pengelola sudah menyediakan tempat khusus bagi para wisatawan yang berkunjung jika ingin bermalam dan berkemah disini. Anda dapat melihat panorama pemandangan alam yang begitu indah khususnya ketika melihat proses matahari terbit dan matahari tenggelam. Biasanya lokasi yang paling sering dijadikan tempat berkemah para wisatawan adalah di sisi utara.

3. Berburu Foto Keren

Tentu saja, berfoto adalah kegiatan yang sangat wajib ketika Anda sedang berlibur dan berkunjung ke tempat wisata untuk mengabadikan moment sebagai kenang-kenangan, dan di Buffalo Hill Garut Anda dapat menemukan beberapa spot menarik yang dapat Anda jadikan spot untuk berfoto, salah satunya adalah di hamparan rumput yang begitu luas dan juga para kerbau yang menjadi salah satu daya tarik dari wisata alam hits yang ada di Garut ini.

Jika Anda adalah orang yang suka selfie atau seorang photographer jangan sampai melewatkan moment ini, terlebih di bukit ini menyajikan panorama pemandangan alam yang begitu indah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Untuk membuat para wisatawan yang berkunjung merasa nyaman tentu dibutuhkan fasilitas yang menunjang, fasilitas tersebut yaitu:

1. Tempat Parkir

Jika Anda datang ke wisata Buffalo Hill ini dengan membawa kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua, Anda tidak perlu khawatir karena ada sebuah tempat parkir luas yang memang disediakan oleh para warga sekitar untuk Anda memarkirkan kendaraan pribadi Anda.

Untuk harga tiket parkir jika Anda membawa kendaraan roda empat akan dikenakan tarif 10 ribu, sedangkan jika Anda membawa kendaraan roda dua Anda akan dikenakan tarif 5 ribu, dan Anda bisa menitipkan kendaraan Anda dalam waktu yang lama disini.

2. Patroli

Untuk masalah keamanan kendaraan atau diri Anda sewaktu kemungkinan terjadi sesuatu, Anda tidak perlu khawatir karena di Buffalo Hill ini sudah ada para petani atau para pengangon yang juga memiliki tugas untuk menjaga kawasan Tegal Munding.

3. Tempat Camping

Tempat ini merupakan tempat khusus bagi para pendaki atau para wisatawan yang ingin mendirikan kemah untuk bermalam di kawasan bukit. Karena, walaupun disini terdapat hamparan rumput yang begitu luas, Anda tidak bisa secara sembarangan mendirikan tenda kemah milik Anda. Maka dari itu, pihak pengelola menyediakan area camping ground untuk para wisatawan dan para pendaki.

4. Gazebo

Ketika Anda berada di area camping ground, Anda akan menemukan dua buah gazebo disini. Dua buah gazebo ini dapat digunakan untuk Anda bisa berteduh ketika hujan turun atau bisa digunakan untuk sekedar digunakan untuk tempat beristirahat oleh para pendaki.

5. Sumber Air Bersih

Walaupun Buffalo Hill juga terkenal sebagai tempat mendaki karena berada diketinggian 1000 mdpl, Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaan air bersih karena disini terdapat air terjun yang lokasinya berada diatas Tegal Muding, air terjun tersebut adalah Air Terjun Korsi yang aliran airnya menjadi sebuah sumber air bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kaki Gunung Puntang, tidak hanya itu aliran air sungai dari air terjun ini juga mengalir ke beberapa desa di bawahnya.

Sumber daya air dari aliran air terjun ini dijadikan warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari hari seperti mandi, nyuci, sampai sebagai air minum. Karena sumber air yang begitu melimpah di kawasan wisata alam Buffalo Hill Garut, menjadikan wisata alam populer satu ini sebagai salah satu tempat yang paling baik untuk melakukan camping. Itu juga yang menjadi alasan kenapa banyak para wisatawan yang berkunjung atau para pendaki yang melakukan camping disini.