Cara Mengatasi Suara Mesin Masuk ke Audio Mobil Secara Mudah

Cara Mengatasi Suara Mesin Masuk ke Audio Mobil Secara Mudah

Cara mengatasi suara mesin masuk ke audio mobil merupakan salah satu hal yang perlu kamu ketahui untuk menjaga kenyamanan baik pengemudi atau penumpang saat berada di dalam mobil. 

Sebab, seringkali mobil mengeluarkan suara desing yang menggabung bersamaan dengan audio kendaraan.

Fenomena tersebut dikenal dengan sebutan storing ini tentu tidak terjadi tanpa sebab, mulai dari kabel audio bermasalah, aki yang soak ataupun ground yang kurang pada sistem audio.

Oleh sebab itu, jika kendaraanmu mengalami hal yang serupa dan sangat mengganggu saat dikendarai maka simak cara mengatasi suara mesin masuk ke audio mobil pada artikel ini!

Cara mengatasi suara mesin masuk ke audio mobil

Seringkali saat mobil dikendarai dan mesin dalam keadaan hidup, kemudian audionya mengeluarkan suara desing mesin yang sangat mengganggu.

Nada desing ini kemudian akan berubah sesuai dengan kecepatan putaran mesin.

Masalah ini bisa menjadi semakin besar saat pemilik kendaraan memiliki power amplifier tambahan untuk memperkuat suara dari audionya. Tentu suara mesin yang masuk ke dalam audio mobil ini akan menjadi semakin besar.

Oleh sebab itu, sebelum menimbulkan kerusakan untuk bagian komponen lainnya maka ada beberapa cara mengatasi suara mesin masuk ke audio mobil secara mudah, diantaranya adalah:

1. Memilih kabel yang berkualitas baik

Salah satu penyebab suara mesin masuk ke audio mobil adalah adanya kesalahan saat instalasi dan masalah kelistrikan karena kualitas kabel yang tidak baik. 

Oleh sebab itulah, sebelum melakukan upgrade audio, penting untuk memilih kabel dengan kualitas terbaik agar awet dan mampu bekerja dengan optimal terutama untuk yang menjadi pengumpan dari head unit ke amplifier. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan ukuran yang sesuai.

2. Menggunakan anti storing mobil

Cara mengatasi suara mesin masuk ke audio mobil paling praktis yang dapat kamu lakukan adalah dengan memasang alat bernama anti storing. Ini merupakan sebuah alat untuk membantu masalah suara mesin yang masuk ke dalam audio.

Kisaran harga anti storing mobil pun juga cukup terjangkau yaitu hanya sekitar Rp. 100 ribuan dan kamu sudah bisa mendapatkan alat tersebut dengan kualitas yang baik.

3. Menambahkan sekring pada mobil

Pemasangan sekring juga dapat membantu untuk mengatasi suara mesin masuk ke audio mobil. Sebab, seringkali penyambungan kabel memiliki resiko besar yang dapat menyebabkan terjadinya  korsleting listrik.

Adanya sekring tentu memiliki tujuan untuk mencegah adanya korsleting dari arus pendek listrik. Dimana, alat ini biasa dipakai pada 50-60 ampere. 

4. Memperbaiki kembali kabel ground 

Apabila mobil sudah berumur, tentu usia pengguaan kabel ground juga akan turut menua sehingga kemampuan untuk menghantarkan arus listrik dengan optimal seperti biasa tentu akan semakin berkurang.

Jadi pastikan untuk melakukan perbaikan kabel ground jika sudah dibutuhkan dan selalu pastikan agar pemasangannya sudah tepat.

5. Memisahkan jalur kabel kelistrikan yang dibutuhkan 

Perlu diketahui jika jalur kabel antara kelistrikan dan audio tidak boleh sama karena dapat meningkatkan adanya gangguan dari alternator yang menghasilkan gelombang listrik. 

Jadi, kamu dapat membuat jalur baru untuk kabel audionya dan hindari persilangan di antara kabel yang berpotensi tinggi dapat menyebabkan storing serta agar masing-masing kabel tidak saling bertemu.

6. Mengganti kabel busi dengan yang baru

Cara mengatasi suara mesin masuk ke audio mobil terakhir yaitu adalah mengganti kabel busi dengan yang baru. Pastikan untuk rutin mengecek kondisi kabel busi, apabila terlihat sudah mengelupas ataupun terlihat tanda bocor maka perlu untuk langsung diganti dengan yang baru.

Tips setting audio mobil sendiri

Walaupun sekilas terlihat sedikit rumit, namun setting audio mobil hampir sama dengan sistem audio lainnya. Bedanya, audio sistem mobil terdiri dari head unit dan beberapa speaker. Bahkan di beberapa mobil ada juga yang menambahkan power amplifier, tweeter dan juga subwoofer dengan ukuran compact.

Apabila komponen sudah disusun dengan benar dan lengkap tentu akan menghasilkan suara yang lebih jernih dan jelas. Namun agar setting audio mobil sendiri tetap dapat menghasilkan suara dengan kualitas baik, maka ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, diantaranya adalah:

1. Atur audio ke posisi 0

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah semua settingan audio ke posisi 0 dengan masuk ke head unit dan mencari menu setting audio. 

Kemudian, kamu dapat mengatur Treble, Balance, Fader dan juga Bass ke posisi semula (0) sambil memastikan bahwa semua kaca mobil telah tertutup rapat.

2. Setel suara agar menjadi lebih seimbang

Selanjutnya, kamu dapat masuk ke pengaturan balance agar suara dari keempat speaker mobil baik depan maupun belakang memiliki suara yang seimbang. 

Sebab jika dalam kondisi balance 0 saja, suara speaker kanan depan akan jauh lebih kuat karena lebih dekat dengan telongan dibandingkan yang kiri. 

3. Setting fader

Pengaturan selanjutnya dapat kamu lakukan untuk fader dengan pengaturan suara yang dikeluarkan di antara bagian belakang maupun depan dengan menu yang terdapat pada head unit. Apabila 

mobilmu memiliki bentuk speaker oval maka suaranya akan terdengar lebih bass dibandingkan dengan bulat. Namun saat fader dalam posisi 0, seringkali suara bass tersebut akan terdengar jelas dari bagian belakang

Jadi, kamu perlu untuk mengurangi besaran suara pada bagian depan hingga suara speaker belakang dan lainnya sudah terasa lebih seimbang dan enak untuk didengar.

Tips dari Lifepal! Cara mengatasi suara mesin masuk ke audio mobil merupakan salah satu hal yang perlu kamu ketahui untuk menjaga kenyamanan baik pengemudi atau penumpang saat berada di dalam mobil.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan secara mudah ini mulai dari memilih kabel yang sesuai, memasang anti storing dan sekring, memperbaiki kabel ground hingga mengganti kabel busi jika sudah soak.

Simak pula ulasan mengenai cara setting audio mobil dan juga setting equalizer audio mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Alasan perlu punya asuransi mobil

Salah satu hal penting yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan khususnya roda empat yaitu adalah asuransi mobil. Sebab, ada berbagai alasan pentingnya memiliki asuransi untuk memberikan proteksi pada kendaraan yang dimiliki.

Beberapa alasan perlunya memiliki asuransi mobil mulai dari tanggungan ganti rugi atas biaya servis mobil saat mengalami kerusakan karena kecelakaan, huru-hara hingga bencana alam. Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah.

Selain itu, asuransi mobil juga dapat menjadi proteksi saat mobil mengalami kehilangan terutama karena tindakan kriminal pencurian.

Semua alasan ini tentu akan membuatmu merasa jauh lebih tenang dan dapat fokus untuk menjalankan kegiatan sehari-hari karena semua resiko yang terjadi pada mobil tidak akan mengganggu rencana finansialmu saat ini.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

FAQ seputar cara mengatasi suara mesin masuk ke audio mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.