Travel  

Curug Cipurut, Pesona Air Terjun Indah Nan Eksotis di Purwakarta

Curug Cipurut, Pesona Air Terjun Indah Nan Eksotis di Purwakarta

rekomendasi.co.id – Curug Cipurut ini merupakan destinasi wisata alam yang berada di bawah kaki kaki Gunung Burangrang. Air di Curug ini sangat jernih dan bersih serta sangat asri karena berada ditengah hutan yang rindang. Wisata hits ini sering dijadikan tempat spot foto yang Instagramable, tempat kemah, kegiatan piknik bersama keluarga dan kegiatan outbond lainnya dapat Anda lakukan disini.

Destinasi alam ini membuat Anda merasa tenang karena berada suasana yang nyaman dan asri serta alami. Udara yang sangat segar dan air dingin dan jernih khas dari pegunungan dapat memanjakan Anda tentunya. Sehingga wisata alam ini mampu memberikan sensasi yang luar biasa bagi Anda jika berlibur kesini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cipurut

1. Keindahan Alam Air Terjun

Curug Cipurut dihiasi dengan telaga kecil yang tersusun dari batuan alam. Anda dapat bermain air disini atau hanya sekedar mengambil spot foto yang luar biasa. Air terjun sangat indah terlihat dari air yang berjatuhan ke bawah. Tentunya, air disini juga sangat sejuk dan bersih. Bagi Anda yang suka bermain air, maka air terjun ini merupakan pilihan yang paling cocok untuk berlibur.

Tidak hanya itu, keindahan lain dari air terjun ini terdapat banyak batu-batu sungai yang beranekaragam bentuk dan ukurannya, serta telaga ini juga cukup dangkal sehingga orang dewasa dan anak-anak dapat menikmati segarnya air terjun ini. Bermain air dan berenang dapat menjadi aktivitas menarik bagi Anda yang menghabiskan waktu berkunjung ke curug cantik ini.

2. Camping Ground

Tidak hanya air terjun yang indah, di kawasan curug ini juga telah disediakan lahan khusus bagi Anda yang ingin berkemah agar lebih merasakan sensasi alam yang luar biasa. Tempat kemah ini terdapat pohon pinus yang menaunginya, suasananya juga cukup tenang dan nyaman. Dan lokasi kemah ini tentunya tidak jauh dari Curug Cipurut.

Bagi Anda yang ingin berkemah bersama orang terdekat anda untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan maka tempat ini menjadi pilihan yang tepat.

3. Keindahan Dinding Batuan

Keindahan air terjun berpadu dengan bebatuan alam yang bertumpuk dan berlapis sehingga menciptakan aliran air yang geometris sehingga menambah kesan estetik Curug Cipurut Purwakarta ini. Bagi Anda seorang pemburu spot foto yang keren, jangan sampai Anda mati gaya jika sudah berada disini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Air terjun cantik ini terdapat di Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Tepatnya di kaki gunung Burangrangan, termasuk dalam Kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi destinasi ini, kamu dapat melakukan perjalanan sekitar 1 jam perjalan (30 km) dari kota Purwakarta, atau 3 km Selatan kecamatan Wanayasa.

Selanjutnya, dari Wanayasa, kamu mengambil arah ke kecamatan Bojong, sekitar 300-500 meter kamu akan tiba di pertigaan yang menuju desa Sumurunggul, ambil ke kiri dan masuk ke jalan desa Sumurunggul tersebut. Dari pertigaan jalan utama tersebut sampai ke ujung jalan terdekat (lokasi parkir kendaraan) dengan Curug Cipurut yaitu sekitar 1,5 Km.

Dari batas akhir kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak kebun teh dengan jarak tempuh sekitar 500 meter atau sekitar 15 menit perjalanan orang dewasa hingga tiba di pintu gerbang kawasan air terjun.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga tiket masuk ke Curug Cipurut cukup terjangkau oleh kantung Anda. Jika pada hari biasa Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 dan pada hari weekend Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000. Untuk biaya parkir Anda cukup membayar Rp 3.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp 5.000 untuk biaya parkir mobil.

Destinasi alam ini sendiri buka setiap hari dan buka pukul 08.00-17.00 WIB. Sementara untuk biaya berkemah, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 7.500 untuk masuk ke kawasan dan harga Tiket Camping sebesar Rp 15.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cipurut

1. Hunting Foto yang Instagramable

Dengan keindahan Curug Cipurut, mampu menyediakan spot fotonya yang luar biasa. Dengan kombinasi susunan batuan dari berbagai ukuran dan bentuk bisa menambah keindahan dari tempat ini. Hasil foto yang bernuansa alam ini sangat cocok bagi Anda pecinta alam tentunya. Meskipun Anda akan kesulitan jika pergi ke sana dan mencapai tempatnya namun dengan indahnya alam tersebut maka rasa lelah Anda akan terbayarkan.

2. Pemandian Air Terjun yang Sejuk

Destinasi wisata alam ini dapat merelaksasi pikiran dan jiwa dengan keindahannya setelah Anda penat bekerja. Udara segar, suasana yang asri, rindangnya pohon dan jernihnya air dapat melepas penat dan tekanan Anda setelah bosan berkerja. Telaga disini yang dangkal dapat dinikmati siapa saja baik anak-anak maupun dewasa untuk bermain air dan berenang.

3. Berburu Kuliner di Kawasan Curug

Bukan hanya menjadii destinasi alam yang menawan, di sekitar curug juga banyak menyediakan warung-warung makanan yang harganya cukup terjangkau. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika Anda kelaparan setelah puas bermain air. Anda juga tidak perlu khawatir membeli keperluan pribadi selama kegiatan berkemah karena warung-warung tersebut akan menyediakan berbagai macam produk yang Anda butuhkan selama berkemah.

4. Trekking Kebun Teh Menuju ke Curug

Untuk menuju ke lokasi Curug Cipurut Anda harus melewati jalur trekking di kebun teh yang dimulai dari area parkir. Anda harus menyusuri jalan setapak yang sempit agar bisa sampai ke titik lokasi air terjun. Namun, ketika musim hujan jalan yang terbuat dari tanah merah akan terasa licin dan Anda perlu berhati-hati dalam menyusuri jalan tersebut.

Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih satu kilometer. Diperjalanan Anda akan melewati hutan gunung Burangrang dan wilayah kebun teh. Walau jalan yang sempit Anda akan diberi pemandangan yang indah berupa hamparan kebun teh yang terhampar hijau dan segar.

5. Kegiatan Berkemah

Curug Cipurut merupakan salah satu destinasi alam yang cukup hits di Purwakarta. Curug yang asri dan sejuk tidak menutup kemungkinan banyak wisatawan menjadikannya sebagai tempat perkemahan. Karena air terjun ini masih bagian dari cagar alam maka para pengunjung diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Terdapat lahan khusus untuk berkemah. Lahan kemah ini cukup tenang dengan suasana alam yang masih alami dan segar. Terdapat juga pohon Pinus yang menambah keasrian dari tempat kemah ini. Anda dapat mengajak teman, sahabat dan orang terdekat Anda untuk berkemah disini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas yang tersedia dari Curug Cipurut ini tentu saja terdapat spot foto kekinian dan Instagramable. Tentunya teman-teman Anda akan iri jika Anda bisa mendapatkan foto yang instagenic. Jangan lewatkan setiap spot foto yang keren jika Anda berada di sini karena mencapai tempat ini juga butuh kesabaran dan kehati-hatian.

Tersedia fasilitas berupa pemandian di kolam alami. Anda dan orang-orang terdekat Anda akan puas bermain di air terjun ini. Anda dapat berenang atau sekedar bermain air saja sembari merasakan kesejukan sekitar curug.

Terdapat berbagai macam fasilitas lainnya, seperti memiliki area parkir yang cukup luas. Terdapat juga fasilitas lain berupa musholla, toilet dan kamar mandi. Jika Anda kelaparan, Anda tidak perlu khawatir karena disini tersedia warung wisata yang menyediakan makanan untuk mengisi kekosongan perut Anda. Banyak warung yang mudah Anda temukan di sekitar curug ini.

Areal parkir juga cukup luas dan dapat menampung kendaraan beroda empat sebanyak 7 mobil dan terdapat jalan setapak yang dilengkapi dengan shelter dan trail yang terbuat dari bahan kayu yang dapat membantu pengunjung melewati akses jalan sempit dalam usaha untuk mencapai lokasi curug.

Agar hasil foto Anda keren, usahakan siapkan baju yang cocok dengan spot foto yang tersedia. Karena fasilitas ini berada di outdoor dan tidak beratap, maka untuk berjaga-jaga Anda harus membawa payung agar tidak kehujanan.

Bawalah kamera terbaik Anda untuk mendapatkan hasil foto yang luar biasa. Usahakan datang tidak diwaktu liburan agar tidak terlalu ramai sehingga Anda akan lebih nyaman untuk berfoto-foto dan mendapatkan foto yang Instagramable serta menikmati liburan tanpa terganggu kehadiran khalayak ramai.

Demikian informasi mengenai wisata Curug Cipurut di Purwakarta. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda untuk memilih tempat untuk berlibur. Jangan lupa mengajak keluarga, sahabat, orang-orang terdekat Anda, maupun pasangan Anda untuk menikmati liburan akhir pekan Anda.