Travel  

Curug Cisarua, Air Terjun Indah Nan Kaya Pesona di Garut

Curug Cisarua, Air Terjun Indah Nan Kaya Pesona di Garut

rekomendasi.co.id – Curug Cisarua di Kabupaten Garut namanya mirip dengan Curug Cisarua yang di Bogor namun keduanya jelas berbeda. Curug atau disebut juga Air terjun Cisarua letaknya berada di Kaki Gunung Cikuray, lokasi air terjun ini cukup tersembunyi sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung.

Meskipun demikian air terjun indah ini telah diresmikan dan dibuka untuk umum sejak tahun 2016. Berada di kaki gunung, curug cantik ini berada di ketinggian 1.400 meter diatas permukaan air laut, karena lokasinya yang berada ketinggian udara sekitar pun sangat sejuk dengan pemandangan yang menakjubkan.

Pesona curug seperti adanya undakan dan air terjun yang berlatarkan bebatuan seperti tengah berada di jaman dahulu. Untuk bisa sampai ke lokasi curug pengunjung perlu tracking atau berjalan kaki terlebih dahulu. Lelah selama perjalanan akan terbayar setelah melihat keindahan curug. Penasaran dengan pesona Curug Cisarua di Garut?

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cisarua

1. Debit air yang besar

Curug Cisarua punya debit air cukup besar dengan kondisi air yang mengalir sangat jernih karena berasal langsung dari air Gunung Cikuray. Kondisi debit air yang besar ini berlangsung sepanjang tahun sehingga pengunjung tidak perlu khawatir datang disaat airnya sedang surut.

2. Jalur Tracking yang tidak kalah indah

Berada cukup jauh dari keramaian karena lokasinya berada di tengah hutan membuat pengunjung harus tracking menyusuri jalan setapak terlebih dahulu sebelum sampai ke lokasi air terjun, pohon yang rindang siap melindungi pengunjung dari panasnya matahari, Jalur trackingnya pun tidak terlalu menanjak atau turunan.

3. Melalui Sungai dan Jembatan

Di jalur tracking pengunjung akan menemukan jembatan yang terbuat dari batang pohon yang melalui aliran sungai. Ketika menyeberangi jembatan ini harus berhati-hati, disini pengunjung juga bisa berfoto karena spotnya yang instagramable.

4. Air terjun tinggi

Curug Cisarua punya ketinggian air terjun 50 meter dengan debit air yang mengalir cukup deras sehingga pengujung yang berada di sekitar palung akan basah terkena cipratan airnya. Keindahan aliran air terjun akan semakin terasa dengan adanya batuan berwarna hitam pekat.

5. Pesona Alam sekitar

Daya tarik curug eksotis ini tidak hanya dari air terjunnya tetapi juga dari pesona alam sekitar curug yang sangat indah. Pemandangan sekitar didominasi oleh hutan pinus yang menjualan tinggi. Ada padang rumput yang luas dengan lingkungannya yang masih asri siap memanjakan mata pengunjung.

6. Area Camping

Daya tarik salah satu curug hits di Garut adalah adanya area camping bagi pengunjung yang ingin bermalam di alam. Pihak pengelola memberikan izin untuk dilakukan camping selama pengunjung tetap menjaga kebersihan lingkungan. Sebelum camping sebaiknya urus perizinan terlebih dahulu saat di loket supaya pengelola bisa memantau.

7. Berdekatan dengan objek wisata lain

Kampung Kopi terkenal indah karena punya latar belakang pemandangan 4 curug sekaligus. Memang di kawasan ini banyak tempat unik dan menarik lainnya yang bisa dikunjungi seperti Curug Aden dan Curug Cihanyawar. Lokasi kedua air terjun ini tidak jauh dari Curug Cisarua.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Curug cantik ini berada di Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, masuk dalam Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Kampung dari curug eksotis ini adalah Kampung Kopi, berada di kawasan hutan yang lokasinya tidak jauh dari perkampungan penduduk. Kampung Kopi ini punya pemandangan yang indah karena berada di empat air terjun.

Dari Kota Garut wisatawan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit saja dengan menaiki kendaraan pribadi dan satu jam dengan menaiki kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum rute yang bisa dilalui adalah naik angkot jurusan Cilawu dengan biaya sebesar Rp. 5.000,- lalu turun di SD sebelah pangkalan ojek.

Pengunjung yang naik angkot bisa bilang mau turun di Desa Sukamurni, pengunjung bisa mencari jalan menuju kampung kopi kurang lebih jaraknya 10 Km dari tempat pemberhentian angkot tadi. Untuk sampai ke Kampung Kopi bisa naik ojek.

Setelah sampai di Kampung Kopi baik pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum harus melakukan perjalanan di jalur tracking selama 15 menit untuk sampai ke pos ronda sekaligus tempat parkir kendaraan untuk ke Curug Cisarua.

Setelah sampai di pos ronda kini saatnya pengunjung untuk berjalan kaki atau tracking sejauh 2 KM untuk bisa sampai ke area air terjun. Sepanjang jalur trekking ini wisatawan bisa melihat perkebunan warga dan hutan pinus. Perjalanan trekking ini biasa ditempuh dalam waktu 20-30 menit.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Curug Cisarua sebesar Rp.6.000,- untuk satu orang dan harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Tips ketika ingin mengunjungi curug menawan ini adalah membawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk di perjalanan mengingat jalur yang cukup panjang.

Jam operasional kawasan air terjun 24 jam non stop yang artinya pengunjung bisa datang kapan saja. tetapi supaya waktu kunjungan jadi lebih mengasikan pengujung direkomendasikan datang di pagi hari ketika suasana masih segar. Namun buat pengunjung yang ingin berkemah bisa datang sore hari.

Bagi pengunjung yang ingin camping yang perlu diperhatikan adalah mengurus surat izin kepada pihak pengelolaan supaya bisa dipantau. Selain juga juga harus membawa peralatan yang memadai. seperti pakaian hangat, logistik, tenda, matras, sandal, obat-obatan dan lainnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cisarua

1. Bermain air

Segarnya air yang jatuh dari atas ketinggian membuat badan yang lelah usai perjalanan seolah terpanggil untuk segera menceburkan diri. Debit airnya yang deras membuat cipratan air di sekelilingnya, meskipun tidak berniat bermain air namun akan basah juga karena cipratannya.

Pengunjung dilarang untuk berada tepat di bawah palung air terjun. Kegiatan main air ini bisa berenang, sekedar berendam kaki, dan juga membasuh anggota badan dengan kesegaran airnya. Nama Curug Cisarua pada air terjun memiliki arti air yang sama, karena di sekitar air terjun indah ini ada 3 air terjun atau curug lainnya.

2. Berfoto

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan selanjutnya adalah berfoto di berbagai spot yang ada. Bentuk aliran air dari Curug cantik ini berupa bebatuan yang bertingkat, sehingga banyak bebatuan di sekitarnya. Pada area bebatuan ini pengunjung bisa menjadikannya tempat berfoto estetik.

Karena lokasi air terjun yang belum banyak diketahui orang akan menambah kesan eksklusif pada bidikan foto yang dihasilkan. Cobalah berbagai angel untuk mendapatkan foto bagus.

3. Bersantai di tepian air terjun

Suara aliran air, udara yang segar, lingkungan yang sejuk serta pemandangan hijau di depan mata adalah kombinasi tepat untuk bersantai. Rilekskan tubuh dengan menikmati keindahan yang ada.

Sebagai tempat bersantai ada bebatuan yang tersebar di area air terjun. Bebatuan ini berukuran variatif ada yang besar dan kecil. Namun tetap harus berhati-hati karena kondisi bebatuan yang selalu terkena air pastinya licin.

4. Camping

Bagi pecinta alam kegiatan camping di dekat air terjun tentu sangat mengasikkan. Pengunjung bisa mendirikan tenda dan camping bersama kelompok, teman dan keluarga di area dekat Curug Cisarua.

Area camping berada di lahan hijau yang tidak jauh dari aliran air. Tips untuk camping di alam terbuka adalah membawa cukup perbekalan meskipun ada warung disini.

Camping sehari bersama keluarga juga bisa dilakukan di air terjun cantik ini. Membawa tikar dan perbekalan makanan yang kemudian dinikmati bersama keluarga tersayang bisa jadi momen quality time yang berharga apalagi di era pandemi seperti sekarang yang mengharuskan banyak orang berdiam diri saja di rumah.

5. Olahraga Sepeda

Pecinta olahraga sepeda di jalur alam wajib mendatangi Curug Cisarua nan cantik ini. Kondisi medan yang tidak terjal namun juga tidak landai bisa jadi jalur yang mengasyikan untuk gowes. Kelebihan bersepeda di curug ini adalah pengujung tidak perlu tracking dari gapura masuk sampai ke lokasi air terjun. Setelah sampai di lokasi rasa lelah akan terbayar lunas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Berbagai fasilitas yang telah tersedia di Curug Cisarua yaitu area parkir kendaraan yang dijaga aman oleh petugas. Adanya kamar mandi untuk bilas dan buang air. Ada juga mushola untuk tempat ibadah.

Warung makan juga tersedia di area curug namun lokasinya memang sedikit jauh dari air terjun. Pengunjung bisa membeli snack, makanan instan dan minuman disini. Harga yang dibandrol pun masih sangat terjangkau. Warung yang ada dikelola oleh warga sekitar.

Fasilitas yang tidak kalah penting adalah jalur tracking yang sudah ditata dengan baik. Meskipun lokasinya berada di tengah hutan dan sawah namun pengujung tidak akan kesulitan mencari keberadaan air terjun karena sudah terpampang jelas penunjuk arahnya.

Nah itu tadi ulasan mengenai Curug Cisarua keindahan alam yang tersembunyi di Kabupaten Garut. Lokasinya curug berdekatan dengan objek wisata lainnya jadi selain main kesini pengunjung juga bisa menyempatkan diri ke destinasi lain.