Travel  

Curug Orok, Pesona Air Terjun dengan Panorama Alam yang Memesona di Garut

Curug Orok, Pesona Air Terjun dengan Panorama Alam yang Memesona di Garut

rekomendasi.co.id – Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki beberapa destinasi menarik untuk dikunjungi. Diantara wisata populer lainnya, ada sebuah wisata yang begitu menenangkan. Keasriannya sangat terasa, yakni Curug Orok di Kabupaten Garut.

Wisata curug memang selalu memiliki daya tarik unik bagi setiap pengunjung. Pesona air terjun, suara gemericik air, kesejukan udara, nuansa alam yang asri dan sebagianya membuat curug menjadi tempat favorit untuk berlibur. Menikmati suasana yang tenang jauh dari keramaian kota dapat menghilangkan rasa penat di pikiran Anda.

Anda akan menemukan tiga air terjun di curug nan indah ini yang masing-masing memiliki filosofi tersendiri. Masyarakat sekitar menyebut air terjun yang tinggi sebagai ibu, sedangkan dua air terjun di sisinya disebut sebagai anak. Hal ini tak lepas dari sejarah Curug Orok yang dahulunya ada seorang ibu yang membuang bayi (orok) dari aliran air terjun ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Orok

1. Pemandangan yang Mempesona

Siapa yang tidak terkesima oleh pemandangan air terjun, seperti air terjun Orok di Garut ini. Sebelum melihat curugnya saja, Anda sudah dapat merasakan kesegarannya. Suara gemericik air yang mengalir seirama membuat Anda ingin segera merasakan sensasinya. Apalagi jika Anda berada di bawah air terjun langsung. Seolah tubuh Anda berada di daerah kutub karena dinginnya air yang mengalir.

Di samping kanan kiri Anda dapat menyaksikan rindangnya pohon pinus dan pohon-pohon lainnya. Air mengalir tenang memecah bebatuan yang ada di sisi kanan kirinya. Sungguh pemandangan yang menakjubkan mata.

2. Akses Perjalanan Mudah Dicapai

Jarak Curug Orok dengan Kota Garut tidaklah jauh sekitar 31 kilometer. Anda dapat menempuhnya menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Bahkan karena jalannya yang sudah berupa aspalan lumayan bagus, Anda dapat membawa kendaraan roda empat untuk sampai ke lokasi. Namun, harus tetap berhati-hati ya.

3. Kebersihan Air yang Masih Terjaga

Air terjun ini memiliki air yang masih terjaga kebersihannya. Air yang mengalir dari ketinggia 45 meter bersuhu dingin, tidak berbau, dan jernih. Kondisi air belum tercemar oleh aktivitas manusia sehingga sangat menyegarkan.

Debit air di curug nan cantik ini dipengaruhi oleh musim. Jika musim hujan, maka debit air di kolam akan tinggi (banyak). Namun, jika musim kemarau tiba maka debit airnya akan berkurang.

4. Berada di Tengah Hutan yang Asri

Curug Orok nan mempesona ini berada di tengah hutan Kota Garut yang dibalut oleh rindangnya pohon pinus. Selain dapat menikmati keindahan pesona air terjun, Anda juga dapat menikmati nuansa alam yang masih asri.

Bukti keasrian suasana curug juga ditambah adanya satwa liar berupa kera. Oleh karena itu, Anda juga perlu waspada terhadap barang bawaan Anda agar tidak memancing kera-kera untuk mengambilnya. Yang utama adalah selalu menjaga kebersihan alam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Curug orok Garut beralamat di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ketinggian curug nan cantik ini sekitar 250 meter dari permukaan air laut. Terdapat tiga titik di air terjun ini yang saling berdampingan di sisinya. Aliran airnya mengalir ke anak Sungai Cikahuripan.

Jarak kawasan air terjun dengan Kabupaten Garut kurang lebih sekitar 31 kilometer. Adapun untuk akses perjalanannya dapat menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Jika menggunakan transportasi umum, dari Terminal Garut naik elf dengan jurusan Garut-Bungbulang. Selain itu, Anda juga dapat naik angkutan umum jurusan Garut-Cikajang sampai di pertigaan Cibuluh. Kemudian naik ojek menuju lokasi wisata.

Akses jalan menuju Curug Orok sudah lumayan bagus. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika melewati pertigaan Jalan Papanggunan, Cikajang sampai ke lokasi yang dituju. Hal ini karena jalannya lumayan sempit untuk dilalaui kendaraan roda empat. Takutnya susah ketika harus berpapasan dengan kendaraan lawan arah.

Agar perjalanan ke lokasi tidak banyak salah arah, sebaiknya gunakan aplikasi google maps saja yang akan memandu perjalanan Anda.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun

Harga tiket masuk yang ditetapkan oleh pihak pengelola curug tidak membuat kantong Anda kosong. Anda hanya cukup membayar tiket Rp 10.000 per orang untuk menikmati pesona keindahan air terjun ini.

Adapun biaya parkir baik untuk kendaraan roda dua dan roda empat tidak termasuk dalam harga tiket masuk. Biasanya untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 2.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat dipatok harga Rp 5.000. Namun, harga bisa berubah sewaktu-waktu ya, jadi jangan dijadikan sebagai patokan yang kuat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Orok

1. Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun

Air yang mengalir dari ketinggian curug nan indah ini merupakan air pegunungan yang belum tercemar oleh polusi. Anda dapat merasakan kesegaran airnya karena suhu air ini masih sangat dingin. Airnya bersih jernih sehingga memancing Anda untuk berenang.

Dari kejauhan, Anda dapat melihat tiga air terjun yang sangat indah. Aliran air dari ketinggian menghantam bebatuan yang ada di bawahnya seolah menjadikan embun-embun yang semu.

2. Bermain Air

Rasanya masih ada yang kurang jika Anda datang ke curug tetapi belum merasakan dinginnya air yang mengalir. Anda dapat berenang di kolam atau sekedar mencelupkan kaki dari atas bebatuan untuk menghilangkan rasa lelah.

Anda juga dapat merasakan kesegaran air terjun Curug Orok di kolam renang yang lokasinya berdampingan dengan bebatuan besar. Mata air yang mengalir dikenal sebagai sumber air kehidupan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dan memang terbukti dari uji klinis bahwa aliran air tersebut banyak mengandung mineral.

3. Foto di Spot yang Hits

Tidak hanya menawarkan pesona keindahan alam yang memanjakan mata. Curug nan hits ini juga memiliki beberapa spot foto yang instagramable. Anda dapat memanfaatkannya untuk berfoto selfi atau foto bersama-sama kerabat dengan hasil yang keren.

4. Menikmati Kuliner

Di sekitar lokasi Curug Orok Garut terdapat beberapa warung yang menjual aneka kuliner. Setelah Anda puas bermain air, Anda dapat beristirahat di warung atau gazebo yang tersedia untuk menikmati aneka kuliner. Mulai dari makanan ringan sampai yang membuat perut merasa kenyang.

5. Berburu Cinderamata

Air terjun cantik ini memang bukan hal yang asing lagi bagi warga sekitar bahkan para wisatawan pecinta alam. Oleh karena itu, tak heran jika fasilitas yang ada juga sudah cukup memadai. Seperti halnya ada toko cinderamata yang sangat diminati oleh wisatawan.

Anda dapat membeli aneka cinderamata di toko-toko ini untuk dijadikan sebagai buah tangan. Ada aneka fashion, gantungan kunci, pernak-pernik perhiasan dan lain sebagainya.

6. Menginap di Sekitar Curug

Bagi Anda yang penasaran oleh nuansa curug di malam hari, maka dapat mengambil tempat untuk menginap. Fasilitas penginapan di sekitar curug cukup memadai. Banyak wisatawan yang menjadikan momen bermalam untuk menikmati dinginnya udara pegunungan. Adapun di pagi hari suasananya sangat asri terdengar suara cicit burung.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug Orok

1. Toilet

Toilet yang ada di lokasi curug dapat digunakan untuk mandi atau ganti baju setelah aktivitas berenang. Air yang tersedia juga cukup memadai dan bersih.

2. Mushola

Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas berupa mushola untuk dijadikan sebagai tempat beribadah bagi umat muslim.

3. Penginapan

Menginap sangat dianjurkan bagi Anda yang terasa lelah setelah seharian beraktivitas dan akan menempuh perjalanan yang jauh. Ada sejumlah villa yang berkualitas di dekat Curug Orok ini. Anda dapat membookingnya secara langsung atau dapat juga memesan di jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket menginap.

4. Warung

Anda juga dapat menikmati aneka kuliner yang dijajakan oleh para pedagang. Sambil menikmati pemandangan alam, juga sambil santai menikmati aneka kuliner dan minuman yang menghangatkan tubuh seperti kopi. Tentu suasana liburan akan semakin menyenangkan.

5. Toko Cinderamata

Sebuah lokasi yang sekaligus menyediakan fasilitas toko cinderamata merupakan suatu hal yang sangat diidamkan oleh pengunjung.

Ketika Anda ingin membeli cinderamata khas Curug Orok Garut, tidak perlu susah-susah karena sudah tersedia di lokasi setempat.

6. Area Parkir Luas

Area parkir yang luas sangat dibutuhkan oleh wisatawan khususnya yang membawa kendaraan pribadi. Nah, air terjun ini memiliki fasilitas tersebut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir oleh lahan parkir yang tersedia.

Selain itu, keamanan parkir di lokasi curug juga cukup terjamin karena ada pihak yang bertanggung jawab. Pihak pengelola sudah bekerjasama dengan TNI untuk menghindari adanya parkir liar.

Demikianlah berbagai hal menarik seputar Curug Orok yang indah di Kabupaten Garut. Jadikan curug nan indah ini sebagai tujuan liburan Anda bersama keluarga ataupun teman. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi pihak terkait. Semoga liburan Anda semakin mengesankan.