Travel  

Desa Wisata Pentingsari, Desa Wisata dengan Sejuta Pesona di Sleman Jogja

Desa Wisata Pentingsari, Desa Wisata dengan Sejuta Pesona di Sleman Jogja

rekomendasi.co.id – Pada tahun 2021 lalu, pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sedang gencar melakukan sosialisasi terkait dengan program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Di acara tersebut, banyak sekali desa di Indonesia yang mendapat kesempatan untuk dijadikan sebagai tempat sosialisasi, termasuk Desa Wisata Pentingsari.

Tujuan dari program sosialisasi ini adalah untuk mendukung Desa Pentingsari agar menjadi desa wisata yang berkelas internasional.Tidak heran jika saat ini desa tersebut sangat dikenal oleh para turis. Banyak sekali daya tarik termasuk aktivitas yang bisa anda lakukan di Pentingsari. Kawasan tersebut menjadi spot terbaik bagi anda untuk menghabiskan waktu di Sleman Yogyakarta.

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Wisata Pentingsari

1. Pemandangan Khas Lereng Gunung

Daya tarik pertama yang ditawarkan oleh Desa Pentingsari adalah pemandangan alamnya yang indah khas lereng gunung. Posisinya yang hanya 11 kilometer dari puncak erapi membuat kawasan tersebut terlihat hijau dan asri. Udara disana juga terasa segar sehingga menjadi spot yang cocok untuk melepas penat setelah beraktivitas.

Turis mancanegara yang datang ke Pentingsari selalu puas dengan pemandangan alamnya yang menawan. Keindahan yang ada di sana mampu membuat siapapun merasa tercengang. Belum lagi masyarakatnya sangat ramah dan masih mempertahankan budaya setempat. Sejatinya desa ini telah dirintis sejak tahun 2008 sehingga kondisinya saat ini sudah sangat siap dijadikan desa wisata.

2. Kehidupan Pedesaan yang Tenang dan Nyaman

Saat menginap di Desa Wisata Pentingsari, anda bisa melihat secara langsung bagaimana keseharian masyarakat sekitar. Bahkan anda bisa saja terlibat dalam aktivitas tersebut dalam berbagai bidang, termasuk seni budaya. Sejumlah kegiatan yang ditawarkan akan membuat anda mengenal lebih dalam bagaimana kehidupan pedesaan yang berbanding terbalik dengan perkotaan.

Demi merasakan daya tarik yang satu ini, anda bisa mengambil paket wisata selama 4 hari 3 malam. Di waktu tersebut, anda akan bergabung secara langsung di tengah masyarakat sekaligus memiliki waktu yang cukup untuk membuat memori yang menyenangkan. Anda tidak perlu khawatir karena di desa wisata ini sudah banyak homestay yang nyaman dan bersih.

3. Sambutan dengan Tari Punokawan

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari akan disambut dengan tari tradisional setempat yang dikenal dengan nama tari punakawan. Punakawan sendiri merupakan pengikut kesatria yang populer dalam tokoh pewayangan. Jumlah penari ada 4 orang sesuai dengan jumlah tokoh punakawan yang ada dalam budaya jawa.

Empat tokoh punakawan yang menjadi karakter dalam tarian tersebut adalah Semar, Bagong, Petruk, dan Gareng. Tarian ini akan menjadi sambutan bagi setaip pengunjung yang datang sehingga anda akan merasakan bagimana ramahnya masyarakat setempat karena telah memberikan sambutan yang meriah.

4. Tempat yang Pas untuk Belajar dan Bermain

Jika anda kira keseharian di Pentingsari hanya keliling dan mengagumi alam maka anda salah besar. Daya tarik yang dimiliki oleh kawasan tersebut tidak hanya dari panoramanya saja, melainkan dari kegiatan sehari hari masyarakat yang mayoritas adalah beternak dan bercocok tanam. Anda akan diajak bagaimana cara beternak dan menanam tanaman dengan baik.

Di sana juga banyak aktivitas lao yang dijamin tidak akan membuat anda merasa bosan. Kegiatan lain yang dimaksud adalah outbond, menyusuri sungai, dan berkeliling dengan jeep. Anda tidak perlu khawatir karena semuanya sudah dibawah pengawasan fasilitator lokal sehingga dijamin aman. Waktu yang anda habiskan di Desa Wisata Pentingsari tidak akan terasa lama.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Desa Pentingsari berlokasi di lereng gunung merapi yang jaraknya hanya sekitar 22,5 km dari pusat Jogja. Jika saat ini anda berada di Malioboro, maka waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar 48 menit. Jalur yang anda lalui adalah lewat jalan Kaliurang. Rute tersebut adalah yang paling cepat dibandingkan dengan rute yang lain, termasuk via Jl. Palagan Tentara Pelajar.

Lantas dimana alamat lengkap dari Desa Wisata Pentingsari? Jawabannya adalah di Pentingsari Umbulharjo Sleman Yogyakarta. Jika perjalanan dimulai dari bunker kaliadem, maka ambillah jalan menuju Jl. Kembang sari kemudian belok ke kiri ke Jl. Raya Merapi Golf. Perjalanan tidak akan jauh dari Kantor Kepala Desa Umbulharjo .

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Pentingsari

Untuk bisa berwisata di Desa Pentingsari, anda bisa mengambil paket yang telah ditawarkan. Harga setiap paket berbeda beda, misalnya saja paket satu hari satu malam adalah 356 ribu per orang. Sedangkan untuk paket empat hari tiga malam adalah 745 ribu per orang. Selian dua paket ini, anda bisa memilih durasi yang lain yaitu dua hari dua malam yang dibanderol 635 ribu.

Jam operasional dari Desa Pentingsari ini tergantung dari jadwal atau rundown yang telah disiapkan oleh panitia. Nantinya sudah ada ada kegiatan dari masing masing pake yang bisa dilakukan oleh para wisatawan. Bagi anda yang datang bersama dengan rombongan besar tidak perlu khawatir, karena bisa memilih beberapa kegiatan saja sesuai dengan kebutuhan acara.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Desa Pentingsari

1. Menikmati Pertunjukan Tari Punakawan

Setiap wisatawan yang datang ke Desa Wisata Pentingsari akan disambut dengan tarian punakawan yang khas dari Jawa Tengah. Sambutan ini dilakukan di awal saat anda baru menginjakan kaki di Desa Pentingsari. Di saat yang bersamaan, anda akan mendapat penjelasan seputar program dan pembagian homestay.

2. Jelajah Desa

Kegiatan kedua yang masuk dalam kategori eksporasi alam adalah jelajah desa favorit ini. Kegiatan tersebut akan dipandu langsung oleh warga atau fasilitator lokal sehingga anda akan mengenal setiap wujud keindahan panorama yang ada di Pentingsari. Anda bisa melihat bagaimana alam mendukung setiap kebutuhan masyarakat dengan baik.

3. Susur Sungai dan Naik Jeep

Wisatawan yang datang bisa merasakan bagaiaman serunya kegiatan susur sungai. Aktivitas tersebut dilakukan dengan aman karena sudah ada alat pendukung yang mempuni. Anda hanya pelru mengikuti instruksi yang diberikan dan merasakan bagaiaman segarnya air sungai yang mengalir dari mata air di puncak merapi.

Masih berhubungan dengan sungai, anda juga bisa merasakan bagaimana serunya melintasi sungai dengan naik jeep. Jeep yang digunakan telah dimodifikasi khusus agar wisatawan tetap aman dan nyaman. Perjalanan menuju sungai yang penuh dengan kerikil akan memacu adrenalin. Selain itu, siapkan diri untuk basah terutama di bagian punggung karena air yang nyiprat.

4. Belajar Gamelan

Dalam paket wisata yang disediakan, anda akan diajak untuk mengenal setiap bagian dari budaya Desa Wisata Pentingsari. Oleh karena itu, anda akan diajarkan bagaimana cara memainkan gamelan dengan baik. sudah ada instruktur yang akan memandu agar anda bisa memukul note yang tepat. Anda tidak perlu malu karena semua wisatawan akan belajar bersama sama.

5. Menanam Padi

Salah satu aktivitas yang ditawarkan dan bisa anda pilih adalah menanam padi. Anda akan diajak untuk masuk ke lahan dan menanam bibit secara langsung. Aktivitas ini menjadi kegiatan yang sangat dinanti wisatawan, terutama anak anak. Mereka sangat senang saat beraktivitas di lumpur karena merupakan sebuah pengalaman yang baru.

6. Menangkap Ikan

Keseruan anda di Desa Pentingsari tidak lengkap jika anda tidak mencoba kegiatan menangkap ikan. Aktivitas ini bisa dilakukan bersama dengan keluarga maupun rombongan dalam jumlah yang besar. Lokasi menangkap ikan ini sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata termasuk dengan alat alat nya. Anda hanya perlu datang dan ikut menikmati kegiatannya.

Fasilitas yang Tersedia di Desa Wisata

1. Homestay

Setiap pengunjung yang mengambil paket bermalam tidak perlu khawatir karena biaya tiket yang dibayarkan sudah termasuk biaya sewa kamar. Anda tidak perlu pusing mencari penginapan sendiri karena semuanya sudah serba terkoordinir. Anda yang datang bersama dengan rombongan dan ingin mengadakan acara khusus juga bisa menyewa homestay yang ada di kawasan desa wisata.

Harga sewa homestay per orang adalah 150 ribu. namun jika tujuannya adalah untuk camping, maka sewa saja ground camping dengan harga sekitar 35 ribu/hari/orang. Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan penginapan, anda bisa hubungi pihak pengelola Desa Wisata Pentingsari atau mampir ke website resminya di desawisatapentingsari.com.

2. Aula

Fasilitas kedua yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan adalah aula. Anda yang datang dengan rombongan bisa menyewa aula tersebut untuk mengadakan acara. Aulanya cukup besar dan bisa menampung orang banyak sehingga anda hanya perlu mengkomunikasikannya pada pihak manajemen agar bisa disiapkan sesuai dengan request.

3. Perangkat Sound System

Perangkat sound system menjadi komponen penting dalam sebuah acara. Berkaitan dengan benda tersebut, anda tidak perlu membawanya sendiri dari rumah. Anda bisa menyewa sound system dengan harga sekitar 250 ribu per hari. Dengan begitu, kegiatan yang anda lakukan bersama rombongan di Desa Pentingsari bisa berjalan dengan lancar.

Informasi terkait dengan Desa Wisata Pentingsari sudah sepatutnya anda ketahui agar tidak kehabisan spot wisata saat berkunjung ke Jogja. Sejatinya masih banyak kegiatan yang belum tersampaikan dalam artikel ini. Beberapa diantaranya adalah membatik, membuat tempe, bakti sosial, dan belajar tari. Daripada penasaran, langsung saja tetapkan waktu untuk berwisata di desa ini.