Dian: Lupa Bawa Kartu JKN? Pake KIS Digital Aja 

Dian: Lupa Bawa Kartu JKN? Pake KIS Digital Aja 

TRIBUNNEWS.COM, BAUBAU – Menjaga pola hidup sehat harus terus dilakukan oleh seluruh masyarakat, baik muda maupun usia lanjut. Hal tersebut perlu dilakukan sebab penyakit tidak akan mengenal usia. Pada kondisi seseorang yang sehat bisa saja rentan terhadap serangan penyakit tertentu. 

Oleh sebab itu, cakap menjaga kesehatan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, memiliki jaminan kesehatan tak kalah pentingnya di era digital sekarang ini.

Seperti yang pernah dialami oleh Dian Ekayanti Putri (25), warga Kota Baubau. Saat ditemui di sela-sela kesibukannya, dirinya menceritakan tentang pengalamannya beberapa waktu yang lalu. 

“Di bulan Mei 2022, saya tiba-tiba mengalami nyeri kaki dan membuat kaki saya sebelah kanan tidak bisa merasakan apa-apa dan tidak bisa digerakkan, kemudian saya dilarikan ke UGD RS Siloam Baubau untuk mendapatkan penanganan pertama. Ketika diperiksa oleh dokter saya didiagnosa sprain and strain of ankle dan dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut ke dokter orthopedi. Setiba disana untuk yang saya rasakan pelayanannya cukup cepat dan perawatnya ramah. Padahal saya adalah peserta JKN dengan hak kelas 3, tetapi tetap dilayani dengan baik,” ungkapnya, Senin (11/7/2022). 

Dian mengakui telah terdaftar sejak 2018 yang lalu sebagai peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri. Terhitung sudah lebih dari 5 (lima) tahun dia rutin membayar iuran JKN miliknya. 

“Saya sangat bersyukur selama menjadi peserta JKN saya tidak pernah sakit. Namun yang namanya musibah tidak bisa kita prediksi kapan datangnya. Makanya itu penting sekali untuk punya kartu JKN ini. Lagipula sekarang ini jaman sudah semakin canggih, jika kita mau berobat dan lupa membawa kartu JKN, maka kita bisa menggunakan KTP saja sudah bisa dilayani, bahkan kita juga bisa hanya dengan menunjukkan kartu KIS digital melalui aplikasi Mobile JKN yang ada di handphone kita masing-masing, dapat dipastikan kita dapat mengakses pelayanan kesehatan,” tambahnya. 

Sebagai generasi muda mileneal, Dian mengimbau untuk kamu muda untuk senantiasa peduli terhadap kesehatan sendiri dan juga wajib punya kartu JKN.

Apalagi, dengan perkembangan digital yang terus dilakukan oleh BPJS Kesehatan melalui penggunaan KIS digital, dirinya mengatakan penyesuaian tersebut sangat relevan dengan pola hidup generasi modern. 

“Oleh karena itu, Program JKN akan lebih mudah diterima oleh kawula muda. Selain mudah digunakan, program ini juga tentunya sangat dibutuhkan oleh semua pihak. Untuk itu saya berharap, BPJS Kesehatan terus berinovasi dan terus melalukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik ke depan,” tutupnya.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.