Travel  

Dusun Semilir, Tempat Wisata Populer Semarang Ada Perosotan Raksasa

Dusun Semilir, Tempat Wisata Populer Semarang Ada Perosotan Raksasa

rekomendasi.co.id – – Dusun Semilir adalah tempat wisata di Kabupaten Semarang yang punya berbagai fasilitas dan wahana menarik.

Alamat lengkapnya ada di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Keberadaan Dusun Semilir mudah ditemukan karena tepat berada di samping jalan utama Semarang-Bawen.

General Manajer Dusun Semilir Ajris Sufata mengatakan, konsep tempat wisata ini memang beragam, mulai wisata air, wisata permainan, wisata foto, hingga wisata kuliner

“Di Dusun Semilir, pengunjung bisa memilih berbagai aktivitas, mulai dari jual beli, belanja, seni dan budaya, olahraga, permainan outdoor. Bonusnya adalah bisa berwisata,” kata Ajris Sufata kepada Kompas.com, Sabtu (29/4/2022).

Ia melanjutkan, keunikan Dusun Semilir yang membuatnya berbeda dari tempat wisata lain adalah terkait bangunan utamanya.

Ada bangunan yang didesain mirip candi berdiri megah di area wisata. Masyarakat ada yang menyebut bangunan botol, bahkan mirip bawang.

Sebenarnya bangunan utama Dusun Semilir itu terinspirasi dari stupa di Candi Borobudur yang dipadukan dengan logo provinsi Jawa Tengah.

Pada bangunan utama diketahui ada tujuh stupa, lalu terdapat pula kolam buatan yang membuatnya makin indah.

“Apalagi dari Dusun Semilir daerah Ungaran sampai Telomoyo bisa terlihat sehingga Dusun Semilir jadi makin unik,” imbuh Ajris.

Beragam wahana di Dusun Semilir

Daya tarik lainnya yang tak kalah unik dan banyak diburu pengunjung adalah adanya perosotan raksasa setinggi 40 meter.

“Panjang lintasannya mencapai 120 meter juga memberikan keunikan tersendiri, bahkan membuat wahana ini banyak dicontoh oleh wisata lain,” ujar Ajris.

Wisatawan yang mampir ke Dusun Semilir selain bisa foto-foto atau santai sambil bersenang-senang mencoba berbagai wahana seru juga bisa menikmati live music.

Live music di Dusun Semilir juga unik karena biasanya akan diiringi dengan musik angklung hingga saxophone.

Dusun Semilir juga punya wahana permainan anak-anak, mulai dari kereta, boom-boom car, trem, sampai playground yang luas, semua tersedia.

Sementara itu, untuk remaja dan dewasa bisa bermain prosotan, panahan, tembak-tembakkan hingga naik ATV, JIP, sepeda listrik, atau masuk ke wisata omah suwung.