Bisnis  

Erick Thohir Tantang Mahasiswa Ciptakan Game

Erick Thohir Tantang Mahasiswa Ciptakan Game

rekomendasi.co.id – Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melihat besarnya potensi ekonomi digital di Indonesia. Salah satunya adaah potensi pengembangan game lokal. Erick Thohir pun menantang para mahasiswa untuk bisa mengembangkan game hingga di kenal di dunia.

Erick Thohir menjelaskan, selama ini Indonesia hanya menjadi pasar. Oleh karena itu, demi mengembangkan potensi ekonomi digital dan menahan serbuan produk asing, ia meminta mahasiswa menjadi pencipta.

Enam+

“Jika sekarang masih main game buatan asing, maka selanjutnya harus ada game lokal yang menarik minat orang kita sendiri. Jangan sampai penduduk kita yang banyak ini dimanfaatkan pihak lain,” kata Erick di Universitas Negeri Semarang (Unnes), dikutip Minggu (30/10/2022).

Erick mengatakan, Kementerian BUMN terus mendorong secara maksimal munculnya talenta kreatif generasi muda. Menurut Erick, negara membutuhkan generasi muda untuk mengembangkan knowledge base economy sehingga akan lahir banyak inovasi yang dibutuhkan Indonesia untuk bersaing dengan negara lain.

“Hal itu dibutuhkan karena ekonomi digital Indonesia akan tumbuh menjadi 4.500 trilyun rupiah di tahun 2030. Itu artinya di Asia Tenggara kita rajanya dengan menguasai 30 persen,” ungkapnya.

Erick Thohir memproyeksikan, Indonesia tengah memerlukan sebanyak 17 juta tenaga kerja yang melek teknologi untuk mengembangkan ekonomi digital. Oleh karena itu, Erick meminta kepada para mahasiwa tak henti mengembangkan potensi-potensi digital sehingga akan terbangun ekosistem digital Indonesia

“Jadi kalian harus siapkan diri karena 2030 itu delapan tahun lagi. Generasi muda harus kembangkan inovasi karena itu akan menjadi kekuatan di masa depan untuk bersaing,” ujar Erick.

Kementerian BUMN sendiri berkomitmen untuk terus mendukung agar ekosistem digital itu berkembang. Penugasan secara spesifik pun diberikan kepada Telkom dan Telkomsel agar tidak tumpang tindih.

“Jika Telkom ditugaskan untuk urusan B to B dan infrastruktur digital, seperti data cloud, fiber optic, maka Telkomsel menangani B to C dengan bangun konten-konten seperti health, fintech, dan lain-lain. Jadi kalian generasi muda harus manfaatkan apa yang siapkan pemerintah demi masa depan,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Telkomsel Gelar Festival Game DG Con 2022 di Jakarta

Telkomsel mengumumkan bakal menggelar festival games Dunia Games Con atau DG Con 2022 pada 28 sampai 30 Oktober 2022 mendatang, di Basket Hall Senayan, Jakarta.

DG Con 2022 akan menghadirkan sejumlah rangkaian kegiatan seru guna memberikan pengalaman terbaik bagi para pegiat serta pelaku industri gaming dan esports Indonesia.

Beberapa acara ini seperti event seminar interaktif dari berbagai profesional di ekosistem games dan esports (DG Fest), malam penghargaan bagi para insan gaming (DG Awards), hingga turnamen Free Fire melalui Dunia Games League (DGL) 2022.

Selain itu, ada juga rangkaian kegiatan dikemas dalam konsep hiburan yang atraktif, seperti cosplay competition, celebrity fun match hingga penampilan musik dari artis dan band ternama.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana melalui siaran persnya, ditulis Senin (24/10/2022) mengungkapkan, DG Con 2022 merupakan gabungan dari beberapa acara Dunia Games sebelumnya,

“Kegiatan ini merupakan gabungan dari kesuksesan dua kegiatan sebelumnya, yakni DG Fest dan DG Award, yang mana pada penghujung tahun lalu mencapai 1,7 juta visitor di metaverse serta turnamen tahunan Dunia Games League, dengan 10 juta penonton di tahun sebelumnya,” ujarnya.

DG Con 2022 sendiri digelar dengan konsep hybrid event, yang akan diawali dengan DG Verse yang mengusung teknologi virtual world dengan 3D metaverse, untuk menikmati berbagai keseruan di tiap zona virtual yang tersedia.

Enam+

Berbagai Ruang Virtual di DG Verse

DG Verse sudah bisa diakses mulai 21 Oktober 2022 dengan mengunjungi tautan dgcon.duniagames.co.id. Saat mengakses DG Verse, pengunjung bisa membuat avatar dalam format human dan non-human character, yang dapat disesuaikan dengan kepribadian dan minat pengunjung.

Ada beberapa ruang virtual yang digelar di DG Verse seperti DG Exhibition yang menjadi wadah bagi pengunjung menikmati showcase layanan dari mitra penyedia layanan gaming serta ragam hiburan menarik dari booth virtual.

Kemudian ada DG Mall sebagai zona virtual untuk pengunjung melakukan pembelian makanan dan minuman.

Zona DG Plaza & Esports juga dihadirkan dan menawarkan berbagai produk dan layanan digital gaming unggulan dari Dunia Games Telkomsel serta informasi terkini dari berbagai tim esports ternama.

Lalu ada zona DG Awards, dimana pengunjung berkesempatan untuk melakukan voting kandidat terbaik dari 20 kategori nominasi DG Awards 2022 melalui teknologi metaverse mulai 21-25 Oktober 2022.

Untuk acara utama DG Con 2022 di 28 sampai 30 Oktober 2022 secara luring, pengunjung bisa mengikuti beragam sesi seminar interaktif dengan topik industri gaming dan esports Indonesia, dengan lebih dari 50 narasumber dari para ahli, pegiat, dan profesional.

Enam+

Penghargaan DG Awards 2022

DG Con 2022 juga menggelar malam penghargaan DG Awards 2022 bagi para insan gaming yang telah berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekosistem dan industri games & esports di Indonesia.

Sejumlah kategori yang akan diumumkan di DG Awards 2022 antara lain Male & Female Esports Player of The Year, Esports Team of The Year, Game Publisher of The Year, Esports Coach of The Year, dan berbagai lainnya.

Telkomsel juga akan mengumumkan insan penerima penghargaan Top Lifetime Achievement 2022.

Di malam puncak, Dunia Games Telkomsel juga akan menggelar Grand Final Dunia Games League (DGL) 2022, yang sebelumnya sudah digelar sejak September 2022.

Pengunjung juga dapat mengunjungi Games Exhibition Area yang menampilkan showcase produk dari sejumlah publisher gaming, tim esports, hiburan mini games, hingga penyedia konsol atau perangkat gaming.