Gerakan BerkAH Nilai Pidato Jokowi Bentuk Dukungan untuk Airlangga

Gerakan BerkAH Nilai Pidato Jokowi Bentuk Dukungan untuk Airlangga

Gerakan BerkAH Nilai Pidato Jokowi Bentuk Dukungan untuk Airlangga

Presiden Jokowi dan Airlangga Hartarto berbincang dengan sejumlah senior Partai Golkar saat acara puncak peringatan HUT Partai Golkar. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA – Pidato Presiden Joko Widodo dalam perayaan HUT Partai Golkar merupakan sinyal dukungan kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024.

Hal itu dinyatakan oleh Ikhwanul, juru bicara Gerakan BerkAH, yang merupakan organ relawan berbasis anak muda, intelektual dan komunitas kreatif yang mendukung pencapresan Airlangga sebagai Calon Presiden 2024.

Pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut Airlangga Hartarto sebagai sosok calon presiden yang memiliki jam terbang tinggi dinilai bukan hanya sebagai pengakuan terhadap kinerja dan kapasitasnya sebagai Menko Perekonomian.

Namun lebih luas juga merupakan pernyataan politik yang realistis terkait kepentingan kepemimpinan nasional untuk merespon situasi ekonomi politik global ke depan paska pemerintahan Jokowi.

“Pernyataan Presiden Jokowi menurut saya sangat clear merupakan sinyal dukungan bagi Pak Airlangga untuk maju sebagai capres dalam Pilpres 2024 nanti. Hal itu merupakan pernyataan objektif sekaligus rasional dan politis. Objektif karena sebagai Menko Perekonomian, Pak Airlangga berhasil menjalankan tugas dari Pak Jokowi untuk menghadapi situasi pandemi dan krisis sosial-ekonomi yang diakibatkan oleh Covid-19. Sebagai Ketum Golkar Pak Airlangga mampu membangun kolaborasi politik dengan berbagai kekuatan untuk mewujudkan situasi stabil dan kondusif,” jelas Ikhwanul, Senin (24/10).

Secara rasional, menurut Ikhwanul, pernyataan Jokowi juga sangat relevan mengingat tantangan Indonesia dan dunia hari ini dan ke depan adalah mengatasi berbagai persoalan sosial ekonomi dan politik.

“Sosok Pak Airlangga yang tenang, bisa diterima oleh berbagai pihak dan memiliki kompetensi memperkuat kepercayaan publik dan dunia usaha terhadap kemampuan pemerintah,” ujar dia.

Alumnus Universitas Brawijaya ini menambahkan secara kalkulasi politik pernyataan Presiden Jokowi mencerminkan sebuah pernyataan negarawan.

Pidato Presiden Jokowi dalam perayaan HUT Partai Golkar merupakan sinyal dukungan kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News


Artikel ini bersumber dari www.jpnn.com.

error: Content is protected !!