Eric Thohir Telah Mengganti Direksi KAI Dan Menunjuk Mantan Bank Corsec Mandiri Sebagai Direktur

admin

Jakarta Menteri BUMN Eric Tohir telah merombak jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero). Ada dua posisi manajemen yang diubah Eric Thohir.

Eric Thohir menunjuk Rudy Aturidha sebagai Direktur Bisnis dan Pengembangan Korporasi KAI dan John Roberto sebagai Direktur Manajemen Strategis dan Manajemen Fasilitas KAI. Demikian Nomor BUMN tanggal 28 November 2023. Hal ini tertuang dalam keputusan Menteri SK-322/MBU/11/2023.

Tentang Rudi As Atredha sebelumnya bekerja sebagai Sekretaris Perusahaan di Bank Mandiri dan John Roberto sebelumnya bekerja di KAI sebagai Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis.

Selain itu, Kementerian BUMN juga memberhentikan Eko Purwanto yang ditunjuk sebagai Direktur Senior PT Industri Kereta Api (Persero) sebagai Direktur Pengelolaan Fasilitas KAI.

Perwakilan Agus mewakili manajemen KAI juga mengucapkan terima kasih kepada Eko Purwanto atas dedikasinya kepada KAI.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Eko Purwanto atas pengabdian dan dedikasinya kepada PT KAI dalam membantu pengembangan perkeretaapian Indonesia,” kata Agus.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali menjalin kerja sama dengan perusahaan kereta api Jepang East Japan Railway (JR East). Salah satunya adalah pembelian fasilitas KRL.

Kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini menjadi titik terang rencana KAI Commuter membeli fasilitas atau KRL baru untuk diimpor. JR East disebut bermitra dengan KAI dan KAI Commuter untuk pembelian fasilitas KRL.

“Memorandum Saling Pengertian ini merupakan pembaharuan kerjasama yang telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir. KAI Group terus menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan internasional, termasuk JR East yang telah berpengalaman di bidang perkeretaapian Jepang dan memiliki reputasi yang sangat baik di bidang perkeretaapian. Dedic Hartan, Ketua Umum KAI “Keamanan, Pelayanan dan Ketepatan Waktu,” kata Dedik Hartantio dalam keterangannya, Selasa (28 November 2023).

Perlu diketahui, nota kesepahaman ini berlaku mulai tahun depan hingga 31 Desember 2024. Ruang lingkup kerja sama meliputi pendidikan dan pelatihan, pengadaan fasilitas dan suku cadang perkeretaapian, pengembangan berorientasi transportasi, dan pertukaran tenaga profesional. Relevansi sumber daya berdasarkan permintaan dan pertukaran informasi serta pemecahan masalah di bidang perkeretaapian dan bidang terkait lainnya.

KAI Commuter, bagian dari KAI Group, saat ini beroperasi sebagai operator rute komuter yang mengangkut dan melayani rata-rata lebih dari 1 juta pengguna per hari di seluruh wilayah operasi.

“Tentunya kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan bekerja sama dengan banyak pihak untuk menciptakan ekosistem transportasi perkotaan yang memudahkan masyarakat dalam bepergian,” kata Dedig.

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Direktur Personalia dan Humas KAI Suparno, CEO KAI Commuter Asdo Arrivyanto, dan Direktur Eksekutif JR East International Cooperation Headquarters Shunzo Miyake.

Tags

Related Post

Leave a Comment