Fitur One-View Telah Kembali Ke WhatsApp Web Dan Desktop

admin

Jakarta – Meta dikabarkan telah menghadirkan kembali fitur tampilan satu kali untuk mengirim foto dan video ke WhatsApp web atau desktop setelah sebelumnya menghapusnya selama setahun karena alasan privasi.

Menurut laporan News18, Senin (27 November 2023), fitur tersebut akan tersedia di aplikasi desktop WhatsApp di Windows serta di perangkat yang terhubung melalui WhatsApp Beta di macOS dan iPad.

Perlu diketahui bahwa fitur Lihat Sekali ini telah diluncurkan di WhatsApp Web dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman privasi pengguna dengan memberi mereka opsi untuk mengirim file media yang hanya dapat dilihat satu kali.

Hal ini memberikan lapisan keamanan tambahan, terutama bagi mereka yang tidak ingin menyimpan file media tertentu di perangkat penerima.

Fitur Lihat Sekali WhatsApp juga berguna untuk berbagi file media sensitif yang hanya perlu dilihat satu kali dan tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Pengguna yang ingin menggunakan fitur tampilan tunggal di desktop dapat menginstal pembaruan WhatsApp terbaru yang dirilis untuk Windows, macOS, dan WhatsApp Web.

Peluncuran fitur baru di WhatsApp Web ini diterapkan secara bertahap, sehingga pengguna harus memeriksa pembaruan aplikasi secara rutin dan menunggu beberapa saat jika pembaruan belum tersedia.

Sementara itu, WhatsApp juga sedang mengerjakan fitur baru yang akan menampilkan informasi profil dalam obrolan.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat informasi profil kontak bahkan ketika kontak sedang offline, menggantikan informasi yang terakhir dilihat.

Sementara itu, aplikasi chat milik Meta dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pemilik saluran meminta peninjauan (banding) jika salurannya ditangguhkan.

Tujuan dari fitur baru ini adalah untuk memberikan mekanisme kepada pemilik saluran untuk menyelesaikan perselisihan atau kesalahpahaman yang menyebabkan penangguhan saluran. Demikian berdasarkan pemberitaan Akhbar 18, Jumat (24 November 2023).

Menurut WABetaInfo, saluran WhatsApp, seperti platform komunikasi atau streaming lainnya, harus mematuhi pedoman tertentu yang diuraikan dalam kebijakan saluran.

Kebijakan ini bertindak sebagai seperangkat aturan dan standar yang mengatur konten di saluran Anda. Tindakan ini secara otomatis akan menangguhkan saluran yang melanggar kebijakan.

“Berkat pembaruan beta terbaru WhatsApp 2.23.25.9 untuk Android, yang tersedia di Google Play Store, kami menemukan fitur baru untuk saluran yang ditangguhkan,” kata WABetaInfo.

Fitur Moderasi Saluran WhatsApp membantu memberikan keadilan kepada pemilik saluran dan mengurangi komentar ilegal atau tidak disengaja.

Perlu diingat bahwa peninjauan otomatis sering kali dilakukan berdasarkan algoritme atau kriteria yang telah ditentukan sebelumnya untuk menegakkan kebijakan platform.

Namun, meskipun algoritma ini efisien, algoritma ini tidak selalu sempurna dan kesalahan dapat terjadi. Oleh karena itu, kami memperkenalkan fitur ini agar pemilik saluran dapat meminta peninjauan terhadap saluran yang ditangguhkan.

“Mengizinkan pemilik saluran untuk meminta peninjauan manual memberikan peluang untuk memperbaiki keputusan yang tidak disengaja atau salah dan memastikan bahwa saluran yang ditangguhkan pada akhirnya dipulihkan,” kata laporan WABetaInfo.

Sementara itu, CEO Meta Mark Zuckerberg baru-baru ini mengumumkan bahwa fitur WhatsApp Channels telah menjangkau 500 juta pengguna aktif bulanan.

Mark Zuckerberg mengatakan dalam saluran resminya yang dikutip Kamis (16/11/2023): “Kami memiliki 500 juta pengguna aktif di saluran WhatsApp kami dalam tujuh minggu pertama. Senang melihat komunitas WA begitu terlibat.” .

Mengutip siaran persnya, WhatsApp pun membagikan beberapa informasi terbaru mengenai fitur Channels. WhatsApp kini menawarkan stiker yang dapat Anda gunakan di saluran Anda.

Selain itu, WhatsApp mengaku mendapat respons positif dari pengguna yang senang menerima pembaruan dari saluran favoritnya.

Manajer saluran juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk berinteraksi lebih dekat dengan pengikutnya.

Berdasarkan platform perpesanan tersebut, beberapa channel di WhatsApp yang sangat populer di kalangan pengguna Indonesia antara lain BMKG, NBA Indonesia, dan Masak.TV.

Melalui saluran yang sama, pengguna bisa mendapatkan informasi terkini yang diinginkan langsung dari tim, organisasi, dan orang favoritnya melalui WhatsApp.

Sebelumnya dikabarkan bahwa WhatsApp sedang mengerjakan fitur untuk membuat nama pengguna untuk saluran WhatsApp. Mengutip laporan News18, Senin (13 November 2023), fitur tersebut akan tersedia pada pembaruan aplikasi mendatang.

“Berkat pembaruan WhatsApp 2.23.24.17 versi beta untuk Android yang tersedia di Google Play Store, kami menemukan bahwa WhatsApp sedang mengerjakan fitur yang menghubungkan nama pengguna ke saluran,” tulis WABetaInfo.

Menurut laporan, aplikasi Metaini berfungsi untuk memberikan dukungan prosesor pada saluran tersebut. Artinya saluran tertentu dapat dibuka menggunakan nama pengguna pemiliknya.

Pembaruan ini mencakup fitur tambahan untuk saluran, seperti tautan saluran yang dipersonalisasi berdasarkan nama pengguna saat ini.

Hal ini memudahkan pemilik dan pengikut saluran untuk berbagi dan menemukan saluran favorit mereka. Pengguna dapat berbagi informasi saluran dengan lebih konsisten tanpa harus membagikan tautan yang rumit.

Nama pengguna yang unik juga memudahkan untuk mengidentifikasi saluran Anda. “Kami pikir ini akan sangat berguna bagi siapa pun yang ingin membangun identitas unik dan membuat saluran mereka lebih mudah diakses,” kata WABetaInfo.

Tags

Related Post

Leave a Comment