RITS Berencana Meluncurkan Teknologi Pembayaran Tanpa Kartu MLFF Ke Publik Pada Awal Tahun 2024

admin

Jakarta Indonesia mulai menguji coba teknologi jalan tol nirsentuh atau Multi-Lane Free Flow (MLFF) di tol Bali-Mandara pada Jumat, 15 Desember 2023.

Terkait teknologi baru tersebut, Direktur PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Rinaldi Otomo Djogadikosumo menargetkan akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat pada awal tahun 2024.

“Saya harap kami bisa melakukannya di awal tahun. “Ini pembahasannya kapan bisa dilakukan pelatihan dan kita harapkan bisa dimulai dari awal tahun,” kata Rinaldi kepada wartawan di Pantai Nusa Dua, Bali, Sabtu (16 Desember 2023).

Rinaldi mengatakan inisiatif ini masih dalam tahap awal sehingga masih banyak ruang untuk perbaikan pada sistem pembayaran tanpa kartu itu sendiri. Pengalaman awal ini masih terbatas pada beberapa senyawa saja.

Karena uji coba ini merupakan domain dan kewenangan Departemen PUPR yang mempunyai implikasi hukum, maka segala informasi yang diberikan kepada masyarakat diteruskan kepada Departemen PUPR dan BPJT sebagai pemegang kewenangan.

Rinaldi menjelaskan, “Jika Kementerian PUPR ingin mencapai uji coba pada Desember 2023, uji coba MLFF perlu dipindahkan ke skala yang lebih kecil dan terbatas di Tol Mandala Bali,” jelas Rinaldi.

Rinaldi menambahkan, MLFF bukan hanya proyek strategis Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan di sektor transportasi, namun juga merupakan langkah penting bagi Indonesia untuk memodernisasi jaringan transportasinya dengan teknologi yang andal, maju, dan memberikan standar bagi negara lain untuk melakukan transformasi sistem tolnya.

Direktur PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Rinaldi Otomo Djojahadikosumo mengatakan pengujian teknologi Multi-Lane Free Flow (MLFF) atau pembayaran tol tanpa kartu dilakukan setiap hari di gerbang tol Ngurah Rai.

“Hari ini kami melanjutkan proses penindakan internal PUPR. “Ini masih dalam tahap awal kesepakatan PUPR untuk memaksimalkan hasilnya,” jelas Rinaldi kepada wartawan di hotel Nusa Dua Beach Bali, Sabtu (16 Desember 2023).

Rinaldi menambahkan, sistem MLFF sendiri masih memerlukan banyak penyempurnaan karena sistemnya masih dalam tahap awal. Pengalaman awal ini masih terbatas pada beberapa senyawa saja. Ia juga mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas kesempatan uji coba teknologi MLFF di jalan tol Bali.

Karena uji coba ini merupakan domain dan kewenangan Departemen PUPR yang mempunyai implikasi hukum, maka segala informasi yang diberikan kepada masyarakat diteruskan kepada Departemen PUPR dan BPJT sebagai pemegang kewenangan.

“Sebagaimana disampaikan Kementerian PUPR, uji coba MLFF sebaiknya dipindahkan ke skala yang lebih kecil dan terbatas di Tol Mandala Bali agar bisa dilaksanakan pada Desember 2023.”

Pada tahap uji coba ini, Rinaldi menjelaskan Roatex masih fokus pada aspek teknis teknologi MLFF. Teknologi MLFF ini sudah diterapkan di luar negeri dan tidak menggunakan rel atau pembatas, namun di Indonesia akan tetap menggunakan rel pada tahap uji coba.

“Di luar negeri yang menerapkan sistem ini, tidak ada (gerbang tol),” jelas Rinaldi. Dan karena ini Indonesia, saya mendapat banyak nasehat. “Kami masih menggunakan penghalang tersebut karena kami mendengarkan rekomendasi pemerintah.”

Menurut Rinaldi, ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari sistem MLFF yang saat ini sedang diuji karena masih menggunakan crossbar. Sistem MLFF sendiri sudah siap Roatex, tetapi memerlukan pengujian karena ada transisi tambahan yang menggunakan penghalang.

Dalam uji coba awal ini, Rinaldi mengaku merasa terhormat para pengusaha di jalan tol juga turut membantu.

Rinaldi menutup sambutannya dengan mengatakan, “Ini merupakan kolaborasi bersama dan hasilnya juga bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.”

Tags

Related Post

Leave a Comment