Travel  

Jendela Alam Lembang, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Lembang Bandung

rekomendasi.co.id – Jendela Alam Lembang merupakan wisata edukasi di Bandung Barat yang selalu ramai saat musim libur sekolah tiba, karena disini anak-anak bisa banyak belajar sambil bermain tentang dunia pertanian, perkebunan dan peternakan secara langsung. Jadi jika Anda sebagai orang tua yang tinggal di daerah Bandung dan sekitarnya mencari spot wisata edukasi yang menarik untuk anak, maka tempat ini adalah pilihan yang tepat.

Jendela Alam memiliki beberapa beragam aktivitas menarik seperti berkeliling mengunjungi berbagai taman ini ke beberapa perkebunan tanaman obat, taman hidroponik, green house tomat cherry dan rumah jamur tiram. Selain itu, anak juga bisa mengunjungi rumah rusa, rumah reptil, rumah kelinci, rumah kuda poni, rumah kambing etawa dan peternakan ayam arab.

Selain mengunjungi spot menarik yang tersedia, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas seperti memanen sayur dan telur dari hasil perkebunan dan peternakan yang ada disini. Wisatawan juga bisa melakukan aktivitas seru lain seperti bermain air di sebuah kolam yang terdapat ikan. Wisatawan juga boleh menangkap ikan-ikan yang berada di kolam tersebut.

Harga Tiket dan Jam Operasional Jendela Alam

Untuk harga tiket masuk ke Jendela Alam Lembang bisa dikatakan sangat murah dan terjangkau. Karena disini Anda dapat menikmati keindahan alam yang sangat bagus dengan berbagai wahana dan fasilitas yang lengkap. Harga tiket masuk saat weekend atau sabtu minggu adalah Rp 25 ribu per pengunjung, dan untuk hari senin sampai jumat tiket masuknya Rp 20 ribu per pengunjung.

Perlu Anda ketahui juga bahwa harga tiket masuk yang disebutkan di atas hanyalah tiket masuk untuk masuk ke wisata Jendela Alam saja. Untuk menikmati permainan dan kegiatan yang ada disediakan, Anda akan dikenakan biaya tiket lagi. Harga tiket setiap permainan atau kegiatan berkisar antara Rp 15 ribu sampai Rp 35 ribu.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke wisata edukasi yang ada di Lembang juga harus mengetahui jam operasionalnya. Pengunjung bisa datang di hari senin sampai jumat buka dari Jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Sedangkan untuk hari sabtu dan minggu, tempat ini buka dari jam 9 pagi sampai tutup jam 5 sore.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi Wisata

Jendela Alam adalah salah satu wisata edukasi yang berada di Bandung Barat, tepatnya ada di Lembang di daerah Cihideung di Jalan Sersan Bajuri KM 4,5. Lokasi wisata edukasi di Lembang ini mudah ditemukan karena berada di dekat Komplek Graha Puspa. Jalan utama untuk akses ke lokasi ini berada di di Jalan Sersan Bajuri, sehingga sangat mudah dilalui oleh kendaraan roda empat bahkan bus pariwisata.

Jika Anda ingin mengetahui rute lokasi ke kawasan wisata, maka jika Anda berangkat dari Bandung, maka harus menuju ke Jalan Setiabudi, kemudian dilanjutkan ke daerah Ledeng, lalu belok ke arah Terminal Ledeng di Jalan Sersan Bajuri dan Anda harus mengikuti jalan ini untuk sampai ke lokasi.

Jika Anda berangkat dari Lembang, maka Anda harus berangkat ke arah Parongpong, setelah masuk ke gerbang belakang kompleks Graha Puspita maka Anda sudah sampai ke lokasi dari wisata edukasi terbaik di Lembang. Disarankan saat ingin ke Jendela Alam, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi, karena susah mendapatkan angkutan umum untuk sampai ke lokasi destinasi edukasi ini.

Daya Tarik Jendela Alam Lembang

Jendela Alam yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, provisnsi Jawa Barat, tepatnya ada di Kecamatan Parongpong ini akan selalu ramai dikunjungi rombongan wisata. Rombongan wisata yang datang ke sini bukan hanya masyarakat Bandung saja. Melainkan banyak rombongan wisata pelajar yang berasal dari luar kota Bandung. Tujuan mereka datang kesini biasanya adalah untuk melakukan study tour. Jadi walaupun bukan hari libur, wisata edukasi di Lembang ini selalu ramai wisatawan. Karena disini memiliki beragam daya tarik, seperti:

1. Jendela Edukasi

Jendela Alam Lembang memiliki banyak spot yang bisa dijadikan untuk sarana edukasi. Wisatawan dapat melakukan Tour Sahabat Alam. Pada saat melakukan Tour Sahabat Alam, wisatawan akan diajak untuk berkeliling ke beberapa tempat dengan didampingi oleh seorang Guide. Guide disini berperan menjelaskan semua hal yang ditemui saat berkeliling di area taman edukasi ini.

Wisatawan akan diajak mengunjungi area taman greenhouse tomat cherry, rumah jamur tiram, taan hidroponik, dan taman tanaman obat. Selain itu wisatawan juga akan diajak untuk mengunjungi spot peternakan ayam arab, rumah kambing etawa, rumah kuda poni, rumah rusa totol, rumah reptil dan rumah kelinci.

Selain itu, saat melakukan tour Jendela Edukasi wisatawan juga akan diajak untuk melakukan kegiatan berkebun konvensional. Kegiatan berkebun konvensional ini sangat bermanfaat untuk memperkenalkan dan memberikan pengalaman tentang cara berkebun secara langsung. Sehingga wisatawan jadi bisa mengetahui cara menggunakan alat berkebun dan cara bercocok tanam yang baik dan benar.

Selain itu, saat melakukan tour Jendela Edukasi terdapat juga aktivitas seperti berburu harta karun, panen tomat cherry, panen telur, membuat terarium, membuat telur asin, membuat yoghurt, membuat cincau dan kegiatan lainnya seperti memberi makan hewan.

2. Jendela Seni

Selanjutnya ada spot menarik lainnya yang bisa wisatawan lakukan di Jendela Alam yaitu mengunjungi spot Jendela Seni. Pada spot Jendela Seni Wisatawan bisa melakukan kegiatan seperti menghias layang-layang dan menghias tanah liat.

Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas dan imajinasi. Jadi saat berada disini, sebaiknya wisatawan terutama anak-anak tidak boleh melewatkan spot Jendela Seni, karena disini orang tua dapat membantu anak untuk meningkatkan kreatifitas dan imajinasinya.

3. Jendela Permainan

Spot selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Jendela Permainan. Pada spot ini wisatawan bisa melakukan berbagai permainan seru seperti menangkap ikan, perang-perangan air, berenang di kolam renang, menggiring bebek, berkuda, bermain flying fox, tarik tambang, hula-hula, permainan balon transfer, four stroke race, balap balon, magic ball, floating water stick, dan permainan lainnya yang menyenangkan.

4. Jendela Workshop

Wisatawan yang datang ke destinasi edukasi ini juga bisa mengikuti kegiatan bernama Jendela Workshop. Ada beberapa workshop yang bisa wisatawan ikuti seperti workshop bedah anatomi hewan, workshop telur, workshop hidroponik, workshop biogas, workshop membuat kompos, workshop takakura, dan workshop menarik lainnya.

5. Pesona Sahabat Alam di Jendela Alam Lembang

Terdapat sebuah area dengan luas sekitar 4 hektar yang dijadikan sebagai Pesona Sahabat Alam yang menjadi area pertanian konvensional. Di area ini wisatawan bisa menjelajahi sebuah perkebunan dan pertanian. Saat datang di masa panen, wisatawan dapat memetik hasil panen di area pertanian dan perkebunan Pesona Sahabat Alam.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Belajar Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Wisatawan dapat melakukan aktivitas yang seru dan menyenangkan terutama untuk Anda yang membawa anak, atau datang bersama rombongan sekolah yaitu dengan belajar tentang dunia pertanian, perkebunan dan peternakan. Disini wisatawan bisa berkeliling ke kebun dan pertanian dengan berbagai jenis tanaman, selain itu terdapat juga rumah-rumah yang dijadikan sebagai area peternakan beberapa hewan seperti rusa, kuda, kambing, ayam, kelinci dan reptil.

2. Menikmati Wahana Permainan Seru dan Menyenangkan

Saat berada di Jendela Alam wisatawan juga dapat melakukan aktivitas yang seru dan menyenangkan dengan menyewa beberapa wahana permainan yang ada disini. Wisatawan dapat menikmati permainan seperti berenang di kolam renang, menangkap ikan, berkuda, bermain flying fox, menggiring bebek, perang-perangan air, bermain tarik tambang dan melakukan permainan lainnya.

3. Panen Hasil Peternakan dan Perkebunan

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan adalah ikut panen hasil ternak dan hasil perkebunan yang ada disini. Wisatawan bisa ikut memanen hasil telur yang dihasilkan dari peternakan ayam yang ada disini. Selain itu jika masa panen perkebunan dan pertanian tiba, wisatawan juga dapat ikut dalam proses panen beberapa sayuran seperti memetik tomat cherry, dan memetik jenis sayuran lainnya yang sudah siap panen.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Jendela Alam

Fasilitas yang ada di Jendela Alam Lembang tentunya sudah sangat lengkap, karena disini wisatawan dapat menemukan fasilitas seperti mushola, kedai alam, peternakan, perkebunan, aula, mini waterboom, toilet atau wc umum, tempat parkir luas, pedagang dan warung makan, dan fasilitas penunjang lainnya.

Jadi bisa dikatakan saat kita Berwisata Alam di tempat ini, tidak perlu khawatir soal fasilitas disini tidak lengkap, yang terkadang membuat wisatawan kecewa saat datang ke sebuah tempat wisata.

Jadi itulah informasi menarik tentang Jendela Alam Lembang Wisata yang hits di Bandung Barat. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda bisa lebih mengetahui wahana atau aktivitas menarik apa saja yang bisa Anda lakukan disini bersama anak atau rombongan wisata saat menghabiskan waktu liburan di wisata edukasi ini.

error: Content is protected !!