Travel  

Kampung Singkur Pengalengan, Tempat Rekreasi Seru Tepi Sungai di Bandung

Kampung Singkur Pengalengan, Tempat Rekreasi Seru Tepi Sungai di Bandung

rekomendasi.co.id – Bandung yang dijuluki sebagai Paris van Java dikenal memiliki keindahan yang begitu menawan. Tidak heran jika di sana bisa ditemukan banyak sekali objek wisata alam dengan pesona rupawan yang selalu berhasil menggaet wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal saja, melainkan banyak pula wisatawan mancanegara yang tertarik untuk berkunjung.

Salah satu objek wisata alam yang tidak boleh anda lewatkan selama berada di Bandung yaitu Kampung Singkur. Kampung wisata ini berada di daerah Pangalengan, Kabupaten Bandung. Lokasinya yang dikelilingi deretan hutan pinus menjulang tinggi benar benar memanjakan mata. Belum lagi udara di sekitar yang begitu sejuk akan menemani anda selama berada di destinasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Singkur

1. Sungai yang Cantik

Di kampung wisata ini, anda bisa menemukan sebuah sungai indah yang masih begitu alami dan bersih. Alirannya sendiri ditata sedemikian rupa oleh pihak pengelola, sehingga para pengunjung dapat lebih menikmatinya. Yang mana aliran sungai tersebut ada di antara deretan pohon pinus menjulang tinggi.

Sehingga ketika berada di area tersebut, maka anda akan merasakan hawa yang begitu sejuk dengan angin semilir berhembus di sekitar. Pesona keindahan sungai semakin rupawan dengan adanya jembatan cantik terbuat dari kayu yang ditempatkan di aliran sungainya. Selain dimanfaatkan sebagai tempat menikmati keindahan sungai lebih dekat, jembatan juga sering dijadikan sebagai spot foto.

Meskipun pengunjungnya tengah ramai atau anda harus antre untuk foto di jembatan, semua hal tersebut tidak mengurangi pesona aliran sungai Kampung Singkur. Khususnya bagi anda yang ingin mencari ketenangan. Karena rasa tenang dan tentram di sana mampu memberikan rasa nyaman ketika anda berlama lama di lokasi.

2. Villa Murah dengan View Sungai

Apabila anda ingin menikmati wisata alam ini lebih lama, anda bisa mencoba untuk bermalam di villa yang tersedia di lokasi. Tidak perlu khawatir perihal harganya, karena villa yang disediakan di kampung wisata tersebut dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau per malamnya.

Yang mana penginapan di Kampung Singkur kurang lebih hanya seharga Rp. 600.000 per unit, dengan kapasitas sekitar 4 orang. Bahkan ada yang dibanderol dengan harga Rp. 350.000 per malam. Tampilan penginapan di sini memang sangat tradisional, bahkan bangunannya terbuat dari kayu dan bambu.

Namun hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri, karena membuat pengunjung seolah menyatu dengan alam. Bahkan view sungai yang cantik langsung terlihat ketika anda keluar dari penginapan di pagi hari. Selain itu, tersedia pula kamar mandi dalam yang bisa anda nikmati meskipun penginapan ini mengusung konsep tradisional.

3. Spot Foto Instagenic

Sebagai wisata alam yang beroperasi di tengah era modern seperti sekarang, Kampung Singkur juga menawarkan daya tarik yang tentunya disukai masyarakat millenials saat ini. Apalagi jika bukan spot foto Instagenic yang tersedia di sana. Deretan spot foto tersebut bisa dinikmati secara gratis, cocok bagi anda yang tidak ingin bermain wahana apapun selama berada di destinasi.

Spot foto yang dimaksud yakni tangga dan jembatan bambu yang tersebar di seluruh area. Kedua elemen tersebut tidak hanya menjadi sarana pendukung semata, tapi juga sering dimanfaatkan menjadi spot foto menarik. Bahkan memasang hammock di antara hutan pinus sudah menjadi kebiasaan bagi para pengunjung untuk mendapatkan potret ciamik.

4. Tersedia Banyak Wahana

Berbagai keseruan bisa anda rasakan ketika berlibur ke Kampung Singkur. Karena di sini sudah tersedia banyak sekali wahana asyik yang bisa dicoba oleh para pengunjung. Mulai dari rafting, tubing, offroad, paintball, flying fox, dan masih banyak lagi. Dimana untuk menikmati keseruan tersebut, anda perlu membayar biaya di luar harga tiket.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Bagi anda yang ingin menikmati semua keseruan di kampung wisata ini, bisa langsung datang ke alamat Jalan Raya Situ Cileunca KM.4, Warnasari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Letaknya berada di sepanjang Jalan Raya Utama Rahong, jadi anda bisa menemukannya dengan mudah.

Dari Kota Bandung sendiri, jaraknya sekitar 50 kilometer atau membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Anda bisa mengikuti rute Jalan Tol Soroja atau melalui Tol Moh. Toha untuk sampai di Kampung Singkur. Dimana kedua rute tersebut menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

Anda bisa menemukan hamparan kebun teh hijau yang menyejukkan mata selama berada d perjalanan. Dengan pemandangan tersebut, tentu udara menyegarkan akan menemani anda selama menuju lokasi. Akses jalannya pun termasuk mudah dilewati, jadi anda bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan apabila ingin berkunjung ke sana.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Kampung wisata yang ada di Pangalengan ini dibuka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 07.00 sampai dengan 19.00 WIB. Pastikan anda datang pada jam operasional tersebut untuk menikmati semua keseruan yang ada. Dimana setiap pengunjung perlu membayar tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau. Adapun tarif tiketnya adalah Rp. 10.000 saja per orangnya.

Namun tarif tiket belum termasuk berbagai wahana yang ada di dalamnya, seperti rafting, tubing, camping, paintball, flying fox, ataupun offroad. Selain itu, tiket masuk juga tidak mencakup retribusi parkir. Harga yang tertera pun dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Anda bisa mengecek informasi terbaru di official website Kampung Singkur jika ingin berkunjung.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kampung Singkur

1. Rafting dan Tubing

Wahana permainan di sungai seperti rafting dan tubing adalah aktivitas utama yang ditawarkan di kampung wisata ini. Keduanya sangat cocok dimainkan bersama dengan keluarga, sahabat, teman, maupun kolega kantor. Untuk rafting, anda akan diajak mengarungi sungai dengan perahu karet sejauh 5 kilometer.

Sedangkan tubing akan mengajak anda mengarungi sungai sejauh 400 sampai 700 meter dengan menggunakan ban pelampung. Arus sungainya cukup deras, sehingga anda akan mendapatkan pengalaman menarik selama rafting maupun tubing. Tapi anda tidak perlu khawatir jika mengajak anak anak, karena sudah tersedia pemandu yang akan mendampingi selama berarung jeram.

2. Paintball dan Flying Fox

Kampung Singkur menyediakan berbagai wahana outbound yang bisa dijajal oleh para pengunjung. Di antaranya yaitu paintball dan flying fox yang dijadikan sebagai favorit bagi para wisatawan. Melalui wahana flying fox, anda bisa merasakan serunya meluncur di antara pepohonan dari ketinggian.

Dan paint ball akan mengajak anda berperang menggunakan senjata peluru cat di tengah area hutan. Sehingga sangat cocok dimanfaatkan untuk meningkatkan kekompakan dengan keluarga maupun kerabat. Paint ball bahkan termasuk ke dalam paket team building yang pas sekali untuk retret.

3. Offroad

Apabila paint ball dan flying dinilai kurang menantang, anda bisa mencoba offroad yang menantang adrenalin di kampung wisata ini. Dengan offroad, pengunjung akan diajak berkendara melewati jalur yang ekstrem menggunakan Land Rover. Yang mana terdapat dua rute tersedia untuk dipilih oleh wisatawan.

Anda bisa memilih rute Gunung Tilu maupun Gambung. Keduanya akan membawa anda bergumul di area tanah yang berada di sekitar kebun teh. Sepanjang perjalanan tersebut, anda akan dimanjakan dengan udara sejuk dari kawasan kebun teh di dataran tinggi. Titik akhirnya sendiri yaitu di area Situ Cileunca.

4. Camping dan Penginapan

Mau menikmati keindahan wisata alam di Kampung Singkur lebih lama ? Tentu sangat bisa, karena di objek wisata ini sudah tersedia camping ground dan penginapan untuk disewa oleh pengunjung. Area camping bisa disewa dengan harga mulai dari Rp. 50.000 untuk satu malamnya, dan anda akan mendapat fasilitas area camping, penerangan, mushola, dan toilet.

Sedangkan penginapan di kampung wisata ini menyediakan view sungai cantik yang akan memanjakan mata ketika anda keluar dari penginapan di pagi hari. Fasilitas yang akan didapat antara lain perlengkapan tidur, welcome drink, makan 1x, snack 1x, toilet, api unggun, dan sudah termasuk tiket masuk wisata.

5. Hunting Foto

Melihat keindahan yang rupawan di destinasi Kampung Singkur, tentu kurang afdol apabila anda tidak berburu foto selama rekreasi di sana. Meskipun wahana yang tersedia di sini memang begitu mengasyikkan, sehingga anda mungkin sampai lupa mengabadikan momen. Namun sebaiknya sempatkan diri untuk mengambil potret setidaknya satu atau dua buah.

Karena keindahan yang ditawarkan memang patut untuk diabadikan, dan pengalaman berharga selama menjajal berbagai wahana yang ada di lokasi juga perlu dikenang dalam bentuk potret. Para wisatawan yang pernah berkunjung ke sini umumnya seringkali berfoto dengan latar Sungai Palayangan yang terlihat bersih dan masih begitu asri. Cocok untuk menambah stock foto di media sosial.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Kampung Singkur menjadi salah satu wisata alam yang sudah sangat populer sejak pertama kali diresmikan pada tahun 2019 silam. Sejak saat itu, destinasi tersebut telah berhasil menggaet banyak wisatawan baik lokal maupun asing. Tidak heran jika pihak pengelola pun terus menghadirkan fasilitas mumpuni untuk memanjakan para pengunjung.

Adapun fasilitas yang tersedia di lokasi antara lain area parkir yang luas, spot foto yang ciamik, mushola, toilet, camping ground, sampai tempat makan. Selain itu, tersedia pula berbagai wahana menarik yang dapat ditemukan dan dicoba di destinasi. Dengan berbagai fasilitas tersebut, dijamin anda akan betah berlama lama di sana.

Objek Wisata Terdekatt dari Kampung Singkur

1. Curug Bangku

Selain berbagai keseruan dan fasilitas yang ditawarkan, banyaknya wisatawan berkunjung ke Kampung Singkur lantaran tempatnya tergolong strategis. Sehingga para wisatawan pun bisa berkunjung ke objek wisata lainnya yang ada di sekitar kampung wisata tersebut. Salah satunya yakni Curug Bangku yang hanya berjarak kurang lebih 15,7 kilometer saja.

Nama curug ini sendiri disematkan demikian lantaran bentuknya yang dianggap mirip dengan bangku sekolah. Ketinggian air terjunnya sekitar 30 meter, dengan pemandangan yang masih sangat alami. Sehingga anda bisa menikmatinya sebagai salah satu objek wisata alam lainnya di daerah Pangalengan.

2. Perkebunan Teh Cukul

Perkebunan Teh Cukul juga berada di daerah Pangalengan, Kabupaten Bandung. Tepatnya di Jalan Cukul, Desa Sukaluyu yang jaraknya tidak begitu jauh dari Wisata Singkur. Perkebunan ini sendiri berada di atas ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, dengan menyajikan hamparan kebun teh berwarna hijau yang menyejukkan mata. Lokasinya benar benar cocok untuk menikmati sunset maupun sunrise.

Jika anda mencari tempat wisata keluarga di Bandung, memang ada banyak sekali tempat yang bisa direkomendasikan. Salah satunya yaitu Kampung Singkur yang ada di kawasan Warnasari, Pangalengan. Wisata alam ini menyajikan pemandangan tepi sungai yang indah, berbagai wahana seru, dan tentunya spot foto ciamik yang cocok untuk para millenials.