Travel  

Karacak Valley, Spot Camping Seru di Tengah Sejuknya Hutan Pinus Garut

Karacak Valley, Spot Camping Seru di Tengah Sejuknya Hutan Pinus Garut

rekomendasi.co.id – Menikmati suasana alam pegunungan yang sejuk adalah pilihan tepat untuk menikmati waktu libur dan mengunjungi Karacak Valley di Garut adalah pilihan yang tepat. Di tempat ini, Ada dapat menikmati keindahan alam pegunungan dan panorama Kota Garut yang indah dari atas ketinggian.

Kawasan wisata ini juga menyediakan berbagai pemandangan yang menarik lainnya, seperti pesona air terjunnya, kawasan hutan pinus, dan suasana sore hari yang menyajikan sunset yang menawan. Untuk lebih mengetahui gambaran tentang keseruan apa saja yang bisa dinikmati di Karacak Valley, di bawah ini kami menyajikan informasi lengkapnya.

Harga Tiket Masuk Karacak Valley

Untuk dapat menikmati pemandangan yang indah Lembah Karacak, Anda butuh mengeluarkan biaya untuk tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang dewasa dan Rp 5.000 untuk tiket masuk anak-anak. Sementara untuk tarif parkir kendaraan seperti mobil Rp 5.000 dan motor Rp 3.000.

Jika wisatawan yang datang ingin menikmati pesona keindahan Karacak Valley lebih lama, maka bisa menyewa tenda yang sudah disediakan oleh pengelola. Harga sewanya adalah Rp 50.000 per malamnya.

Untuk jam operasionalnya dibuka selama 24 jam, karena wisatawan bisa berkunjung kapan saja untuk menikmati pesona alam yang ada di kawasan lembah ini. Untuk waktu terbaik menikmati tempat ini adalah saat musim kemarau atau cuaca sedang cerah. Karena saat musim hujan, kondisi jalannya akan becek dan licin.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Ada banyak hal menarik yang dapat ditemukan saat berada di Karacak Valley. Anda bisa datang ke Kampung Pakuwon yang berada di Kelurahan Sukanegla, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lebih tepatnya lokasi wisata lembah ini di Gunung Karacak yang terletak di perbatasan Tasikmalaya dan Garut.

Dari pusat Kota Garut untuk menuju ke lembah eksotis ini dibutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit dan menempuh perjalanan yang jaraknya sekitar 10 KM. Lokasi wisata ini juga dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan roda 4 dan bus berukuran kecil.

Daya Tarik Wisata Karacak Valley

Tertarik menikmati destinasi alam di Garut ini, berikut beberapa daya tarik yang akan ditemukan wisatawan saat berkunjung, diantaranya:

1. Kawasan Hutan Pinus

Karena lokasinya yang berada di pegunungan atau perbukitan, tidak heran jika kawasan Karacak Valley dikelilingi pepohonan yang rindang. Pepohonan yang paling dominan disini adalah pohon pinus, sehingga membuat tempat ini memiliki view hutan pinus yang sangat menawan.

Saat pertama kali wisatawan sampai di lokasi parkir kendaraan, wisatawan langsung disajikan sebuah jalan setapak yang di kanan kirinya terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi. Sehingga saat perjalanan menuju lokasi wisatanya suasana hutan yang sejuk sangat terasa.

Selain terdapat pohon pinus, di kawasan ini Kita bisa melihat perkebunan kopi yang dikelola oleh masyarakat setempat. Sehingga bisa dikatakan saat berkunjung ke kawasan wisata ini, wisatawan benar-benar akan diajak untuk merasakan suasana hutan yang sejuk dan dingin. Ditambah lagi terdapat panorama hutan yang memanjakan mata.

2. Menikmati Pesona 2 Air Terjun yang Menawan

Selain memiliki panorama alam yang memukau dari hutan pinusnya, di Karacak Valley juga terdapat 2 buah air terjun atau curug yang bisa disinggahi. Untuk menuju ke Curug, wisatawan bisa berjalan dengan menyusuri jalan setapak dan mengikuti petunjuk arah yang ada disini. Perjalanan untuk sampai ke Curug diperkirakan sekitar 1 jam dan melewati jalur yang menanjak.

Selama perjalanan saat kelelahan tidak usah khawatir, karena di tempat ini sudah terdapat beberapa spot yang disediakan untuk beristirahat. Di kawasan wisata ini terdapat 2 buah air terjun atau curug, pertama ada Curug Kembar dan kedua ada Curug Ngebul. Untuk Curug Kembar, air terjun ini tidak tinggi dan aliran airnya juga tidak deras. Sehingga wisatawan dapat bermain air dengan aman di bawah air terjun. Di sekitar curug juga terdapat saung kecil dan balkon yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan sekitar.

Sedangkan untuk dapat menjangkau Curug Ngebul, wisatawan harus berjalan lebih jauh lagi untuk dapat menikmati keindahan dari air terjun ini. Curug Ngebul memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan suasana di tempat ini sangat tenang dan sejuk. Sehingga untuk yang suka berpetualang mengunjungi Curug Ngebul bisa menjadi pilihan tepat saat berwisata di Karacak Valley.

3. Menikmati Puncak Dogar

Saat berkunjung ke lembah ini tidak lengkap rasanya jika tidak naik sampai ke Puncak Dogar. Puncak Dogar memiliki pemandangan yang keren, karena viewnya langsung ke arah Kota Garut. Untuk mengunjungi Puncak Dogar, lokasinya tidak jauh dari area untuk camping. Di puncak ini wisatawan dapat melihat jelas pemandangan dataran kota Garut yang sangat keren tanpa penghalang apapun.

Biasanya wisatawan banyak yang naik ke Puncak Dogar di malam hari, karena view panorama kota Garut dari atas puncak saat malam hari sangatlah keren. Dari Puncak Dogar terlihat sangat jelas dataran kota Garut yang dihiasi lampu-lampu perkotaan yang sangat indah. Saat menikmati suasana malam di Puncak Dogar, jangan lupa untuk mengambil foto di tempat ini. Karena dijamin hasil foto pada malam hari di Puncak Dogar sangat keren.

4. Camping Area

Bagi wisatawan yang hobi camping di gunung atau pegunungan, berkemah di Karacak Valley bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena di kawasan ini, pengelola telah menyediakan area untuk berkemah yang sangat nyaman. Selain itu area campingnya juga memiliki panorama yang indah karena dikelilingi oleh pohon pinus. Sehingga saat camping, wisatawan benar-benar akan menikmati suasana berkemah yang sejuk, santai dan nyaman.

Saat Anda camping di kawasan ini, jangan lupa untuk menyempatkan naik ke puncak Dogar untuk menikmati panorama keindahan Kota Garut di malam hari yang menawan. Saat melakukan camping, diharapkan wisatawan juga harus menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar kawasan wisata.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Naik ke Puncak Dogar

Aktivitas menarik yang tidak boleh wisatawan lewatkan saat berkunjung ke Karacak Valley adalah naik ke Puncak Dogar. Puncak yang menjadi spot favorit bagi banyak wisatawan yang datang kesini. Dari Puncak Dogar wisatawan dapat melihat pemandangan kota Garut dari ketinggian yang memiliki panorama yang sangat keren.

Untuk waktu terbaik mengunjungi Puncak Dogar adalah saat malam hari, karena view kota Garut dari atas puncak nampak kemerlap lampu kotanya yang terlihat sangat keren.

2. Camping di Karacak Valley

Bermalam di kawasan wisata ini juga bisa dikatakan wajib untuk dicoba, apalagi ketika Anda berasal dari luar kota Garut. Tidak lengkap rasanya jika Anda tidak bermalam di kawasan wisata ini. Camping di tempat ini bisa dikatakan sangat aman dan nyaman, karena pengelola wisata sudah menyediakan area khusus untuk digunakan wisatawan untuk berkemah.

Area camping ini berada di spot yang dikelilingi pohon pinus yang menjulang tinggi, selain itu view pemandangan di area camping ini juga sangat indah. Untuk yang tidak membawa tenda sendiri, bisa menyewa ke pengelola wisata, harga sewa sangat terjangkau mulai dari Rp 50 ribu sampai 120 ribu tergantung ukuran tenda.

3. Menikmati Keindahan Curug

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di destinasi Karacak Valley ini terdapat 2 buah curug yang bisa wisatawan kunjungi. Untuk mengunjungi curug yang ada disini, wisatawan harus berjalan sekitar 1 kilometer lebih dari loket tiket masuk. Sesampainya di Curug wisatawan bisa bermain air dan mandi di bawah air terjun yang memiliki air yang dingin dan menyegarkan.

4. Naik ke Puncak Karacak

Karena berada di kawasan pegunungan, untuk yang hobi naik gunung bisa meluangkan waktu untuk mencoba menikmati pemandangan kota Garut dari atas Puncak Karacak. Dari Puncak Karacak wisatawan dapat melihat jelas keindahan Pegunungan Cikuray.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Karacak Valley

Lembahh Karacak termasuk destinasi wisata populer di Garut yang selalu ramai utamanya saat akhir pekan dan musim liburan. Jadi tentu saja jika fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Wisatawan bisa menemukan fasilitas seperti area parkir luas, sudah memiliki mushola, ada wc umum atau toilet, terdapat juga kios-kios penjual makanan di sekitar kawasan wisata. Untuk yang ingin berkemah, pengelola wisata juga telah menyediakan penyewaan tenda dan hammock.

Demikian ulasan lengkap tentang Karacak Valley yang hits di Kabupaten Garut. Semoga dapat menjadi referensi destinasi liburan Anda selanjutnya. Anda bisa menikmati pesona wisata pegunungan yang ada di Garut ini bersama keluarga, teman-teman ataupun pasangan.

error: Content is protected !!