Travel  

Kawung Tilu Bojong Rangkas, Taman Wisata Alam Hits di Bekasi

Kawung Tilu Bojong Rangkas, Taman Wisata Alam Hits di Bekasi

rekomendasi.co.id – Tidak jauh dari kota besar, nyatanya Bekasi telah menyimpan banyak sekali potensi wisata yang menakjubkan dengan berbagai macam pesonanya. Ada berbagai jenis wisata yang ada di Bekasi ini, mulai dari alam, hiburan, edukasi dan masih banyak yang lainnya. Salah satu wisata Bekasi yang paling terkenal adalah Kawung Tilu yang berada di Bojong Rangkas, Cipayung.

Kawasan wisata yang disebutkan di atas bisa dikatakan masih baru, namun untuk kebersihannya jangan diragukan lagi, sebab area tersebut dikelola oleh para pemuda yang ada di Cibeet yang sangat hits di kalangan para wisatawan yang hadir. Bagi anda yang penasaran detail destinasi yang satu ini, maka ikuti penjelasan di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kawung Tilu

1. Mengusung Kawasan Wisata Adventure

Wisata yang ada di kawasan Cipayung ini mengusung konsep adventure. Destinasi wisata yang satu ini telah menyediakan wahana menantang. Wahana seru yang dimaksud disini antara lain seperti ATV, becak kecil, motor cross dan yang terakhir ada area panahan. Semua itu bisa anda nikmati di Kawung Tilu.

Pertama dimulai dengan ATV. Wahana yang satu ini paling banyak diminati oleh pengunjung yang masih tergolong remaja. Untuk ATV ini umumnya bakal di kendarai oleh 1 orang, namun tidak jarang juga yang menggunakan alat ini udah 2 orang sekaligus. Untuk penyewaan hanya seharga 20 an ribu saja.

Kedua ada motor cross dan juga becak kecil, untuk wahana yang satu ini paling banyak digunakan oleh wisatawan yang suka dengan tantangan. Ramuan untuk becak kecil ini umumnya hanya digunakan oleh wisatawan masih kecil, sekitar masuk di usia sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.

Terakhir ada panahan. Jika anda suka dengan wahana panahan, maka bisa langsung datang ke Kawung 3 Bojong Rangkas. Jangan khawatir, disana disediakan petugas yang akan bertanggung jawab memberi tahu tata cara mengoperasikan anak panah. Jadi sudah terjamin keamanannya. Untuk biaya wahana memanah ini hanya di bandrol 10 ribu per 10 busur.

2. Panorama Menarik

Meskipun wisata yang satu ini masuk dalam kawasan industri, namun untuk pemandangan nya jangan di ragukan lagi. Sebab jika sudah masuk di area wisata ini akan membuat anda merasa jauh dari pemukiman industri yang panas. Sebab jika sudah masuk di kawasan ini anda bakal melihat banyak wahana serta pepohonan yang tinggi.

Tidak hanya dengan pemandangannya yang memukau, anda juga akan di kejutkan dengan suasananya yang sejuk. Meski terdengar sangat mustahil, namun pada kenyataannya di Kawung Tilu hal tersebut benar terjadi. Adanya hawa yang sejuk ini diperoleh dari lingkungan yang penuh dengan berbagai pepohonan. Salah satu spot pohon yang banyak menjadi daya tarik wisatawan adalah adanya pinus.

3. Taman Kelinci dan Rusa

Bagian lain yang menjadi daya tarik dari tempat wisata yang satu ini adalah dengan adanya taman kelinci dan rusa yang tergolong luas. Area taman ini biasanya banyak dipadati pengunjung yang berwisata dengan keluarganya. Terlebih jika membawa anak-anak, dimana dengan mengunjungi area ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pemilihan area ini tepat untuk anak-anak, sebab mampu dijadikan edukasi yang bagus untuk tumbuh kembang buah hati. Disana anda dan buah hati bisa langsung berinteraksi dengan hewan kelinci dan rusa. Bahkan anda di Kawung Tilu juga bisa langsung memberi makan hewan tersebut.

4. Spot Selfie

Tidak ketinggalan, daya tarik yang paling banyak menjadi incaran pelancong dalam atau luar negeri adalah dengan adanya spot foto menarik. Mulai adanya perahu bambu dengan pemandangan sungai Cibeet di bagian bawahnya, rumah pohon, gapura kayu, payung yang di cat warna-warni yang akhirnya membuat suasana menjadi berwarna dan spot foto kece lainnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengabadikan momen dengan menggunakan latar belakang berbagai kata-kata yang sangat menggelitik. Dengan pemilihan tempat yang pas, maka akan membuat hasil foto anda bisa terlihat semakin unik. Dijamin jika di upload pada instagram bakal di hujani banyak like dan comment, saat berwisata di Kawung Tilu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Kawung 3 Bojong Rangkas berlokasi di Bekasi. Jika dilihat lebih lengkapnya berada di Kampung Ciranggon, Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, tepat di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Lokasi taman wisata ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota ataupun Kabupaten Bekasi. Untuk sampai di lokasi hanya membutuhkan jarak sekitar 15 km dalam waktu sekitar 40 menit.

Perlu di garis bawahi, jika kawasan wisata yang satu ini maka membutuhkan banyak kehati-hatian, sebab untuk akses ke lokasi tersebut terbilang cukup menantang. Bagi anda yang ingin berwisata di taman ini, maka sebaiknya untuk menggunakan kendaraan roda dua. Namun jika terlanjur memakai roda empat, maka akses ke lokasi bisa anda tempuh menggunakan jasa ojek motor.

Lalu untuk rute menuju Kawung Tilu bagaimana? Bagi anda yang datang ke lokasi ini bisa menggunakan dua rute. Pertama melalui SGC. Dari SGC, amka nad bisa langsung menuju arah Rengas Bandung Asem. Jika sudah, maka anda belok ke kanan serta mengikuti jalan hingga tiba di area Tugu Gandaria Cipayung. Dari arah tersebut, maka anda bisa belok ke kiri, lalu lurus sampai tiba di lokasi.

Rute kedua bisa anda lakukan perjalanan dari Tanjung Pura. Dari Tanjung Pura, anda bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju ke Pasar Bojong dan belok kiri hingga menemukan Pasar Ciranggon. Jika sudah, amka lanjutkan perjalanan sesuai dengan petunjuk jalan, bertanya kepada warga sekitar, atau menggunakan aplikasi google maps.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Untuk menikmati liburan asik di kawasan wisata Kawung Tilu Bojong Rangkas, maka anda hanya butuh membayar tiket masuk kurang lebih sebesar 15 ribu saja. Sementara itu untuk biaya parkir anda hanya membutuhkan tarif sebesar 2 ribu rupiah per sepeda motor. Dengan budget yang sangat terjangkau tersebut, maka anda bisa dengan leluasa menjelajahi setiap area wisata serta berburu foto.

Objek wisata yang ada di wilayah Bekasi ini buka setiap hari. Dimana untuk jam operasionalnya termasuk berbeda dengan berbagai destinasi lainnya. Dimana jam operasional sebagian besar dilakukan pada malam hari. Lebih tepatnya sekitar pukul 10 pagi hingga 12 malam WIB. Dengan jam operasional yang panjang tersebut, maka anda bisa leluasa datang di Kawung Tilu kapan saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kawung Tilu

1. Menikmati Permainan Adventure

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bagi anda yang datang ke lokasi ini, maka bisa melakukan banyak aktivitas menarik. Salah satu yang menjadi primadona adalah dengan menaiki wahana adventure. Ada banyak pilihan wahana dengan tema adventure, diantaranya adalah ATV, becak kecil, motor cross, dan juga area panahan.

Jika mengunjungi wahana ATV, maka bisa menggunakan jalur off road yang bisa dikatakan cukup menantang. Wahana permainan yang menguji adrenalin ini bisa dipakai oleh anak-anak hingga orang dewasa, sehingga momen liburan anda beserta keluarga atau sahabat tersayang menjadi lebih seru serta menyenangkan.

2. Kulineran Kawung 3 Bojong Rangkas

Untuk melepas penat dan menikmati hawa malam di lokasi wisata Kawung Tilu ini, maka anda dapat mampir dahulu ke Kawung Kafe Bekasi. Disana anda bisa memesan secangkir kopi serta makanan untuk menemani obrolan bersama keluarga tercinta atau sahabat. Momen santai saat menyeruput kopi serta menikmati makanan bisa lebih nikmat dengan iringan live musik yang merdu.

3. Melihat Pemandangan yang Mempesona

Disana nada juga bisa melihat banyak pemandangan yang mempesona. Dari berbagai pepohonan pinus yang berwarna hijau juga turut andil membuat pemnadangan terasa sangat sejuk serta asri. Meskipun berada di tengah kota industri, namun jangan pemandangan yang dilukiskan pada wisata ini sangatlah elok.

4. Mengabadikan Momen

Tidak ketinggalan, anda juga bisa mengabadikan momen berharga di Kawung 3 Bojong Rangkas bersama dengan keluarga atau sahabat. Sebab disana di sedikan banyak sekali spot foto yang keren. Mulai dari berbagai baground tulisan dengan kata-kata, perahu bambu, rumah pohon, gapura kayu, dan payung dan di cat warna-warni.

5. Menyaksikan Live Musik

Jangan salah meskipun bisa dikatakan wisata alam, nama berkunjung kesini rasanya anda bakal dibikin nyaman denganmu menikmati suara live musik dengan band yang profesional. Tidak jarang juga, anda bakal menemukan pengunjung yang request lagu kesukaannya, atau bahkan menyumbang lagu. Suasana semakin sahdu, sambil menikmati secangkir kopi dan makanan khas daerah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

1. Area Parkir yang Luas

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan jika mengunjungi kawasan wisata Kawung Tilu yang menarik ini. Di samping dengan banyaknya daya tarik yang ditawarkan, jika berkunjung di lokasi ini, maka ada juga bakal di sediakan fasilitas tempat parkir yang akan memudahkan dalam menjaga kendaraan supaya tetap aman.

Bila anda memarkirkan kendaraan di kawasan ini, maka akan terjamin keamanannya, sebab disana juga di jaga oleh juru parkir yang handal. Untuk menghargai jasa penyewaan parkir ini, anda hanya merogoh kocek kurang lebih sekitar 2 ribu rupiah saja untuk setiap kendaraan roda dua. Dengan harga segitu, anda bisa parkir di area tersebut sepuasnya.

2. Food Court yang Luas

Sama dengan tempat wisata alam maupun buatan yang lainnya, jika mengunjungi taman Kawung Tilu yang indah ini, maka anda juga bakal disediakan fasilitas food court yang menyajikan berbagai makanan dan minuman. Mulai dari yang hangat hingga dingin, olahan biasa hingga yang khas, semuanya tersedia di food court dengan bangunan yang luas ini.

3. Toilet yang Bersih

Tidak ketinggalan, anda juga disediakan toilet umum. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, anda tidak perlu lagi membayar alias gratis. Namun jangan salah, meskipun geratis namun untuk kebersihannya jangan diragukan lagi. Bahkan toilet ini disediakan cukup banyak, sehingga anda tidak perlu lagi bingung untuk antri.

4. Penginapan

Bagi anda yang datang jauh dari luar kota, pasti membutuhkan penginapan yang nyaman namun dengan harga yang terjangkau. Jangan khawatir, di sekitar wisata Kawung Tilu ini disediakan banyak tempat penginapan dengan berbagai harga. Mulai dari yang murah, sedang, hingga mahal, tergantung dengan fasilitas dan kebutuhan.

Kesimpulannya, bahwa Kawung 3 Bojong Rangkas di Bekasi mempunyai daya tarik seperti Mengusung Kawasan Wisata Adventure, Panorama Menarik, Taman Kelinci dan Rusa, dan juga adanya Spot Selfie. Disana anda bisa dengan mudah mengabadikan momen bersama keluarga hingga menaiki berbagai wahana yang menguji adrenalin, seperti ATV, motor cross, dan banyak lainnya.