Keadaan Membaik, Pariwisata Siap Kembali Menggeliat

Keadaan Membaik, Pariwisata Siap Kembali Menggeliat

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 08:20 WIB

VIVA Travel – Keadaan sudah semakin membaik di Tanah Air. Beberapa tempat wisata kini sudah ramai dengan para wisatawan. Berbagai daerah yang jadi favorit untuk melancong sudah terlihat lebih banyuak aktivitas dari sebelumnya. 

Untuk semakin mendukung hal tersebut dibutuhkan dari berbagai pihak. Salah satunya dari Visi Indonesia 2045 dan Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) 2020-2024. Kemkominfo berupaya untuk membangun fundamental digital nasional lebih secara lebih terstruktur dan masif. Di mana, salah satu tujuan strategis Kemenkominfo adalah untuk mendorong percepatan transformasi digital. 

Salah satu upaya Direktorat Ekonomi Digital Kominfo untuk merealisasikan tujuan strategis tersebut adalah untuk menginisiasi beberapa program akselerasi transformasi digital di beberapa sektor strategis termasuk pariwisata. Ada pula sektor pertanian, maritim, logistik, pendidikan, kesehatan yang akan dioptimalkan potensinya.

Ilustrasi wisatawan asing

Dalam menjalankan tugasnya sebagai fasilitator dan akselerator transformasi digital, Direktorat Ekonomi Digital Kominfo mengadakan acara Insight Sharing Session, Transformasi  Digital di 6 Sektor Strategis yang turut dihadiri oleh pemangku kepentingan ekosistem digital Indonesia termasuk Kementerian, Lembaga atau Dinas baik dari tingkat Pusat maupun Daerah.

“Dalam upaya menjalankan transformasi digital ini, kami tidak dapat bergerak sendiri. Kami akan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Kami juga akan mendorong pengembangan ekosistem digital diantaranya para pelaku start-up digital yang dapat mendukung pengembangan sektor strategis melalui sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian atau Lembaga terkait, Pemerintah Daerah di tingkat Provinsi, Kabupaten, Kota dan pihak-pihak lainnya dalam melakukan proses transformasi digital, sehingga diharapkan memberikan dampak signifikan  terhadap kemajuan perekonomian Indonesia,” kata Ir. I Nyoman Adhiarna M. Eng, Phd, Direktur Ekonomi Digital.

Acara Insight Sharing Session dibuka oleh I Nyoman Adhiarna bersama Kearney, sebuah perusahaan konsultansi manajemen global. Dalam pelaksanaannya acara ini dibagi dalam beberapa sesi diskusi yang dipandu oleh tenaga ahli dan praktisi dalam sektor terkait serta berkolaborasi dengan sejumlah start-up di bidang pertanian, maritim, logistik, pendidikan, kesehatan dan pariwisata.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.