News  

Kejar Target Bereskan Naturalisasi Amat-Walsh Jelang Piala AFF 2022

Kejar Target Bereskan Naturalisasi Amat-Walsh Jelang Piala AFF 2022

JawaPos.com-PSSI berharap naturalisasi dua pemain luar negeri yaitu Jordi Amat (Spanyol) dan Sandy Walsh (Belanda) menjadi warga negara Indonesia tuntas pada November 2022.

“Mudah-mudahan itu terwujud sehingga mereka bisa membela tim nasional Indonesia pada Desember 2022,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi di Jakarta, Jumat (28/10).

Yunus melanjutkan, saat ini, proses pewarganegaraan Jordi dan Sandy sudah mendekati akhir. Mereka tengah menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo dan melakukan sumpah sebagai WNI.

PSSI ingin Jordi Amat dan Sandy Walsh dapat memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2022 pada Desember 2022-Januari 2023.

Meski demikian, kalau pun sudah menjadi WNI, kedua pemain tersebut berpotensi tidak dapat berkompetisi di Piala AFF lantaran turnamen tersebut bukanlah bagian dari agenda FIFA. “Soal itu, kami berkomunikasi dengan klub-klub mereka. Ada beberapa klub yang rehat saat kompetisi itu. Kalau begitu, mungkin klub akan mengizinkan kecuali mereka sedang ada di kompetisi dan sangat dibutuhkan. Namun, kami juga tidak bisa memaksakan karena memang bukan ‘FIFA match day’,” tutur Yunus.

Jordi Amat (30 tahun) dan Sandy Walsh (27 tahun) merupakan pesepak bola berposisi bek yang masing-masing berasal dari Spanyol serta Belanda, dan lama berkarier di Eropa.

Jordi sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis, dan kini merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta’zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia. (*)

 

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.