Kementerian PUPR Siap Kerjakan Lahan 2 Hektare untuk Relokasi Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur

Kementerian PUPR Siap Kerjakan Lahan 2 Hektare untuk Relokasi Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur

rekomendasi.co.id – JAKARTA, Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya siap mengerjakan lahan seluas 2 hektare untuk merelokasi warga yang rumahnya rusak berat karena gempa Cianjur, Jawa Barat. Menurut data terakhir, jumlah rumah yang rusak berat sebanyak 11.000 unit, 11.000 rusak sedang, dan 22.000 rusak ringan.

“Itu 70 persen dari dua hektare biasanya (bisa dibangun rumah), Saat ini sedang dicheck, baru nanti land clearing. Kami ditugasi (rumah) yang rusak berat. Kalau harus relokasi, sekarang baru ada dua hektare yang disiapkan oleh Pemkab Cianjur,” ujar Basuki di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Basuki menambahkan, untuk warga yang kondisi rumahnya rusak berat dan mau membangun sendiri akan mendapatkan kompensasi dari BNPB sebesar Rp50 juta. Sedangkan, untuk yang tidak akan dibangun kembali oleh Kementerian PUPR.

“Kalau yang mau relokasi kita akan bangunkan, kalau yang mau membangun sendiri, BNPB itu tugasnya memberikan Rp50 juta, sekarang kita sudah verifikasi datanya terutama yang rumah,” ucap Basuki.

Dia menjelaskan, pembangunan rumah baru akan menggunakan teknologi RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) yang saat ini stoknya sudah disiapkan oleh Kementerian PUPR dan siap dibangun.

“Dua hekatre lahan di Cianjur sedang kita lihat, kalau rumahnya kan paling 100-150 meter persegi, tipe 36,” tuturnya.

Editor : Aditya Pratama

error: Content is protected !!