News  

Komunitas pemuda di Manggarai Barat beri edukasi tentang sampah

Komunitas pemuda di Manggarai Barat beri edukasi tentang sampah

ayo kita sama-sama buat perubahan

Labuan Bajo (ANTARA) – Para pemuda di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang tergabung dalam Komunitas Trash Hero memberi edukasi masyarakat khususnya anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan dari sampah khususnya sampah plastik.

“Ada yang paham, ada yang tidak, yang penting simpan itu bibit dari kecil. Kita tanamkan bibit itu dari kecil sehingga ketika beranjak dewasa, sudah ada bibit itu,” kata Mentor Trash Hero untuk NTT, Dwina di Labuan Bajo, Selasa.

Para pemuda dalam komunitas ini mengemas edukasi dalam bentuk bersih pantai dan kampanye pengurangan barang sekali pakai. Trash Hero aktif mengedukasi tentang lingkungan secara umum sembari menjelaskan tentang masalah besar sampah plastik bagi lingkungan.

Dwina mengatakan mereka pun fokus memberikan edukasi lingkungan pada anak-anak sebagai tabungan ilmu ketika besar. Anak-anak pun tertarik dengan berbagai kegiatan yang tidak terlalu formal, santai, dan banyak ilmu yang bisa didapat sembari bermain bersama.

Baca juga: Wamen KLHK ajak masyarakat minimalisasi sampah di Labuan Bajo

Baca juga: Pelaku pariwisata bersihkan sampah keliling Kota Labuan Bajo

Menurutnya butuh komitmen bersama baik komunitas peduli lingkungan, pemerintah, dan masyarakat untuk mengatasi masalah lingkungan khususnya sampah plastik. Dia pun berharap pemerintah dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang kesadaran mengelola sampah yang dimulai dari diri sendiri.

“Kami berharap pemerintah bisa menginformasikan ke masyarakat agar mereka bisa lebih sadar dengan lingkungan, dari sekitar mereka saja, nanti dari situ bisa berkembang,” katanya berharap.

Trash Hero aktif melakukan bersih pantai sebulan sekali yang dikombinasikan dengan kampanye pengurangan barang sekali pakai. Mereka giat membagikan botol minum dan tas sebagai salah satu bentuk upaya bersama untuk tidak menggunakan barang dan kemasan sekali pakai. Program ini disebut Botol dan Tas Project.

“Kami kampanye mengurangi pemakaian barang sekali pakai, itu sudah berjalan. Kalau ada teman yang mau jadi volunteer, mau tulus mengerjakan ini, ayo kita sama-sama buat perubahan,” ungkapnya.

Baca juga: Trash Hero, gerakan asyik tanpa plastik

Baca juga: Otorita Labuan Bajo Flores ajak masyarakat bersihkan sampah pantai

Upaya komunitas yang peduli dengan lingkungan ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Wakil Bupati Manggarai Barat dr Yulianus Weng mengajak mereka komunitas ini untuk berdiskusi lebih lanjut tentang penanganan sampah khususnya sampah plastik di pesisir pantai destinasi pariwisata super prioritas ini.

“Atas nama pemerintah kami beri penghargaan pada Trash Hero dan komunitas yang aktif melakukan kegiatan bersihkan sampah. Mari kita bersama berdiskusi bagaimana urus sampah di Labuan Bajo ini,” ajak dr Weng.

Baca juga: KLHK ajak tokoh agama di Labuan Bajo atasi sampah lewat Gradasi

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.