News  

Korsel Berduka karena Tragedi Itaewon, Acara Hiburan Dibatalkan

Korsel Berduka karena Tragedi Itaewon, Acara Hiburan Dibatalkan

JawaPos.com – Halloween tahun ini menyisakan duka mendalam bagi Korea Selatan. Sekitar 151 orang tewas karena berdesak-desakan di kawasan Itaewon, Seoul, saat perayaan Halloween pada Sabtu (29/10) lalu waktu setempat. Akibatnya, pesta dan perayaan Halloween yang tersisa dan acara hiburan lainnya pun harus dibatalkan.

Hal itu menyusul keputusan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol yang mengumumkan masa berduka hingga 5 November mendatang. Salah satu acara yang dibatalkan adalah SMTOWN WONDERLAND 2022. Acara itu sejatinya digelar kemarin (30/10). SM Entertainment selaku penyelenggara pesta Halloween awalnya akan menayangkan red carpet melalui Beyond Live untuk kali pertama. ”Kami meminta fans atas pengertiannya,” tulis agensi tersebut sebagaimana dilansir Soompi.

SMTOWN WONDERLAND merupakan pesta privat yang dihadiri para artis SM Entertainment. Fans tak sabar menantikan artis favorit mereka memakai kostum dan make-up Halloween berkualitas.

Girl group NMIXX pun sempat menunjukkan diri mereka dalam kostum Halloween di kanal YouTube-nya. Namun, video itu akhirnya dihapus setelah tragedi Itaewon.

Selain itu, Busan One Asia Festival (BOF) 2022 yang digelar sejak 27 Oktober meniadakan acara puncaknya yang semestinya diadakan kemarin. Bintang tamu yang dijadwalkan mengisi hari terakhir, antara lain, (G)I-DLE, Mamamoo, Le Sserafim, dan Pentagon.

Acara hiburan di taman bermain pun dibatalkan. Misalnya, Everland, taman bermain outdoor terbesar di Korea Selatan yang terletak di Yongin, Provinsi Gyeonggi. Festival Halloween di sana dijadwalkan digelar pada 2 September hingga 20 November mendatang. Pengunjung pun kini tidak dapat lagi menyaksikan parade karakter Halloween dan program lain yang berkaitan.

”Kami menyesali insiden di Itaewon dan menyampaikan belasungkawa. Kami menghentikan festival Halloween dan akan memeriksa kembali sistem keamanan,” kata pihak Everland sebagaimana dilansir The Korea Times.

Langkah serupa dilakukan Lotte World, Seoul. Taman bermain itu menghapus seluruh informasi tentang acara Halloween di website-nya.

Acara lain yang turut dibatalkan, di antaranya, hari terakhir Strike Music Festival di Jamsil Sports Complex, Seoul; Peakbox 22-23 di Yongsan-gu, Seoul; dan konser tribute untuk Michael Jackson bertajuk The King of Pop yang harus ditunda hingga tahun depan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : The Korea Times/Soompi/adn/c19/len


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.