Krispi di Luar, Creamy di Dalam

Krispi di Luar, Creamy di Dalam

Saat mendengar kata lasagna, yang tebersit adalah tekstur lumer dan rasa creamy yang memenuhi mulut. Ternyata, makanan khas Italia itu bisa dimodifikasi menjadi lebih crunchy. Sama-sama lezat tanpa menghilangkan aroma khas daging dan keju.

DI tangan Dias Istiyana, lasagna tersaji dalam bentuk yang berbeda. Kulit tortila di bagian luar memberikan pengalaman baru menyantap lasagna. Jadilah crispy lasagna. ’’Biasanya kan cenderung creamy, lunak gitu, ini aku kreasikan jadi lebih krispi kayak cracker. Sebenarnya dulu aku bikin ini untuk camilan anak karena dia suka yang kriuk-kriuk,’’ cerita owner Delicio Pasta (@deliciopasta) tersebut.

Pemilihan jenis kulit yang digunakan perlu diperhatikan. Dias terkadang menggantinya dengan kulit kebab yang mudah didapat. ’’Bisa aja pakai kulit lumpia, tapi lebih gampang patah saat ditekuk di cetakan. Bisa diganti kulit kebab atau kulit lasagna sendiri,’’ lanjutnya.

Menyiapkan dua jenis saus, yakni saus bolognese dan saus keju, menjadi tahap yang cukup krusial. Crispy lasagna terdiri atas dua layer. Layer pertama berisi saus bolognese dengan daging giling, keju parut, dan smoke beef. Layer kedua kembali diisi saus bolognese dengan menambahkan topping dari irisan tomat, paprika, dan nanas.

Barulah kemudian disiram saus keju yang kental. ’’Jadi, sekali gigit itu dapat gurih dari kulitnya, asam manis segar dari nanas dan tomat, serta asin dari kejunya. Pada dasarnya, bahannya seperti lasagna, tapi rasanya lebih nano-nano,’’ jelas Dias.

Dari segi ukuran pun, crispy lasagna lebih imut. Konsepnya dibuat sebagaimana camilan ringan. Berbeda dengan lasagna yang cukup mengenyangkan. Tampilannya pun lebih fresh seperti bunga yang sedang mekar.

Bahan-bahan untuk membuat kreasi modifikasi lasagna. (Alfian Rizal/Jawa Pos)

BAHAN SAUS KEJU

– 1 sdm margarin

– 500 ml susu UHT full cream plain

– 300 gram keju

– 5 slice keju red cheese

– 1 sdm tepung terigu

TIPS

– Gunakan api kecil. Karena cepat matang, aduk terus sampai mengental agar tidak gosong. Begitu kental, langsung angkat, jangan dibiarkan di atas kompor.

CARA MEMBUAT

– Panaskan wajan antilengket, lelehkan margarin, kemudian tambahkan tepung terigu. Aduk rata.

– Tuang susu cair secara perlahan. Masukkan keju yang sudah dihaluskan atau diblender. Aduk hingga tidak ada tepung yang menggumpal.

– Tambahkan keju red cheese. Aduk hingga mengental. Angkat, kemudian saring.

BAHAN SAUS BOLOGNESE

– 1 sdm margarin

– 300 gram daging giling sapi

– 150 gram saus tomat

– 200 ml air

– 2 lembar bay leaf

– 1 sdt oregano

– 1 sdt basil

– Lada secukupnya

– Garam secukupnya

– Pala secukupnya

– Bawang bombai

CARA MEMBUAT

– Panaskan wajan, lelehkan margarin, kemudian tumis bawang bombai yang sudah dicincang hingga wangi.

– Masukkan daging, tumis hingga matang merata.

– Tuang saus tomat dan air.

– Aduk hingga tercampur rata, kemudian masukkan bay leaf, oregano, basil, lada, garam, dan pala bubuk. Jika air sudah meresap dan sedikit bergelembung, segera angkat.

BAHAN CRISPY LASAGNA

– 3 lembar kulit kebab/kulit tortila

– 2 lembar smoke beef

– Keju parut

– Tomat

– Nanas

– Paprika

– Margarin secukupnya

– Air

– Saus bolognese

– Saus keju

CARA MEMBUAT

– Siapkan cetakan loyang cupcake muffin antilengket.

– Olesi cetakan dengan margarin terlebih dahulu.

– Potong kulit kebab menjadi empat bagian. Letakkan potongan kulit kebab di cetakan, kemudian beri isian saus bolognese, keju parut secukupnya, dan smoke beef.

– Tumpuk dengan kulit kebab lagi. Pada layer kedua, beri isian saus bolognese.

– Masukkan ke oven, masak selama 30 menit.

– Setelah matang, beri topping nanas, tomat, dan paprika yang sudah dipotong dadu kecil-kecil. Tambahkan saus keju di atasnya.

TIPS

– Sebelum masuk oven, olesi kulit dengan margarin dan sedikit air agar hasilnya mengembang dan krispi.

Dias Istiyana dan kreasi lasagna modifikasinya. (Alfian Rizal/Jawa Pos)


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.