Travel  

Lereng Anteng, Menikmati Panorama Alam Eksotis Sembari Kulineran di Bandung

Lereng Anteng, Menikmati Panorama Alam Eksotis Sembari Kulineran di Bandung

rekomendasi.co.id – Bandung dikenal memiliki banyak sekali objek wisata unik, salah satunya adalah Lereng Anteng. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi. Apalagi konsepnya yang unik dengan memadukan antara wisata kuliner dengan penampakan alam yang indah.

Mengusung konsep café yang dipadukan dengan kontur khas perbukitan, objek wisata di Bandung ini tidak hanya terlihat unik, namun juga menawan. Bangunan café terletak pada terasering seperti halnya pesawahan yang berundak. Setiap café dibuat sesuai dengan kondisi cuaca di Kota Kembang ini yang dilengkapi dengan tenda jika mendadak hujan.

Nama Lereng Anteng memiliki makna tersendiri, dimana Lereng tentunya adalah lokasi yang berada di ujung ketinggian. Sedangkan Anteng yaitu kondisi dimana seseorang bertahan lama di suatu tempat atau diam ditempat. Jadi jika disatukan kurang lebih memiliki arti lereng yang menjadikan pengunjung betah berlama-lama sambil menikmati indahnya alam.

Daya Tarik Wisata Lereng Anteng

Setiap objek wisata pastinya memiliki daya tarik yang menjadikan alasan wisatawan berkunjung, begitu juga dengan objek wisata yang memilki nama lengkap Lereng Anteng Panoramic Coffee ini. Apa saja daya tarik yang ada di sana? Silahkan simak ulasan lengkap berikut!

1. Pemandangan Alam Indah

Daya tarik pertama dari keindahan alam yang dimiliki, pengunjung dapat dengan jelas melihat indahnya kota Bandung yang dikelilingi perbukitan. Tampak jelas bahwa tata kota tersebut mirip dengan cekungan yang dikelilingi bukit. Tumbuhan yang ada di sekitarnya menjadikan pemandangan hijau dan menyejukkan mata.

Di satu sisi, pemandangan langsung mengarah ke bukit puncak ciumbuleuit. Hampir setiap sudut terlihat hijau dari rindangnya pohon yang mengelilingi lokasi. Jika anda beruntung, di pagi hari mendapatkan bonus pemandangan kabut yang turun perlahan dan terasa menyejukkan. Di malam hari pun demikian, pemandangan alam indah tergantikan dengan lampu penerangan unik yang tersebar di setiap lokasi.

2. Tata Ruang yang Unik

Konsepnya yang unik membuat Lereng Anteng semakin layak dikunjungi. Tidak seperti café pada umumnya yang berada dalam satu ruangan, di sini tersedia beberapa ruangan khusus yang dilengkapi dengan tenda plastik transparan jika sewaktu-waktu hujan mengguyur. Setiap stand café berdiri diatas terasering sehingga menjadikannya semakin cantik jika dilihat dari kejauhan.

Tersedia dua bagian ruangan utama, yakni café indoor dan semi outdoor. Café outdoor sendiri mengusung konsep tenda yang disebutkan diatas, sedangkan untuk indoor berada di ruangan lain yang tetap terbuka. Dimana pun anda memilih lokasi café, pesona alam yang disajikan tetap terlihat indah.

3. Susana Nyaman Dataran Tinggi

Lereng Anteng Panoramic Coffee dibangun di dataran tinggi atau perbukitan, pantas saja jika suasananya nyaman dan asri. Faktor ini pula yang menjadi salah satu daya tariknya, selain kedua alasan diatas tentunya. Banyaknya tumbuhan rindang, itulah yang menjadikan suasana adem dan nyaman sehingga betah berlama-lama.

Café wisata ini lokasinya lumayan jauh dari hiruk pikuk kota, jadi tidak ada polusi dari kendaraan bermotor yang melintas. Kalaupun ada, hanya beberapa kendaraan dari pengunjung yang datang. Itu pun harus di parkir di tempat yang disediakan dan cukup jauh dari lokasi utama café.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Untuk alamat lengkap dari Lereng Anteng sendiri berada di Kampung Pagermaneuh, RT. 03/07, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasinya cukup strategis karena masih berada di kawasan Puncak Ciumbuleiut. Rute terbaik yang bisa diambil adalah dengan melewati daerah Dago.

Tetapkan perjalanan anda menuju ke Terminal Dago, kemudian lanjutkan menuju ke Citra Green. Lurus mengikuti jalan utama, kemudian belok kanan setelah melewati Jalan Pluncut. Tidak jauh dari titik ini, akan ada pertigaan dan silahkan ambil arah kanan. Ikuti jalan utama hingga anda menuju ke café.

Jangan kaget jika jalannya menanjak dan banyak kelokan tajam karena memang lokasinya berada di atas bukit. Apabila anda kurang yakin dengan rute Lereng Anteng Bandung diatas, silahkan gunakan GPS atau aplikasi Google Maps di perangkat. Cukup masukkan alamat lengkap diatas atau nama dari objek wisata yang dimaksud, rute jalan akan ditampilkan di layar HP.

Harga Tiket Masuk Lereng Anteng

Tidak perlu membayar tiket ketika anda memasuki wilayah café, seperti ketika anda duduk santai di warung makan atau warung kopi. Hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan dengan rincian sepeda motor 2.000 dan mobil 5.000 rupiah. Tetapi tidak terlalu menyenangkan jika anda mengunjungi Lereng Anteng hanya duduk melihat orang lain menyantap hidangan mereka.

Biaya yang dikeluarkan bukan untuk tiket masuk, melainkan untuk membeli makanan selama di lokasi. Setiap makanan memiliki harga yang bervariasi, namun untuk menu utamanya adalah macam-macam atau makanan khas Bandung. Sebagai contoh adalah nasi ayam tulang lunak dan nasi liwet yang dijual dengan harga 28.000.

Dengan harga yang sama, anda pun dapat menikmati lezatnya nasi ikan tulang lunak dan nasi ayam penyet. Untuk harga nasi goreng lebih murah, hanya sekitar 20.000 rupiah. Selain menu makanan berat, tersedia pula menu makanan ringan seperti gorengan, roti bakar, singkong, dan aneka minuman dingin dan hangat.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Dengan konsep unik dan mengusung wisata café, aktivitas di Lereng Anteng Bandung ternyata lumayan banyak. Pastinya tidak ada aktivitas yang dapat memacu adrenalin atau keseruan lainnya, hanya aktivitas berikut yang cocok dilakukan!

1. Menikmati Pesona Alam Bandung

Meskipun kurang seru, tetapi menikmati pemandangan alam cukup menarik dilakukan selama anda di lokasi. Bagaimana tidak, semua view yang disajikan memiliki keindahan alam yang berbeda. Sebut saja didepan mata, anda dapat menyaksikan Kota Kembang mirip dengan cekungan raksasa yang diapit perbukitan di segala sisi.

Tiap perbukitan memiliki kontur tanah masing-masing yang menjadi keunikan nya. Tumbuhan rindang menjadi penghias utama dari bukit tersebut. Hijau dan asri, itulah kesan yang anda dapatkan selama mengunjungi Lereng Anteng. Belum lagi panorama alam dari persawahan milik warga yang jelas terlihat meskipun dari kejauhan.

Tidak perlu jauh-jauh melihat konsep terasering yang indah dan unik. Tempat anda berpijak saat itu termasuk menggunakan konsep yang sama. Bahkan setiap café dibangun diatas konsep berundak tersebut. Dari satu tenda café ke tenda lainnya, anda perlu menuruni tangga yang telah disediakan pengelola.

2. Wisata Kuliner Nikmat

Belum lengkap rasanya jika anda tidak menikmati kuliner yang menjadi sajian utama di Lereng Anteng. Aktivitas ini bahkan bisa dikatakan yang paling penting dan menjadi tujuan utama wisatawan yang datang. Sambil menikmati hidangan, lengkap sudah indahnya panorama alam yang dimiliki café wisata di Bandung ini.

Untuk harganya sendiri sebenarnya masih standar café pada umumnya, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Satu hal yang penting adalah dari lengkapnya menu yang disediakan. Makanan berat, kudapan, dan camilan berupa makanan ringan pun tersedia. Selain yang telah disebutkan di atas, mi instant pun tersedia di sana.

3. Berburu Spot Foto

Apapun tujuan utama liburan, dimana pun tempat yang dituju, aktivitas yang paling menarik adalah berburu spot foto. Apalagi jika Lereng Anteng Panoramic Coffee memiliki keindahan alam yang luar biasa. Boleh dikatakan bahwa pesonanya mirip dengan objek wisata alam perbukitan atau air terjun yang mungkin pernah anda kunjungi.

Spot yang paling menjanjikan adalah pemandangan kota Bandung dari ketinggian. Pesona perbukitan pun pantas menjadi latar belakang foto selfie anda. Sayangnya, pemandangan indah ini tidak bisa didapatkan ketika anda berkunjung di malam hari. Tetapi jangan khawatir, karena ada lampion yang menerangi sepanjang jalan dan setiap sudut lokasi yang menjadikan suasana semakin romantis.

4. Bermain Mini Golf

Selain aktivitas menarik yang telah disebutkan diatas, Lereng Anteng memiliki satu wahana permainan yang mungkin anda tertarik. Permainan yang dimaksud adalah mini golf dengan 9 hole atau lubang. Tentunya bukan bermain di lapangan, hanya arena kecil yang dilengkapi dengan stik atau tongkat pemukul dan lubang seperti halnya olahraga golf pada umumnya.

Fasilitas Wisata di Lereng Anteng

Mengenai aktivitas yang disediakan, café wisata ini tergolong lengkap dan layak. Pertama, anda dapat menggunakan fasilitas tempat parkir dengan area yang cukup luas dan aman. Berikutnya adalah fasilitas toilet dengan kondisi yang bersih dan jumlahnya lumayan banyak, jadi tidak perlu lama mengantre. Lereng Anteng juga dilengkapi dengan Mushola bagi pengunjung yang beragama Islam.

Supaya lebih santai ketika menikmati suasana dan panorama alam, pengelola menyediakan gazebo yang dibangun di beberapa titik. Gazebo ini bisa ditempati gratis, tetapi terkadang penuh karena banyak pengunjung yang datang. Selain itu, ada juga tempat penginapan yang ada di sekitar lokasi, baik berupa villa maupun penginapan sederhana.

Daya tarik, rute lokasi, dan aktivitas telah dijelaskan diatas. Semoga anda mendapatkan gambaran yang cukup sebelum berkunjung. Sedikit tips, silahkan anda datang di pagi hari jika ingin menikmati suasana alam indah di Lereng Anteng. Namun jika ingin mendapatkan suasana romantis, sebaiknya datang di malam hari saja.

error: Content is protected !!